Comscore Tracker

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayang

#IDNTimesLife Hadapi dengan cara ini

Apa ketakutan terbesar yang dialami oleh sebagian orang? Ya benar sekali ketakutan saat kehilangan orang yang kita cintai. Entah itu dipisahkan oleh waktu, jarak, hingga disebabkan putus hubungan di antara kalian. Rasa takut tersebut sangatlah wajar, sebab mana ada orang yang siap kehilangan sosok yang berharga dalam hidupnya.

Namun setelah dipikir dalam-dalam di dunia ini gak selamanya kalian bisa sama-sama terus, pasti ada masa kamu bakal kehilangan. Nah berikut lima tips mengatasi rasa takut berlebih kehilangan orang tersayang. 

1. Menyadari bahwa yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayangilustrasi pertemanan (pexels.com/@ Elijah O'Donnell)

Tips pertama menghadapi rasa takut berlebih kehilangan orang yang kita cintai yaitu, dengan menyadari betul yang namanya pertemuan pasti ada perpisahan. Sekarang kalian bisa sama-sama terus namun perlu diingat pasti akan ada masa yang namanya perpisahan. Entah disebabkan maut yang memisahkan, waktu, atau faktor yang lain. 

Dengan menyadari itu semua, janganlah kamu sia-siakan orang yang kamu cintai tersebut. So, mumpung masih bersama ukir cerita indah di antara kalian, sebab kita pun gak tahu kapan waktu akan memisahkan. 

2. Nikmati hari-harimu saat ini

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayangilustrasi pasangan (pexels.com/@Tran Long)

Tips selanjutnya yaitu, fokuskan diri dengan menikmati hari-harimu saat ini. Daripada terus terjebak rasa takut berlebih pada hal yang belum pasti, lebih baik nikmati hidupmu yang sekarang. Sebab apa yang kamu pikirkan saat ini belum tentu akan terjadi di depan sana, bisa jadi itu hanya ketakutan dalam pikiranmu saja. 

Jadi, syukuri apa yang kamu miliki saat ini dengan memaksimalkan momen bersama orang tersayang. Dengan begitu fokusmu tidak hanya pada ketakutan tersebut. 

3. Menyibukkan diri pada hal yang positif

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayangwanita fokus bekerja (pexels.com/@Polina Zimmerman)

Tips selanjutnya yaitu, dengan menyibukkan diri pada hal positif. Daripada menerka-nerka pada hal yang belum pasti, lebih baik sibukkan diri pada hal yang bermanfaat. Selain itu jangan buang waktumu secara cuma-cuma hanya untuk menyelami rasa takut tersebut. Lebih baik fokus pada studi, pada karier atau pekerjaan, hingga cita-cita di masa depan. 

Dengan menyibukkan diri pada hal positif bisa membantumu jadi orang yang berkembang. Jadi, lakukan hal yang bisa membuat hatimu jadi tenang ya. 

Baca Juga: 5 Caranya agar Kamu Gak Kehilangan Kontrol Diri ketika Emosional

4. Menikmati waktu kebersamaan kalian

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayangmantan kekasih (pexels.com/.@ Athena)

Mumpung masih bersama dan saling membahagiakan satu sama lain, yuk nikmati kebersamaan kalian dengan sebaik-baiknya. Ukir kenangan indah, selalu hargai waktu, dan menyayangi satu sama lain. Karena kita sendiri gak bisa menebak kapan kebersamaan ini akan berakhir, jadi jika sekarang masih bisa bertemu hargai waktu kalian. 

Jangan sampai dirimu menyesal di akhir nanti. Maka jika ada waktu untuk saling ngobrol, saling ketemu, dan menyapa lakukanlah. 

5. Yakin kamu bisa melaluinya

5 Cara Mengatasi Takut Berlebihan Kehilangan Orang Tersayangseorang wanita (pexels.com/@Noelle Otto)

Sebenarnya rasa khawatir itu ada karena kamu takut tidak bisa melalui jika kenyataan itu terjadi. Hal yang wajar kok sebenarnya, namun setiap orang itu punya kekuatan sendiri-sendiri. Saat ini kamu membayangkan itu adalah hari buruk dan rasanya gak bisa menghadapi. 

Namun harus yakin kamu itu lebih kuat dari yang diduga. Lawan rasa takut tersebut perlahan-lahan dan percaya bahwa kamu bisa melewati itu semua dengan baik. Sebab setiap kehilangan ada hikmah yang bisa dipetik. 

Kehilangan orang yang kita cinta dan sayang adalah ketakutan semua orang. Namun itulah bagian dari hidup ada pertemuan dan ada perpisahan.

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Gak Perlu Takut jika Kehilangan Mereka, Bersyukur!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya