Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lain

#IDNTimesLife Jangan minder kamu pasti bisa

Melihat orang lain lebih sukses dan berhasil terhadap pencapaiannya kadang membuat kita minder dan insecure dibuatnya. Merasa apa yang kita usahakan gak ada apa-apanya dibandingkan dirinya.

Daripada terus membandingkan diri dan terjebak rasa minder, bukankah lebih baik jika kamu jadikan motivasi untuk lebih semangat dalam mencapai cita-cita? Nah, supaya gak minder lagi melihat pencapaian orang lain, yuk lakukan 5 hal ini. 

1. Mengingat pencapaian diri

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lainunsplash.com/Raychan

Ketika rasa minder muncul saat melihat pencapaian orang lain, coba deh ingat-ingat lagi pencapaian diri yang telah berhasil kamu gapai. Apresiasi dirimu sendiri ketika berhasil melakukan sesuatu, beri self reward supaya kamu bisa semangat dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan selanjutnya. Dengan begitu kamu akan sadar jika selama ini kamu juga telah berjuang sangat keras. 

2 Jangan diam saja, mulailah untuk bergerak maju

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/Ivan Samkov

Jika kamu ingin hidupmu ada perubahan, janganlah diam saja mulailah untuk bergerak maju. Mereka yang berhasil mencapai target dan cita-cita dalam hidupnya ialah mereka yang berani keluar zona nyaman.

Berani melangkah dan melawan rasa takut yang ada dalam dirinya. So, fokuslah pada diri sendiri jangan biarkan rasa cemburu melihat keberhasilan orang lain mengendorkan semangatmu. 

3. Kamu berharga, cintailah dirimu sendiri

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/@Hassan OUAJBIR

Rasa minder atau cemburu ketika melihat orang lain lebih sukses adalah hal yang wajar kok. Namun, akan menjadi tidak wajar jika hal tersebut terus-menerus menguasai hidupmu. Mulai sekarang love yourself, cintai dirimu sendiri karena kamu manusia berharga. 

Sadarlah dibalik kekuranganmu menyimpan kelebihan untuk hidupmu ke depan. Ingat ya daripada terus menerus cemburu terhadap pencapaian mereka, lebih baik fokus untuk mengembangkan diri. 

Baca Juga: 5 Sumber Motivasi Agar Kamu Bisa Manfaatkan Hidup Sebaik Mungkin

4. Stop kebiasaan membandingkan diri

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/pixabay

Hayo siapa nih dari kalian yang suka sekali membanding-bandingkan diri terhadap orang lain? Mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut ya, karena hal itu jadi gak baik untuk hidupmu. Fokuslah pada diri sendiri, sebab jika kamu terlalu memperhatikan kehidupan, kebahagiaan, dan pencapaian orang lain hanya akan membuatmu sulit bahagia dan terus diliputi rasa gak suka. 

5. Tingkatkan rasa syukurmu

5 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/pixabay

Daripada terus-terusan membiarkan hatimu diliputi rasa iri dan cemburu melihat pencapaian orang lain, lebih baik tingkatkan lagi rasa syukurmu. Kalau selama ini kamu selalu membandingkan hidup dengan di atasmu, sesekali coba deh tengok yang ada di bawah banyak orang yang tidak seberuntung kamu dan ingin berada di posisimu saat ini. Maka mulailah bersyukur dan jangan lupa untuk selalu mengevaluasi diri. 

Itulah guys 5 cara mengatasi rasa cemburu ketika melihat pencapaian orang lain. Setiap orang memiliki porsinya masing-masing, setiap orang punya kelebihan dan kekurangan maka fokuslah pada diri sendiri. 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya