Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-an

Usia 20-an memiliki tanggung jawab yang besar dalam hidup

Katanya usia 20-an adalah usia yang cukup berat. Usia peralihan menuju tahap dewasa di mana kita akan dihadapkan tanggung jawab yang lebih besar dan kompleks. Selain itu kita juga dituntut mengambil keputusan-keputusan besar dalam hidup yang akan berpengaruh terhadap masa depan kita kelak. Rasanya di usia ini semua tanggung jawab tertumpu pada kita.

Namun di sisi lain usia tersebut memberi kebebasan kita untuk membangun karier, percintaan, dan mengeksplorasi hobi atau passion. Rasanya kita akan sangat rugi jika tidak mampu memanfaatkan usia tersebut dengan baik dan maksimal. Nah daripada menyesal, lebih baik kamu baca deh 5 tanda bahwa seseorang menyia-nyiakan waktu dan kesempatannya di usia 20-an.

1. Kamu takut keluar dari zona nyaman

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-anpexels.com/Andrea Piacquadio

Anggapan bahwa zona nyaman adalah jebakan ternyata benar adanya. Di usia tersebut jangan biarkan dirimu terkungkung dalam nikmatnya zona nyaman. Manfaatkan waktumu untuk melakukan hal yang belum pernah kamu coba, eksplore hobi yang sudah lama tidak kamu geluti, dan lakukanlah sebuah perjalanan, hingga kamu paham bahwa dunia luar menyimpan hal luar biasa yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. 

2. Mudah menyerah terhadap goal dan impianmu

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-anunsplash.com/ Francisco Gonzalez

Hidup tidak selalu menjanjikan kesenangan samata. Ada waktunya kita dihadapkan dengan kesulitan, kegagalan, dan masalah yang membuat kita berpikir untuk menyerah. Di usia 20-an merupakan usia penuh perjuangan, kamu yang memperjuangkan karier, goal, dan target-target impianmu. 

Nah ketika impianmu tersebut mengalami kegagalan janganlah cepat menyerah, bangkit dan yakin bahwa usaha yang kamu perjuangkan selama ini tidak pernah mengkhianati hasil. Jika kamu mudah menyerah dan berhenti untuk memperjuangkan impian artinya kamu menyia-nyiakan usiamu. 

3. Menghambur-hamburkan uang

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-anpexels.com/Artem Beliaikin

Di usia 20-an kamu sudah mulai memiliki pekerjaan dan mendapat gaji dari pekerjaanmu. Kamu mulai membeli sesuatu atau barang dengan gaji yang kamu miliki, hingga tanpa sadar uangmu habis untuk hal yang tidak berguna.

Di momen tersebut seharusnya kamu sudah mulai investasi untuk masa depan, menabung, atau travelling, namun ternyata uangmu habis duluan untuk hal-hal yang tidak penting. Maka dari itu pandailah dalam mengatur keuanganmu ya. 

Baca Juga: 5 Tanda Sebaiknya Gak Tinggal dengan Orangtua di Usia 20an

4. Kamu tidak mau mengkualitaskan diri

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-anpexels.com/Vlada Karpovich

Kamu takut untuk mengkualitaskan diri. Menganggap dirimu lebih rendah paripada orang lain. Kamu memilih menjadi orang yang biasa-biasa saja padahal kamu mampu untuk menjadi luar biasa dengan kelebihan yang kamu punya. Bagimu kamu tidak memiliki hal yang bisa ditonjolkan atau dilebihkan. 

Maka mulai sekarang buang pemikiran tersebut, yakin bahwa kamu mampu menjadi sosok yang berkualitas dengan kemampuan dan kelebihan yang kamu miliki. 

5. Tidak mau mengasah hobi dan passion secara mendalam

5 Tanda Kamu Menyia-nyiakan Waktu & Kesempatanmu di Usia 20-anpexels.com/fotografierende

Terakhir yaitu kamu tidak mau mengasah hobi dan passion secara mendalam. Padahal akan banyak keuntungan jika kamu mampu mengasah hobimu tersebut. Misalnya, kamu bisa bekerja sesuai dengan passion atau bidang yang kamu sukai, bisa menjadi pribadi yang lebih berkembang, dan memiliki kemampuan yang mumpuni dalam bidang tersebut. 

Usia 20-an adalah usia yang penuh dengan tantangan. Maka dari itu manfaatkan waktu dan kesempatanmu untuk menjadi pribadi yang berkembang dan berkualitas. 

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Belum Ketemu Jodoh di Usia 20an Itu Bukan Akhir Dunia

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya