Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbie

Film maker wajib coba, nih #IWF2021

IDN Times secara resmi menyelenggarakan acara tahunan Indonesia Writers Festival atau IWF 2021. Senin, (25/10/21) lalu. Mengusung tema '#7aga Semangat', sesi perdana acara ini turut dimeriahkan oleh narasumber Salman Aristo dan Gina S Noer sebagai pemateri pada gelaran acara bertajuk 'Merintis Karier Sebagai Penulis Skenario Film'.

Acara yang digelar melalui Zoom, Instagram live dan YouTube live ini, membahas tentang seputar dunia penulisan skenario film serta tips cara merintis karier sebagai film maker. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak sederet tipsnya sebagai berikut. Check this out!

1. Perbanyak membaca skrip skenario

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbiedok.IDN Times/Indonesia Writers Festival 2021

Umumnya untuk menjadi seorang penulis tentunya harus banyak membaca. Sebab, dengan memperbanyak bacaan skrip film kamu akan memperkaya kosakata. Melalui kegiatan ini pula, kamu akan menemukan dan mulai mengerti tentang bagaimana cara menghidupkan karakter dan tanda baca yang menarik dari skrip skenario film. 

Selain itu, kamu juga bisa berselancar di internet seperti pada website wahana kreator. Di situ kamu bisa membaca naskah skrip skenario film dua garis biru yang bisa kamu pelajari secara gratis.

2. Perbanyak referensi film

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbiedok.IDN Times/Indonesia Writers Festival 2021

Sebagai seorang film maker, tentunya kamu harus memperluas wawasan di dunia perfilman. salah satunya dengan banyak menonton film-film dari berbagai genre, selain berguna sebagai referensi juga dapat memperkaya pengetahuan relevan yang nantinya berguna dalam meniti karier sebagai penulis skenario film.

Tak hanya itu, kamu juga akan mengetahui tentang bagaimana sebuah alur cerita film tersebut dapat dikemas jadi menarik melalui skrip skenario film.

Baca Juga: IWF 2021: Menulis Skenario Film ala Salman Aristo dan Gina S. Noer

3. Gabung komunitas penulis skrip skenario

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbiedok.IDN Times/Indonesia Writers Festival 2021

Nah selanjutnya, perluas jaringan dengan bergabung di komunitas penulis skenario film. Untuk memulainya, kamu bisa mencari komunitas film maker melalui jejaring media sosial.  Dalam komunitas, biasanya para anggota akan saling berbagi informasi baik dari membagikan karyanya serta informasi berupa kepenulisan skenario film.

Dengan demikian, kamu akan memperluas jaringan pertemanan dan ilmu yang relevan seputar penulisan skenario film melalui komunitas. 

4. Ikut workshop kepenulisan skrip skenario film

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbiedok.IDN Times/Indonesia Writers Festival 2021

Rajin mengikuti workshop kepenulisan skenario film juga dapat membantu kamu jadi lebih mudah dalam meniti karier sebagai penulis skenario film. Dengan mengikuti workshop, kamu dapat meningkatkan kemampuan tentang seluk-beluk menulis skrip skenario.

Menggembirakannya lagi, kamu juga dapat berinteraksi langsung dengan narasumber untuk bertanya terkait dunia perfilman dan hal-hal yang berkaitan dengan profesi penulis skenario yang sedang kamu tekuni.

5. Ikut kelas penulisan skenario film

IWF 2021: 5 Tips Merintis Karier Penulis Skenario Film bagi Newbiedok.IDN Times/Indonesia Writers Festival 2021

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam meniti karier sebagai penulis skenario film yaitu dengan mengikuti kelas menulis skenario film.

Terdapat beragam manfaat yang akan kamu dapatkan, meliputi :

  1. Menambah kosakata bahasa yang dapat kamu gunakan
  2. Melatih dan meningkatkan kemampuan dalam menyusun kata menjadi sebuah kalimat
  3. Menciptakan karakter tokoh yang menarik
  4. Membangun alur cerita yang menarik
  5. Serta mampu mengembangkan pemikiran yang lebih kreatif dalam menulis skenario film

Tips meniti karier sebagai penulis skenario bagi pemula dari Salman di sesi Indonesia Writers Festival 2021 yang dapat kamu jadikan sebagai acuan dalam memulainya. Jaga semangat kamu! 

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan mulai 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times. IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak yang lainnya. Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2021: 5 Mindset Utama yang Wajib Dimiliki Penulis Skenario Film

Tama Zura Photo Verified Writer Tama Zura

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya