Comscore Tracker

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orang

Memaafkan itu gak rugi kok

Memaafkan adalah kata yang mudah diucapkan, namun sulit untuk dilakukan. Meskipun kata maaf itu sudah diminta, tapi terkadang masih saja sulit untuk memberikannya. Apalagi saat kesalahan yang dilakukan itu sudah sangat fatal, pastinya memaafkan akan menjadi suatu hal yang sulit. 

Tapi mau sampai kapan kamu akan terus-menerus marah dan kesal? Meski sulit tapi kamu harus tetap mencoba untuk memaafkan, ingatlah selalu beberapa hal berikut ini supaya kamu bisa lebih mudah untuk memaafkan.

1. Yakin dia yang salah, atau kamu yang terlalu menganggapnya berlebihan

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orangunsplash.com/yoppygokil

Saat kamu marah karena merasa tersinggung atas tindakan atau ucapan seseorang, maka cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Jangan langsung menyalahkan orang sehingga kamu mudah membenci dan menaruh dendam terhadapnya. Sebaiknya kamu juga introspeksi diri terlebih dahulu, bisa saja dia membuat kamu marah lantaran sikap dan ucapanmu yang terlebih dahulu membuat dia tersinggung. Ingat-ingatlah kembali, atau mungkin dia hanya mengajakmu bercanda tapi kamu terlalu menganggapnya serius sehingga kamu menjadi sensitif dan mudah tersinggung. 

2. Selalu berpikir positif supaya lebih mudah memaafkan

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orangunsplash.com/priscilladupreez

Selalu berpikir positif tentu akan membuat kamu lebih mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Karena dengan berpikir positif kamu akan memiliki sudut pandang yang berbeda saat melihat kesalahan orang lain. Pikiran positif akan menganggap suatu kesalahan itu adalah fitrah dari manusia, itu juga menunjukkan bahwa kamu menyadari tidak ada manusia yang sempurna, semua pasti pernah melakukan kesalahan termasuk dirimu sendiri. Pasti kamu juga pernah berbuat kesalahan baik yang disengaja atau tidak.

Untuk itu kamu harus selalu berpikir positif supaya kamu bisa lebih mudah memaafkan kesalahan orang lain.

3. Ingatlah kebaikan yang pernah dia lakukan untukmu

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orangunsplash.com/danedeaner

Meskipun tak pernah luput dari kesalahan, pasti tidak ada orang yang selalu berbuat jahat, apalagi dia adalah orang terdekat entah keluarga, sahabat, atau kerabat. Pastinya mereka pernah melakukan kebaikan untuk kamu, bahkan mungkin banyak kebaikan yang telah mereka lakukan untuk kamu. 

Jika diantara mereka ada yang menyakitimu sehingga kamu marah dan kesal, maka jangan terburu-buru dendam terhadapnya, ingatlah selalu kebaikan yang pernah mereka lakukan, supaya kamu lebih mudah untuk memaafkan. Jangan hanya karena satu kesalahan sehigga kamu melupakan banyak kebaikan yang pernah mereka lakukan.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Masih Belum Memaafkan Kesalahan Orang Lain

4. Kamu harus bisa mengendalikan diri sendiri

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orangunsplash.com/soroushkarimi

Saat kamu merasa sulit untuk memaafkan seseorang, ingatlah selalu bahwa kamu gak bisa mengatur seseorang untuk selalu bersikap baik sesuai dengan apa yang kamu inginkan, karena pada hakikatnya manusia tak pernah luput dari kesalahan. Ada kalanya tingkah laku atau perkataannya akan membuat kamu tersinggung, sehingga kamu marah dan kesal. Meski begitu kamu masih bisa mengatur diri sendiri untuk mengambil keputusan yang bijak dengan memaafkan kesalahannya.

Kamu harus belajar mengatur dan mengendalikan diri sendiri untuk bisa memaafkan kesalahan orang lain, mulai dari mengendalikan pikiran negatif, emosi, dan segala persepsi yang memicu munculnya amarah. Ketika kamu bisa mengendalikan semua itu, maka untuk memaafkan bukanlah hal yang sulit bagimu. 

5. Ingat jangan hanya karena gengsi kamu jadi sulit untuk memaafkan

Jangan Jadi Pendendam, Ingat 5 Hal Ini Saat Kamu Sulit Memaafkan Orangunsplash/benwhitephotography

Biasanya saat berada di pososi benar dan mendapatkan banyak dukungan, orang malah gengsi dan jaim untuk memaafkan kesalahan orang lain. Adanya rasa ingin menang, rasa kesal yang berlebihan, apalagi merasa status sosial atau jabatannya lebih tinggi. Hal itu bisa menjadikan orang merasa berat untuk memaafkan.

Mulai sekarang siapapun kamu, setinggi apapun status sosialmu, sebanyak apapun orang yang mendukungmu, saat orang yang melukaimu sudah meminta maaf, segeralah untuk memaafkannya. 

Dengan memberi maaf kamu akan mendapatkan banyak manfaat, selain merasa lega pastinya hatimu akan merasa lebih tenang. Memaafkan kesalahan orang lain juga akan membuat hari-harimu lebih ceria dan hidup juga akan lebih bahagia.

Nah itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa lebih mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain, jangan jadi pendendam, ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Susahnya Memaafkan Orang Lain, Aslinya Mudah Kok!

Rizky Annisa Photo Verified Writer Rizky Annisa

Instagram: rizky_annisa_muna

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya