Comscore Tracker

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu 

Waktunya kamu membuka lembaran baru 

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan di masa lalunya baik kesalahan yang disengaja maupun tidak. Pada situasi tersebut ada pula orang yang masih belum bisa memaafkan dirinya sendiri sehingga hidupnya diliputi rasa kegelisahan, ketakutan, dan perasaan buruk. Padahal kita tahu manusia yang hidup di muka bumi ini tidak ada yang sempurna.

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, baik buruk, besar kecilnya kesalahan tersebut alangkah baiknya kita sikapi dengan mengambil pelajaran agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Jika kamu merasa masih susah untuk memaafkan diri kamu sendiri, simak 5 cara memaafkan diri sendiri agar tidak terjebak dari masa lalu berikut ini.

1. Ambil pelajaran dari kesalahan yang kamu buat

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu Pexels.com/burst

Di dunia ini tidak ada manusia yang bebas dari kesalahan, baik buruk, besar kecil, sengaja atau tidak pasti pernah berbuat kesalahan. Lantas apakah hal tersebut membuatnya menyerah dan terjebak terus menerus dibsituasi tersebut? tidak. Memang masa lalu tidak dapat diubah, atau dihapus karena pada dasarnya masa lalu hanya bisa kita terima. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengambil pelajaran berharga dari setiap kesalahan yang kita perbuat agar bisa hidup dengan bijak.

2. Masa lalu biarlah berlalu, waktunya kamu membuka lembaran baru

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu pexels.com/Just Name

Ingat ya masa lalu adalah masa lalu, jangan pernah biarkan hidupmu terjebak di dalamnya. tidak peduli seberapa menyesalnya dirimu saat ini biarkan hal itu menjadi pembelajaran, karena memang benar kita tidak pernah bisa mengubah kejadian yang pernah terjadi. Sudahlah belajar memaafkan diri sendiri dan waktunya membuka lembaran baru untuk hidup yang lebih indah dan istimewa.

3. Hidup ini tidak ada yang sempurna

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu pexels/Ba Phi

Mengingat bahwa hidup tidak ada yang sempurna akan membantumu untuk lebih menerima dan memaafkan diri. Maka wajar jika kita pernah melakukan kesalahan, bertindak dengan tidak baik, hingga berujung penyesalan yang amat mendalam. Satu hal yang bisa membuatmu sadar yaitu dengan mengingat bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Maka jangan biarkan kamu terjebak dalam masa lalu, waktunya kamu bangkit.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Memaafkan Diri Sendiri

4. Cobalah untuk memperbaiki kesalahan

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu pexels/bruce mars

Ketika semua terasa berat kamu bisa mencoba untuk memperbaiki kesalahan yang pernah kamu buat dengan meminta maaf terhadap orang yang pernah kamu sakiti. Tidak ada yang salah dengan meminta maaf, justru dengan minta maaf akan membuat hidup lebih damai dan tenang. Ketika sudak meminta maaf terhadap orang lain, waktunya kamu belajar untuk memaafkan dirimu sendiri.

5. Lebih membuka diri terhdap hal yang positif

5 Cara Memaafkan Diri Sendiri, agar Tidak Terjebak Masa Lalu pixabay/StockSnap

Bergelut dengan perasaan penyesalan yang ditimbulkan dari kesalahan masa lalu hanya akan membuat pikiran menjadi terbebani. Jika dibiarkan secara terus menerus tentunya akan berdampak tidak baik bagi kesehatan mental. Maka dari itu mulailah untuk bisa membuka diri terhadap hal positif misalnya seperti ikut relawan, volunteer, mengikuti kegiatan sosial project sampai ikut bakti sosial di daerah terpencil. Dengan membuka diri terhadap hal positif tentunya akan membuat diri kita dipenuhi oleh hal-hal positif lainnya.

Itulah 5 cara memaafkan kesalahan diri sendiri agar tidak terjebak pada masa lalu. semoga membantumu ya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Susahnya Memaafkan Orang Lain, Aslinya Mudah Kok!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

deep thinker find me on ig: ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya