Comscore Tracker

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri Kita

Supaya hidupmu lebih damai

Berbicara mengenai kekurangan, sepertinya setiap orang punya kekurangan dan ketidaksempurnaan masing-masing. Sebab gak ada manusia yang benar-benar sempurna di dunia ini.

Namun, sayangnya kebanyakan dari kita lupa untuk bersyukur. Sehingga jadi sering merasa insecure dan rendah diri. Nah, berikut lima cara mensyukuri kekurangan yang ada dalam diri kita, supaya gak merasa rendah diri terus. 

1. Karena pada dasarnya setiap orang punya kekurangannya masing-masing

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri Kitailustrasi wanita melamun (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Cara mensyukuri pertama yang harus kamu pahami yaitu, karena pada dasarnya setiap orang punya kekurangannya masing-masing. Ingat manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan. Kamu gak bisa menyalahkan keadaan karena ketidaksempurnaan yang kamu miliki.

Justru carilah cara untuk menjadikan kekurangan sebagai kelebihan yang bisa mengubah hidupmu lebih baik. Kalau fokusmu hanya pada ketidaksempurnaan, hidup bukan berkembang malah semakin terbelakang. 

2. Maksimalkan kelebihan yang kamu miliki

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri KitaIlustrasi wanita bekerja (Pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Kalau mau tahu, dibalik ketidaksempurnaan ternyata menyimpan kelebihan yang harus kita syukuri, lho. Coba jangan hanya fokus pada kelemahan, tapi maksimalkan kelebihan dan potensi yang ada dalam dirimu juga.

Misalnya nih, kamu gak jago dalam suatu bidang, tapi bukan berarti kamu gak bisa dibidang lain. Karena kamu pasti punya kelebihan yang bisa dikembangkan. Kalau misal sampai sekarang belum tahu apa potensi dirimu, yuk gali lebih dalam lagi. 

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Menunjukkan Kamu Kurang Bersyukur

3. Tidak membandingkan diri dengan orang lain

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri Kitawanita duduk dekat jendela (pexels.com/@Tan Danh)

Apa hal yang membuat kita merasa tambah insecure dan rendah diri? Ya benar sekali kebiasaan membandingkan pencapaian dengan orang lain. Kamu melihat temanmu sudah sukses dengan kelebihan yang ia miliki, sukses karier, studi, dan lainnya.

Setelah tahu pencapaian mereka, kamu jadi terbesit pikiran "kapan ya bisa seperti dia, punya ini itu", dan berbagai macam pikiran membandingkan yang lain. Kamu lupa jalan hidup setiap orang itu beda-beda, lika-likunya pun tak sama. Lantas apa perlu kita bandingin satu sama lain? Itu hanya akan buang-buang waktu.

4. Berhenti untuk merasa rendah diri

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri KitaLaki-laki sedang menatap (pexels.com/@nappy)

Merasa diri ini gak berguna, merasa tidak lebih baik dari orang lain, dan gak percaya pada kemampuan sendiri adalah perasaan yang kamu alami saat ini. Sikap yang terus rendah diri terhadap keadaan inilah yang membuat kita jadi lupa dengan kelebihan. Oleh sebab itu, berhenti untuk merasa insecure, sebab ada banyak kesempatan baik yang bisa kamu lakukan daripada terus meratapi keadaan. 

5. Coba ucapkan terima kasih untuk dirimu sendiri

Jangan Insecure, 5 Cara Mensyukuri Kekurangan dalam Diri KitaIlustrasi perempuan bahagia (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Poin terakhir cara mensyukuri kekurangan yaitu, dengan mengucapkan terima kasih pada dirimu sendiri. Mungkin selama ini kamu terus memaksa tubuhmu untuk melakukan sesuatu, sibuk mencari kesempurnaan sana sini, yang akibatnya badan dan pikiran jadi lelah. Oleh sebab itu, ucapkan terima kasih pada diri sendiri karena bisa bertahan sampai sekarang, meskipun dalam menjalaninya tidak mudah dan penuh perjuangan. 

Mensyukuri kekurangan menjadi salah satu kunci supaya hidup lebih damai. Namun, jika sampai sekarang kamu belum bisa menerima ketidaksempurnaan, yuk mulai belajar melakukan lima tips di atas. 

Baca Juga: 5 Tipe Orang yang Gak Perlu Takut jika Kehilangan Mereka, Bersyukur!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya