Comscore Tracker

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh Terlewatkan

Resolusi bukan sekadar wacana, ya

Tahun baru, resolusi baru. Apakah kamu juga termasuk mereka yang selalu aktif membuat janji manis setiap perubahan tahun? Apa alasan kamu membuat resolusi baru tiap tahunnya, apakah karena ikut-ikutan apa yang dilakukan oleh temanmu, ataukah kamu memang ingin menjadi dirimu yang lebih baik lagi, tapi memangnya apa yang salah dengan dirimu yang sekarang?

Tidak ada yang salah dengan membuat resolusi baru, tetapi yang salah adalah ketika kamu tidak melakukan apa-apa untuk memulainya atau bahkan hanya menjadikannya sebagai wacana saja. Yuk, simak beberapa alasan kenapa kamu tidak harus membuat resolusi baru setiap tahun berganti.

1. Tepati janjimu yang belum terlaksana

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanJan Prokes/Pexels

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat resolusi baru, ada baiknya kamu coba berpikir dengan matang, apakah resolusi kamu tahun sebelumnya atau bahkan beberapa tahun ke belakang sudah tercapai atau belum. Kalau masih setengah-setengah atau bahkan belum sama sekali di mulai, ada baiknya kamu mengurungkan niatmu membuat resolusi baru yang hanya janji manis di awal saja.

Resolusi yang kamu pilih adalah pertempuranmu dengan dirimu sendiri, dan untuk selalu konsisten dalam mengambil langkah untuk mewujudkan resolusi itu bukanlah hal yang mudah.

2. Resolusi baru boleh-boleh saja, asalkan bukan wacana semata

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanJill Wellington/Pexels

Sekali lagi, tidak ada yang salah dengan membuat resolusi baru, tetapi yang salah adalah ketika kamu menjadikan resolusi tersebut sebagai janji manis saja. Seperti halnya dalam sebuah hubungan, kedua belah pihak terkait, pada awal masa menjalin hubungan, akan membuat sebuah janji yang harus selalu mereka jaga dan penuhi.

Komitmen berperan sangat penting pada kondisi ini. Jangan sampai ternyata janji tersebut adalah kebohongan yang hanya diucapkan saja dan tidak dilakukan. 

3. Refleksi diri

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanAlan Retratos/Pexels

Kalau kamu merasa selama satu tahun ke belakang masih melakukan kesalahan, jangan terlalu menekan dirimu, selalu ingat bahwa tidak ada kesempurnaan di dunia ini. Kesempurnaan hanya dimiliki oleh Tuhan, kita hanyalah sebagian kecil di alam semesta ini.

Oleh karenanya, cobalah merefleksikan bagaimana kamu bisa sampai pada titik sekarang ini, belajarlah dari kesalahan dan teruslah tumbuh tanpa harus menghilangkan identitasmu atau menjadi seseorang yang bukan kamu. Hidup ini adalah sebuah proses dan perjalanan untuk menjadi dirimu yang lebih baik lagi bukan yang terbaik.

Baca Juga: 5 Cara Menyusun Resolusi Tahun Baru yang Realistis, Yuk Optimis!

4. Semangat baru

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanPixabay/Pexels

Mulailah hari barumu dengan semangat baru. Tidak usah muluk-muluk membuat resolusi yang belum tentu akan kamu lakukan. Cobalah untuk memulai hari di tahun baru dengan senyuman, sebarkan energi positif kepada orang-orang di sekitarmu, berinteraksilah dengan mereka yang mampu membuatmu berkembang bukan mereka yang membuatmu jatuh.

5. Siapkan dirimu untuk menghadapi rintangan baru

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanBurst/Pexels

Jalan hidupmu masih panjang, hari baru berarti tantangan bari untukmu. Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita hadapi, dan kita tidak bisa mengendalikannya. Namun kita bisa mengendalikan sikap kita dalam menghadapinya.

Perjalanan selanjutnya pasti akan lebih sulit dibandingkan dengan kemarin, tapi apabila kamu sudah mempersiapkan emosi, fisik dan mentalmu, niscaya kamu pasti bisa menghadapinya.

6. Semua ada waktunya

Tahun Baru, Resolusi Baru? 6 Hal yang Tidak Boleh TerlewatkanSebastian Voortman/Pexels

Setiap orang mempunyai waktunya masing-masing dan juga seberapa cepat mereka bisa berlari. Kamu tidak bisa memaksakan sesuatu yang ada di luar kendalimu, oleh karenanya walaupun kamu hanya bisa berjalan dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai tujuan, tetap ingat bahwa tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Raihlah anganmu dengan usahamu sendiri. Lebih baik berjalan dari pada diam tidak melakukan apa pun.

Kamu adalah nahkoda kapalmu sendiri, dan kamu bisa memilih apakah kamu mau berlayar melewati badai dan ombak besar ataukah kamu ingin karam dikarenakan beban jangkar yang terlalu berat atau bahkan kamu hanya ingin bersandar di tepi pantai, semua itu pilihan. Meskipun sulit, tapi percayalah kamu pasti bisa mencapainya.

Baca Juga: 5 Resolusi Tepat Buat Millennials Biar Tahun Depan Lebih Berarti

Rizqa Akbar Romdloni Photo Writer Rizqa Akbar Romdloni

let your mind wander, but never your soul.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya