Comscore Tracker

Konveksi adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya!

Perpindahan kalor!

Konveksi adalah perpindahan kalor lewat zat perantara dengan gerak-gerak partikelnya. Apa itu kalor? Kalor merupakan energi panas yang berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah. Perlu kamu tahu bahwa proses ini juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari, lho.

Buat yang penasaran apa itu konveksi, berikut penjelasan lengkapnya. Yuk, simak artikelnya sampai selesai!

1. Apa itu konveksi?

Konveksi adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya!Ilustrasi perpindahan panas (pexels.com/RODNAE Productions)

Berdasarkan buku Bahan Ajar Perpindahan Panas oleh Dr. Ir. Haryadi, M.T, konveksi adalah perpindahan panas antara permukaan benda padat dengan fluida (cairan atau gas) yang menyentuh permukaannya. Proses ini bisa kamu temui di kehidupan sehari-hari, mirip seperti proses konduksi.

Bedanya, konduksi hanya mengandalkan gerakan skala atom atau molekuler. Sedangkan perpindahan panas konveksi ini umumnya tergantung gerakan curah flurida. Jadi tidak hanya dipengaruhi sifat fluida saja, tapi perpindahan panas konveksi juga ditentukan aliran pada fluida.

Baca Juga: Badan Terasa Panas tetapi Tidak Demam, Apa Penyebabnya?

2. Jenis-jenis konveksi

Konveksi adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya!Ilustrasi proses konveksi hair dryer (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Untuk menjelaskan jenisnya, konveksi secara umum bisa dibedakan menjadi dua tipe, yaitu konveksi alamiah dan konveksi paksaan. Lalu apa bedanya? Berikut penjelasannya:

Konveksi alamiah

Konveksi alamiah atau free convection adalah perpindahan panas yang disebabkan oleh perbedaan massa jenis, serta tidak ada tenaga dari luar yang mendorongnya. Peristiwa ini pun bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya, bisa kamu lihat ketika memanaskan air. Saat proses ini massa air lebih kecil sehingga mengalir ke atas. Sedangkan jika air dingin akan mengalir ke bawah.

Konveksi paksaan

Konveksi paksaan atau forced convection adalah perpindahan panas gas atau cairan yang bisa disebabkan karena dorongan tenaga dari luar. Faktor luar ini seperti tekanan dan perpindahan kalor yang dilakukan secara sengaja atau paksaan.

Pada konveksi ini, fluida (cairan atau gas) dipaksa bergerak ke suatu tujuan dengan proses pemanasan. Contohnya, udara panas dari pengering rambut atau hair dryer yang diarahkan ke rambut biar kering.

3. Contoh konveksi dalam kehidupan sehari-hari

Konveksi adalah? Berikut Pengertian, Jenis, dan Contohnya!Ilustrasi merebus air (pexels.com/cottonbro studio)

Agar kamu lebih paham mengenai apa itu konveksi, kamu bisa melihat contoh-contohnya di kehidupan sehari-hari. Mungkin saja selama ini kamu sudah melakukan proses ini, tapi tidak tahu bahwa itu juga disebut konveksi. Apa saja?

  • Proses mendidihkan air: Panas dari kompor berpindah ke panci secara koveksi dan dipanaskan air dari bagian bawah.
  • Radiator: Udara hangat di bagian atas dan menarik udara dingin secara konveksi ke bawah.
  • Secangkir teh hangat: Uap panas berpindah ke udara secara konveksi.
  • Pencairan es: Panas bergerak ke dalam es dari udara secara konveksi dan menyebabkan es meleleh.
  • Pembekuan: Makanan beku meleleh lebih cepat jika ditempatkan di bawah air mengalir bersuhu dingin. Proses ini akan mentransfer panas ke dalam makanan secara konveksi.

Bahasa sederhananya dapat disimpulkan bahwa konveksi adalah peristiwa atau proses perpindahan panas. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca Juga: Fenomena Cuaca Panas dan Terik di Lampung, BMKG: Bukan Gelombang Panas

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya