Comscore Tracker

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang Lain

Tidak baik untuk perkembangan kariermu!

Hayo, siapa yang suka membanding-bandingkan karier sendiri dengan orang lain, nih? Membandingkan gaji yang didapat, posisi atau jabatan, pencapaian, dan lainnya. Kebiasaan membandingkan ini harus kamu hilangkan, ya.

Karena itu hanya membuat kita semakin terpuruk dan gak bersyukur terhadap pekerjaan. Nah, berikut lima dampak buruk jika kamu suka membandingkan diri dengan pekerjaan orang lain.

1. Jadi merasa insecure dengan pekerjaan sendiri

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang LainIlustrasi wanita bekerja (Pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Dampak buruk pertama jika kamu suka membanding-bandingkan pekerjaanmu dengan orang lain, yaitu kamu akan insecure dengan keadaan yang ada. Membandingkan gaji yang didapat, jabatan, dan pencapain hanya membuatmu terjebak oleh rasa yang gak pernah puas.

Oleh karena itu, jangan insecure terus-menerus, fokus saja terhadap pekerjaan sendiri. Sebab jika terus merasa rendah diri, kamu jadi kehilangan banyak kesempatan untuk maju dan berkembang. 

2. Membuatmu jadi gak bersyukur terhadap kariermu sekarang

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang Lainilustrasi wanita yang bekerja (pexels.com/@Burst)

Hanya fokus terhadap karier atau pekerjaan orang lain membuatmu kehilangan waktu untuk bersyukur. Padahal, pekerjaanmu sekarang lebih baik dari orang lain.

Maka cobalah untuk bersyukur karena masih punya pekerjaan yang layak, dapat gaji atau pendapatan setiap bulannya, karena di luar sana masih banyak orang yang hidupnya gak seberuntung kamu. Mereka yang belum dapat pekerjaan, lamaran banyak ditolak, dan perjuangan yang lain. 

Baca Juga: 5 Cara Sehat agar Kita Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

3. Bisa menganggap hidup ini nggak adil

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang LainIlustrasi orang yang tertekan (pexels.com/@Kelly Lacy)

Kalau terus-terusan membandingkan karier dengan orang lain, bisa membuatmu berpikir bahwa hidup ini tidak adil. Kamu merasa pekerjaanmu gak seberuntung orang lain dan selalu merasa kekurangan.

Padahal, Tuhan sendiri sudah mengatur bagaimana rezeki dan porsi hidup yang kita jalani. Kalau mau merenung sekali lagi Tuhan pun sudah mengatur sebaik-baiknya hidup bagi hambanya, selagi kamu mau berjuang dan berusaha. Termasuk dalam urusan pekerjaan. 

4. Jadi membuatmu gak fokus terhadap pekerjaan

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang LainIlustrasi tidak fokus bekerja (pexels.com/Gustavo Fring)

Dampak selanjutnya jika suka membanding-bandingkan pekerjaan dengan orang lain, yaitu hanya akan membuatmu jadi gak fokus terhadap pekerjaan. Bagaimana bisa fokus, kalau kamu suka mengurusi orang lain, kepo terhadap pekerjaan mereka, dan bandingin pencapaian.

Oleh karena itu, fokus saja pada pekerjaanmu sekarang, bekerja keraslah, dan buat dirimu berkembang di dalamnya. Dengan begitu, kesuksesan bisa menghampirimu. 

5. Membuatmu terus merasa kekurangan

5 Akibat jika Kamu Suka Membandingkan Karier dengan Orang LainIlustrasi orang berpikir (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Dampak terakhir yaitu akan membuatmu merasa kekurangan. Ya begitulah hidup kalau terus melihat kelebihan dan pencapaian orang lain, kita akan terus merasa kekurangan, termasuk dalam hal pekerjaan.

Merasa pekerjaanmu nggak lebih baik, gaji yang didapat tidak besar, dan kekurangan yang lain. Padahal, kalau tidak membandingkan ada banyak orang di bawahmu yang pekerjaannya gak seberuntung dirimu saat ini. 

 

Mulai sekarang jangan membandingkan kariermu dengan orang lain, ya. Fokus saja pada pekerjaan sendiri, supaya bisa mencapai apa yang kamu inginkan. 

Baca Juga: Meski Tahu Gak Baik, Ini 5 Alasan Kenapa Kita Suka Membandingkan Diri

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya