Comscore Tracker

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal Ini

#GoodLife Kamu tak akan pernah tahu sampai sudah mencobanya

Setiap orang pasti memiliki potensi atau kelebihan dalam dirinya sendiri yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. Coba lihat saja, ada yang pintar memasak, berbisnis, mengajar dan menulis. Tidak sedikit juga orang yang pada akhirnya sukses karena menekuni passion yang dimilikinya.

Meraih sukses tentu tidaklah mudah. Butuh proses yang panjang dan terkadang melelahkan. Tapi yang paling utama, kamu sudah tahu potensi yang ada dalam dirimu sendiri. Nah untuk memaksimalkan potensi dalam diri kita, coba lakukan lima hal ini.

1. Sisihkan waktu setiap hari untuk membaca

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal IniUnplash/Jp Valery

Mungkin terkesan sepele, membaca dapat menambah wawasan kita dan memberikan insight yang tak terduga. Perlu digarisbawahi, buku yang dibaca tentu adalah buku yang berkualitas. Dengan membaca, kita merangsang pikiran untuk menangkap ide-ide yang luar biasa. Dari ide-ide itu, kita bisa mengembangkannya menjadi sesuatu yang lebih aplikatif. 

2. Mengikuti pelatihan atau seminar sesuai minat kita

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal IniUnsplash/Akson

Kita pun harus aktif mengikuti banyak kegiatan jika ingin memaksimalkan potensi dalam diri kita. Salah satunya dengan mengikuti kegiatan pelatihan yang sering diadakan. Cobalah meluangkan waktu untuk ikut pelatihan atau seminar yang ada. Misalnya, jika kamu bertekun di dunia bisnis, kamu bisa ikut seminar atau pelatihan tentang gimana sih cara meningkatkan omzet penjualan di era ini. Seminar dan pelatihan akan memberikan kita banyak wawasan baru sesuai minat kita. 

Baca Juga: Emang Seru! Ternyata Ini 5 Cara Anak Muda Kembangkan Potensi Dirinya

3. Bangunlah jaringan pertemanan seluas-luasnya

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal IniUnsplash/rawpixel

Untuk memaksimalkan potensi kita, kita pun butuh jaringan seluas-luasnya. Tidak ada salahnya, kita membangun jaringan seluas-luasnya agar kita pun dapat belajar dari kesuksesan orang lain. Bertemanlah sebanyak mungkin dengan orang-orang yang berkualitas dan telah sukses di bidangnya. Mungkin, kamu pun bisa bertukar pikiran dengan mereka dan mendapatkan inspirasi dari apa yang mereka sampaikan. 

4. Mulai melangkah dari hal-hal yang sederhana

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal IniUnsplash/Csababalazs

Nah, kamu telah mendapatkan banyak wawasan dan pelajaran-pelajaran baru. Kini, tiba saatnya untuk mencoba melakukannya. Tidak usah khawatir akan kegagalan. Kamu tidak akan pernah tahu seberapa kemampuanmu jika belum mencobanya. 

5. Buatlah agenda rutin sehari-hari

Maksimalkan Potensi dalam Dirimu dengan Melakukan 5 Hal IniUnsplash/Kellysikkema

Membuat sebuah agenda rutin tentang kegiatan sehari-hari dapat membantu kita untuk lebih memaksimalkan potensi kita. Waktu kita pun lebih teratur dan tidak terbuang sia-sia dengan hal yang tidak penting. Misalnya, kamu menuliskan kegiatanmu seharian dan apa yang akan kamu capai pada hari ini. Dengan begitu, perlahan-lahan kamu akan terbiasa displin melakukan hal-hal yang berkualitas. 

Itulah lima hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam dirimu. Jangan ragu untuk melangkah. Jika gagal, kamu dapat mencoba lagi. Yang penting yakinlah dengan apa yang kamu lakukan dan berusahalah semaksimal mungkin. Selamat mencoba!

Baca Juga: Perlu Usaha, 7 Langkah ini Bisa Ubah Kebiasaan Burukmu Jadi Lebih Baik

Rosselini Utami Wijaya Photo Community Writer Rosselini Utami Wijaya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You