Comscore Tracker

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!

Jangan sampai gelap mata, ya

Membeli tanaman hias kesayangan tentu menyenangkan bagi sebagian orang. Sayangnya, membeli tanaman hias bisa sangat menghabiskan uang jika salah perencanaan. 

Oleh karena itu, kamu harus memiliki trik dalam membeli dan merawat tanaman hias agar tidak menguras isi dompetmu. Berikut lima tips yang bisa kamu praktikkan untuk menghemat pengeluaran saat membeli tanaman hias. 

1. Meriset tanaman sebelum membelinya

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!ilustrasi riset tanaman (pexels.com/Greta Hoffman)

Membeli tanaman yang sulit dirawat tentu akan membuang-buang uang, jika kamu tidak mempunyai banyak waktu. Oleh karena itu, sebelum mulai berbelanja ada baiknya kamu meriset tanaman yang akan dibeli terlebih dahulu.

Sesuaikan tanaman yang akan dibeli dengan kesibukanmu, jumlah sinar matahari, dan kondisi media tanam. Dengan memastikan beberapa hal tersebut, kemungkinan salah membeli tanaman dapat diminimalisir.

2. Beli tanaman dengan ukuran yang lebih kecil dan muda

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!ilustrasi tanaman muda (unsplash.com/Greg Rosenke)

Tanaman yang sudah besar dan "dewasa" memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan yang masih muda. Ini karena biaya memelihara tanaman tersebut lebih banyak dibandingkan tanaman yang masih "anak-anak". 

Kalau kamu seorang pecinta tanaman sejati, memelihara tanaman sejak masih kecil tentu sangat menyenangkan. Terlebih lagi, tanaman yang kamu rawat sejak kecil bisa tumbuh dengan baik adalah sebuah kepuasan tersendiri. Di samping itu, membeli tanaman yang masih kecil terbilang lebih murah. 

Baca Juga: 7 Tips Membeli Tanaman buat Anak Kosan, Dijamin Irit!

3. Simpan benih yang dihasilkan tanaman koleksimu

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!ilustrasi bunga matahari (unsplash.com/Earl Wilcox)

Tanaman secara alami membuat dirinya lebih banyak. Pastinya ini akan mengurangi pengeluaran jika dibandingkan membeli tanaman yang sama terus menerus. 

Sebagai contoh, kamu bisa menyimpan biji tanaman bunga matahari untuk menghasilkan banyak bunga matahari. Selain itu, masih ada tanaman hias yang dapat diperbanyak melalui stek, rimpang, atau umbi. Jadi perhatikan bagaimana cara tanaman koleksimu berkembang biak, ya. 

4. Berteman dengan sesama pecinta tanaman

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!ilustrasi pecinta tanaman (pexels.com/Zen Chung)

Berteman dengan pecinta tanaman bisa memberikan banyak manfaat, lho. Biasanya, mereka akan bermurah hati memberikan tips dan pengetahuan seputar tanaman hias. 

Selain itu, tidak jarang sesama pecinta tanaman akan saling bertukar bibit atau tanaman yang dimilikinya. Jadinya, kamu bisa memiliki ilmu dan tanaman secara gratis, kan?

5. Pilihlah tanaman yang bisa dibagi

5 Trik Cerdas Menghemat Uang saat Membeli Tanaman Hias, Awas Boros!ilustrasi tanaman African violet (unsplash.com/Sixteen Miles Out)

Ketika kamu mendatangi toko tanaman hias, coba perhatikan tanaman yang penuh di dalam pot. Lihat, apakah tanaman tersebut bisa dibagi? Jika bisa, beli tanaman tersebut dan bagilah menjadi beberapa pot ketika sampai di rumah.

Dengan ini, kamu jadi lebih menghemat uang karena seperti membeli beberapa tanaman sekaligus dengan harga satu tanaman saja. Kamu bisa merasakan hal ini ketika membeli jenis tanaman hias yang memiliki banyak batang, seperti African violet, Philodendron, dan masih banyak lagi. 

Selama kamu bisa membeli, memelihara, mengembangbiakkan, bahkan menjual tanaman yang kamu pelihara, memelihara tanaman bukanlah hobi yang menghabiskan uang. Tak jarang, banyak pengusaha tanaman yang sukses bermula dari hobi ini, lho. Jadi, rencanakan dengan cermat tanaman yang ingin kamu miliki, ya!

Baca Juga: Tahan Banting, 10 Tanaman Unik yang Tumbuh di Bioma Tundra

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya