Comscore Tracker

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang 

Tapi curhatlah pada orang yang tepat ya

Kegiatan curhat atau bercerita kadang dianggap sepele oleh banyak orang. Mereka menganggap curhat adalah kegiatan yang membosankan dan buang-buang waktu. Tetapi, kenyataanya curhat memiliki banyak manfaat lho. 

Namun berbeda dari mereka tipe orang introvert yang suka memendam perasaan sendiri saat ada masalah. Orang introvert cenderung tertutup sehingga tidak jarang permasalahan tersebut akan menjadi beban yang menumpuk.

Yuk mulai sekarang, jika ada teman atau sahabat yang curhat mari kita menjadi pendengar yang baik bagi mereka, karena dengan curhat memiliki banyak manfaat. Simak 5 manfaat curhat yang jarang diketahui banyak orang di bawah ini: 

1. Mengurangi tekanan dan beban

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang pixabay/StockSnap

Manfaat curhat yang pertama adalah dapat mengurangi tekanan dan beban. Sesuatu yang sering dipendam sendiri akan mengendap lama sehingga jika dibiarkan akan berdampak pada kesehatan jiwa. Dengan curhat atau bercerita kepada teman atau sahabat hal itu terbukti ampuh dapat mengurangi tekanan yang selama ini disimpan sendiri.

Dengan curhat beban yang kita rasakan akan sedikit berkurang. So, jika ada masalah jangan suka dipendam sendiri ya, curhatlah dengan sahabat dan teman terdekatmu. 

2. Membuka pandagan baru

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang pixabay/Rawpixel

Manfaat curhat selanjutnya adalah dapat membukan pandangan baru. Ketika seseorang curhat dan bercerita tentang masalah atau problem yang sedang dialaminya, hal itu dapat membantu kita untuk berpikir lebih real serta dapat membantu menemukan sudut pandang terhadap suatu masalah.

Pandangan tersebut tentunya bisa mengubah pandanganmu terhadap masalah. Selain itu kamu juga bisa mengambil pelajaran dari permasalahan orang lain, agar hidupmu lebih baik.

3. Bentuk dukungan dan sumber kekuatan

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang pixabay/cherylholt

Manfaat curhat selanjutnya adalah untuk mencari dukungan dan sumber kekuatan. Seseorang tidak akan tahu masalahmu jika kamu tidak bercerita atau curhat, padahal ketika curhat kamu akan lebih merasa lega. Barangkali ketika kamu curhat belum tentu orang lain paham dengan masalahmu.

Tapi tidak masalah, dengan mencari sumber kekuatan dan dukungan dari orang lain kamu akan lebih kuat dan semangat dalam menghadapi permasalahan yang kamu alami. 

Baca Juga: Gak Perlu Malu, Kamu Bebas Curhat Apapun di 8 Aplikasi Ini

4. Memperbaiki mood atau perasaan

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang pexels.bruce mars

Ketika curhat kamu akan bercerita dan mengeluarkan segala keluh kesah yang kamu simpan sendiri. Dengan mengeluarkan uneg-uneg akan dapat mengurangi tekanan sehingga berdampak pada perbaikan mood atau perasaan. So, jangan malu dan sungkan untuk bercerita ya, agar masalahmu bisa sedikit berkurang. 

5. Membuat perasaan jadi lega

5 Manfaat Curhat yang Sering Disepelekan Banyak Orang pixabay/TheVirtualDenise

Maanfaat terakhir dari curhat adalah, membuat perasaan jadi lega. Tidak disangka permasalahan hidup, percintaan, beban kerja kadang membuat kita stres. Maka dari itu dengan curhat bisa membuat perasaan lebih lega dan nyaman. 

Itulah 5 manfaat curhat yang jarang diketahui banyak orang. Yuk mulai sekarang, jadilah sosok pendengar yang baik bagi teman dan sahabatmu. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kakak Perempuan Adalah Teman Curhat yang Tepat!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

deep thinker find me on ig: ruhilsabrina24

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You