Comscore Tracker

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan diri sendiri akan membuatmu bahagia

Menghilangkan pikiran negatif dan berdamai dengan diri sendiri bukanlah hal yang mudah dilakukan. Dengan membandingkan diri sendiri dengan orang lain bisa jadi pemicu sulitnya menghilangkan pikiran negatif dan berdamai dengan diri. Jika dibiarkan, kebahagiaan yang sesungguhnya sulit didapat.

Berdamai dengan diri dan menghilangkan pikiran negatif itu sama dengan mencintai diri kamu sepenuhnya. Terdapat tujuh cara untuk menghilangkan pikiran negatif dan berdamai diri sendiri. Seperti yang ada di bawah ini.

1. Gerakkan tubuh dengan cara yang disukai

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiripexels/Isabella Mendes

Ada yang bilang memulai pagi hari dengan olahraga bisa membuatmu bahagia. Tapi jika dilakukan secara terpaksa, tidak ada kebahagiaan dalam melakukannya. Cobalah mengganti olahraga dengan hanya menggerakkan badan dengan cara yang disukai. Jika kamu suka menari, gerakkan badan dengan kegiatan ini dan pikiran negatif pun akan hilang.

2. Istirahatkan pikiran

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiripexels/Noelle Otto

Segala ritme pekerjaan dan masalah pribadi bisa membuatmu stres. Kalau merasa berada pada tahap ini, luangkan lah waktu untuk mengistirahatkan pikiran. Di akhir pekan, kamu bisa mematikan smartphone, jalan-jalan, istirahat, dan bersantai dengan sahabat atau keluargamu.  

3. Pilah-pilah media sosial

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiriunsplash/Sara Kurfeß

Pilah media sosial yang membuatmu merasa buruk dan pilih akun media sosial yang menginspirasimu. Koleksi gambar-gambar yang memotivasi hidupmu dan simpanlah dalam Pinterest atau akun Instagram kamu.

Baca Juga: 6 Pikiran Negatif yang Dapat Menghambat Kebahagiaan, Segera Kikis!

4. Jangan dengarkan hal yang negatif

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiripexels/Jennifer Enujiugha

“Kamu kok gendutan...”,

“kamu kok kurus banget....”,

kalimat body shamming  atau bullying yang tidak sengaja dikatakan orang lain padamu, jangan kamu dengarkan. Cukup masuk dari telinga kanan dan keluar dari telinga kiri ketika kamu mendengarkan hal-hal negatif yang ada di sekitarmu.

Terimalah dirimu, syukurilah atas segala yang diberikan olehNya, dan cintailah dirimu maka kebahagiaan akan menghampirimu.

5. Fokus pada komitmen awal, bukan masalahnya

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiripexels/bruce mars

Bukan masalah lingkungan kerjanya yang buruk, karena akan selalu ada alasan untuk pikiran negatif menempel di kepala. Ketika kamu mulai berpikir negatif, ingatlah komitmen awal kenapa bekerja. Yakin jika kesulitan yang diterima olehmu adalah tantangan untuk membuatmu semakin hebat.

6. Berada di lingkungan yang positif

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri Sendiripexels/fauxels

"Berteman dengan penjual minyak wangi, kamu akan ikut wangi, berteman dengan penjual minyak tanah, kamu akan ikut bau minyak". Pepatah lama ini sangat tepat untuk menggambarkan pola pikirmu itu sangat tergantung dengan lingkungan kamu berada. Merasa jengah dengan pikiran yang selalu negatif, maka berkumpullah dengan orang di lingkungan positif yang membuatmu bersemangat menjalani hidup.

7. Lihatlah sekelilingmu

7 Cara Hilangkan Pikiran Negatif, Saatnya Berdamai dengan Diri SendiriUnsplash / diGital Sennin

Jangan pernah merasa bahwa kamu orang yang paling tidak beruntung di dunia. Hilangkanlah pikiran negatif itu, coba lihat sekelilingmu, kamu akan melihat bahwa kamu beruntung.

Pikiran positif dan berdamai dengan diri sendiri akan membuatmu merasa bahagia. Jangan terlalu ambisius dengan hidup yang dijalani, bersyukurlah atas segala yang telah Tuhan berikan padamu. Setuju?

Fokus pada diri sendiri bukanlah hal yang egois, begitu pula dengan mendahulukan kepentingan bersama. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kamu membahagiakan diri sendiri dulu.

Baca Juga: 5 Hal Ini Hanya Dirasakan Saat Sudah Berdamai dengan Diri Sendiri

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You