Comscore Tracker

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!

Berdamailah dengan diri sendiri sebelum terlambat

Pernahkah kamu merasa terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri? Mungkin, kamu pernah merasakannya pada saat-saat tertentu. Ada kalanya kamu pernah benci kepada diri sendiri entah pada waktu kamu mengalami kegagalan atau merasa putus asa dengan hidupmu.

Keadaan di mana seseorang terjebak dalam belenggu membenci diri sendiri disebut dengan ‘self loathing’. Tentu ada hal-hal yang menyebabkan seseorang terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri. Mau tahu apa saja hal-hal itu?

Yuk, kita simak lima hal yang menyebabkan seseorang terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri atau self-loathing.

1. Tidak bisa menerima kondisi diri seutuhnya

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!pexels.com/Pixabay

Seseorang yang terjebak dalam kondisi di mana ia membenci dirinya sendiri dapat disebabkan karena dirinya tidak dapat menerima kondisi dirinya seutuhnya. Ia selalu membanding-bandingkan hidupnya dengan kehidupan orang lain. Ia tidak pernah puas dengan apa yang ada dalam dirinya. Rasa tidak puas terhadap diri sendiri jika tidak segera ditangani dengan baik maka akan menimbulkan kebencian kepada diri sendiri.

2. Tidak mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan keluarga maupun teman-teman sebaya

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!Pexels.com/Enginakyurt

Jika seseorang tidak mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan sekitarnya maka, perlahan-lahan dapat menimbulkan rasa benci kepada diri sendiri. Mereka merasa tidak cintai dan diterima oleh lingkungan sekitarnya.

Bisa dikatakan, kebutuhan akan dicintai oleh lingkungan sekitarnya tidak terpenuhi. Hal ini membuat mereka terpuruk dan merasa ada yang salah dengan diri mereka. Perlahan-lahan, muncul perasaan benci terhadap diri sendiri secara tidak sadar.

Baca Juga: Ingin Bahagia? Stop Berekspektasi Mengenai 6 Hal Ini pada Orang Lain

3. Memiliki self-esteem yang rendah sehingga tidak dapat mengambil keputusan untuk masa depan

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!Unsplash/Nik Shuliahin

Seseorang yang terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri biasanya memiliki self-esteem yang rendah. Mereka merasa tidak punya kendali atas kehidupan mereka sendiri. Mereka tidak mampu mengambil keputusan penting untuk masa depan. Mereka merasa diri bodoh sehingga tidak mampu mengambil keputusan penting dalam kehidupannya. Hal ini membuat perasaan membenci diri sendiri semakin dalam.

4. Memiliki pemikiran negatif tentang diri sendiri yang tidak berdaya menghadapi kehidupan

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!Pexels.com/Katjayne

Seseorang yang terjebak pada perasaan membenci diri sendiri disebabkan karena adanya pemikiran negatif terhadap diri sendiri. Mereka memiliki pemikiran negatif tentang diri sendiri. Mereka selalu menganggap diri mereka tidak bisa melakukan apa-apa dan tidak berdaya menghadapi kehidupan.

Pemikiran negatif yang terus menerus menghantui pikiran membuat seseorang perlahan-lahan membenci dirinya sendiri. Tak hanya itu, mereka juga bisa menyesal karena telah terlahir di dunia ini dengan kekurangan diri yang tidak dapat diterima.

5. Terlalu menyalahkan diri sendiri atas peristiwa kelam yang pernah terjadi di masa lalu

5 Hal Ini Sebabkan Seseorang Alami Self-Loathing, Yuk Sadari!pexels.com/Sameel Hassen

Seseorang yang terjebak pada perasaan membenci diri sendiri disebabkan karena peristiwa kelam yang pernah terjadi di masa lalu. Mereka selalu mengingat peristiwa kelam di masa lalu dan menyalahkan diri sendiri terus menerus atas hal tersebut. Mereka seakan-akan menjadikan diri sendiri sebagai musuh dan penyebab utama terjadinya peristiwa kelam itu. Jika hal ini terus berlanjut maka, seseorang bisa terjebak pada perasaan membenci diri sendiri.

Itulah lima hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami self loathing. Jangan pernah membiarkan emosi negatif menguasai dirimu. Berdamailah dengan dirimu sendiri sehingga kamu tidak terjebak dalam perasaan membenci diri sendiri. Berdamailah dengan dirimu sendiri sebelum terlambat, ya. 

Baca Juga: Resapi 20 Kalimat Ini untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Nie Nie Photo Verified Writer Nie Nie

Never stop learning...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya