Comscore Tracker

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan Pekerjaan

Siapa tahu ini bisa membantu kamu

Sering dihadapkan dengan tumpukan pekerjaan, terkadang membuat kita merasa tertekan. Tidak peduli seberapa besar kamu komitmen terhadap pekerjaanmu itu, rasa bosan dan jenuh pasti akan timbul seiring berjalannya waktu.

Apalagi bagi kamu yang bekerja di kantor pasti dihadapakan dengan sugudang tugas dan tanggung jawab. Agar tidak gampang stres, ini lima tips kerja di bawah tekanan yang bisa kamu lakukan. 

1. Fokus dulu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan Pekerjaanpexels.com/Jopwell

Hal pertama adalah harus selalu fokus terhadap pekerjaan yang harus kamu lakukan. Fokuslah terhadap pekerjaan yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu dengan membuat skala prioritas.

Dengan begitu bisa membantu menghindarimu dari hal-hal yang bisa membuang waktu. Jangan malah menyelesaikan semua pekerjaan secara bersamaan karena hal itu jadi bisa maksimal. 

2. Maksimalkan waktu untuk istirahat

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan PekerjaanUnsplash.com/Luke Chessar

Kedua, maksimalkan waktu pada saat istirahat. Jangan jadikan waktu istirahat untuk bekerja dan juga sebaliknya. Manfaatkan waktu istirahatmu untuk refresh otak dan tenaga agar kembali segar.

Nah, kamu bisa tidur siang sebentar, lho. Jangan lupa makan untuk mengembalikan energi yang terbuang atau kegiatan yang lainnya. Pandailah dalam membagi waktu di mana kamu tahu kapan harus bekerja dan tahu kapan waktunya untuk istirahat.  

Baca Juga: 13 Gejala Kamu Kecapekan Berolahraga dan Harus Istirahat

3. Kerjakan secara tepat waktu

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan Pekerjaanunsplash.com/@Brooke Cagle

Hal yang bisa menjadi pemicu tekanan kerja adalah kebiasaan untuk menunda pekerjaan sehingga jadi menumpuk. Hindari menunda-nunda pekerjaan. Sebisa mungkin cepat selesaikan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabmu.

Hal ini karena saat kita selesai mengerjakan satu tugas, maka akan datang pekerjaan lain yang menunggu untuk kamu selesaikan. So, kerjakan secara on time ya. 

4. Jangan bawa masalah pribadi ke kantor

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan Pekerjaanpexels.com/@Anna Shvets

Sikap profesionalitas harus kamu junjung tinggi dalam bekerja. Jangan sampai membawa masalah pribadi saat di kantor. Sehingga bisa membuat pekerjaanmu tidak cepat kelar dan pada akhirnya kamu merasa tertekan sendiri. 

Seberat apa masalah yang kamu hadapi bekerja tetaplah bekerja, jangan mencampuradukkan keduanya. Jadi, hindari masalah pribadi masuk ke dalam pekerjaanmu, ya. Ingat kamu harus tetap profesional. 

5. Ciptakan suasan kerja yang tenang

Biar Tidak Stres, Lakukan 5 Hal Ini untuk Menghadapi Tekanan Pekerjaanpexels.com/Daria Shevtsova

Terakhir, ciptakan suasana kerja yang kondusif dan tenang. Hal ini bisa membuatmu untuk semangat bekerja, lho. Dengan suasana kerja yang tenang, bisa membantumu untuk meningkakan produktivitas pekerjaan. Sebaliknya, jika kamu bekerja dalam kondisi yang kacau, maka hasilnya akan tidak maksimal. 

Itulah lima tips menghadapi tekanan dalam pekerjaan. Jangan terlalu memforsir diri untuk bekerja secara terus menerus. Manfaatkan waktumu dengan berkumpul bareng keluarga, liburan bersama, dan aktivitas positif bersama orang tersayang. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kita Sering Susah Tidur Meski Lelah Seharian

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya