Comscore Tracker

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagi

Yakinlah, Tuhan memiliki rencana indah untukmu

Gak peduli seberapa sukses dirimu dalam kehidupan dan bisnis, kamu pasti pernah merasa putus asa. Bahkan saat berada di titik tertinggi, rasa lelah dan ingin menyerah bisa saja kamu alami. 

Entah merasa tak ingin bangkit dari tempat tidur atau ingin berhenti karena masalah tak kunjung selesai. Sehari dua hari merasakan hal tersebut itu wajar. Namun, apa jadinya jika kamu tak bersemangat hingga berhari-hari, berminggu-minggu, hingga berbulan-bulan? Bisa saja apa yang sudah kamu rencanakan dan jalani akan hancur begitu saja.

Itulah mengapa penting untuk segera bangkit dari keterpurukan. Yuk, pupuk lagi semangatmu agar tujuan yang kamu harap bisa segera tercapai dengan lima hal ini.

1. Berolahraga

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagiilustrasi olahraga (unsplash.com/Gabin V)

Meski terlihat berhubungan, nyatanya olahraga memiliki keterkaitan dengan suasana hati, lho. Merasa jengkel, bawalah tubuhmu untuk joging atau berenang.

Olahraga menghasilkan hormon endorfin yang membuatmu bahagia atau senang. Dengan olahraga, kamu jadi lebih bisa berpikir lebih positif dan tenang. Jika tidak memiliki banyak waktu, melakukan beberapa gerakan strecthing atau yoga selama 5-10 menit sudah cukup, kok.

2. Ubah pikiran dan keluhan negatif jadi positif

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagiilustrasi berpikiran positif (unsplash.com/Omid Armin)

Keyakinan dapat menciptakan dunia yang kamu pikirkan. Jadi, daripada mengeluh dan merasa kehidupan kejam padamu, ubahlah pikiran dan keluhan negatif menjadi positif.

Sebagai contoh, "saya lelah dengan kehidupan ini" menjadi "ayo semangat, esok hari pasti lebih baik". Entah apakah yang diucapkan itu berbeda jauh dengan keadaan sebenarnya, pikiran-pikiran positif ini akan mengubah hidupmu jadi terasa mudah.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Tak Selalu Bisa Menolong Orang yang Putus Asa

3. Lihat kembali apa tujuanmu

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagiilustrasi tujuan (pexels.com/Polina Zimmerman)

Terkadang ketika memulai sesuatu, visi dan tujuan menjadi pemompa semangatmu. Semakin jauh melangkah, kamu jadi sibuk berbisnis, berhubungan dengan orang banyak, dan menjalani rutinitas yang padat tiada henti. Lama-kelamaan, kamu jadi hanya sekedar berjalan dan tersesat.

Kamu tidak ingat kapan terakhir kali kamu bahagia, kapan kamu bersemangat menjalani hidup, dan kapan kamu bisa tertawa lepas. Jika merasakan hal ini, berarti sekarang saatnya kamu untuk diam sejenak dan merenung. Lihatlah kembali jurnal yang sudah kamu tulis, coba baca kembali apa visi dan tujuanmu. Lalu, lihatlah progres apa yang sudah kamu lalui. Biasanya cara ini akan membuatmu kembali bersemangat, lho.

4. Bersyukur

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagiilustrasi buku jurnal (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Bersyukur dapat membuat beban terasa lebih ringan. Dilansir Tony Robbins, sebuah studi memperlihatkan bahwa tindakan bersyukur dapat mengurangi depresi dan mengurangi emosi negatif. 

Bersyukur di saat sulit memang tidak mudah. Namun, percayalah jika pola pikir berkelimpahan ini dapat membuatmu jadi lebih positif. Kamu bisa memulai pagi dengan menulis jurnal syukur dan membuat afirmasi baik.

Lihatlah sekelilingmu dan perhatikan apa saja yang dapat kamu syukuri. Tubuh yang sehat, tempat tidur yang nyaman, matahari yang bersinar cerah, dan hal lain yang dapat membuatmu menjadi lebih semangat.

5. Ketidaknyamanan hanya sementara

Sedang Putus Asa? 5 Hal Ini akan Membuatmu Bangkit Lagiilustrasi lelah di kantor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Adakalanya masalah datang beruntun. Apa yang direncakan gagal, tugas menumpuk, hubungan dengan rekanan mengalami perselidihan, dan berbagai masalah lainnya yang membuatmu ingin menyerah.

Tak jarang kamu menyesal atas apa yang sudah dilakukan selama ini. Bisa jadi kamu berandai-andai jika kamu dapat mengulang kehidupan yang telah lalu. Sadarilah, jika ketidaknyamanan ini hanyalah sementara. Ubah perspektifmu dan yakinlah bahwa kesulitan saat ini justru membuatmu menjadi lebih hebat.

Meski sekarang terasa menyiksa dan ingin menyerah, percayalah kalau Tuhan tidak akan memberikan ujian di atas kemampuan hamba-Nya. Ingatlah, jika proses berat yang kamu lalui saat ini akan membawamu ke pintu kesuksesan. Yuk, semangat! 

Baca Juga: 5 Cara Dewasa Menyikapi Kegagalan, Jangan Putus Asa!

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya