Comscore Tracker

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otak

Yuk hindari agar kamu jadi orang yang lebih positif

Seringkali kita terjebak dalam situasi yang memaksa diri untuk berpikir secara berlebihan. Hingga pada akhirnya membuatmu merasa tertekan dan stres. Padahal pikiran berlebihan dapat mendatangkan pengaruh yang negatif loh seperti mood menjadi tidak stabil, produktivitas menjadi menurun, hingga membuat pekerjaan menjadi terbengkalai.

Kita sudah berusaha untuk menghapus pikiran tersebut, namun ternyata sulit untuk dikendalikan. Karena memang otak kita sudah dikuasai dengan pikiran negatif tersebut. Tapi tenang saja, atasi hal tersebut dengan 5 cara sederhana ini.

1. Alihkan pikiran ke hal yang positif 

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otakpexels.com/@Andrea Piacquadio

Saat otak dikuasai dengan pikiran buruk, segera alihkan dengan melakukan hal-hal yang positif. Misalnya dengan melakukan hobi, memasak, atau sekedar berhenti sejenak dari rutinitas pekerjaan agar pikiran bisa lebih segar.

Mengalihkan pikiran tersebut adalah salah satu cara untuk melawan kebiasaan berburuk sangka, supaya kita bisa menjadi orang yang lebih baik dan positif. Jadi, jangan biarkan pikiranmu dikuasai oleh pikiran-pikiran yang negatif ya guys

2. Fokuskan pada kekuatan diri 

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otakpexels.com/@Andre Furtado

Saat diliputi pikiran negatif dan berlebihan jangan biarkan kamu terjebak di dalamnya ya. Fokuskan pada kekuatan diri dan kelebihan yang kamu punya, hindari untuk memikirkan kesalahanmu terus menerus agar dirimu diliputi oleh pikiran positif. Ketika kamu memfokuskan pada kekuatan yang kamu miliki, hal itu akan membantumu menjadi orang yang lebih berkualitas dan bisa menghindarkanmu dari stres.

3. Tuliskan pikiran negatif di selembar kertas 

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otakpexesl.com/@Ketut Subiyanto

Cara selanjutnya yaitu ketika pikiranmu mencemaskan terhadap suatu hal yang belum pasti, coba deh tuliskan pikiran tersebut ke selembar kertas. Luapkan segala emosi, ekspresikan kekesalan yang kamu alami dengan menulisnya di kertas. Dengan meluapkan segala emosi akan membuat perasaanmu menjadi lebih lega dan jauh lebih tenang. Maka dari itu jangan biarkan pikiran buruk tersebut bercokol terus di pikiranmu ya. 

Baca Juga: 5 Hal Positif Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Selalu Berpikir Skeptis

4. Bergaul dengan orang-orang yang positif

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otakpexels.com/Marcus Aurelius

Kamu pernah dengarkan dengan siapa kita berteman itu merupakan cerminan dari pergaulan kita. Nah ketika kamu bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif itu akan memudahkanmu menghalau dari pikiran negatif. Sama juga sebaliknya kalau kita bergaul dengan orang yang suka mengeluh, sering berpikir buruk, yang ada kamu akan terpengaruh olehnya. Maka dari itu selektiflah dalam memilih pertemanan. 

5. Habiskan waktu di luar rumah

Cegah Stres, 5 Cara Sederhana Mengusir Pikiran Berlebihan dari Otakunsplash.com/Raychan

Menghabiskan waktu di luar rumah untuk menikmati udara segar, melihat pemandangan di sekitar, atau melakukan suatu perjalanan ke tempat yang baru akan membantu pikiran menjadi lebih fresh. Sehingga akan membuat otakmu lebih tenang dan dapat menjauhkan dari kegaduhan hidup untuk sementara waktu. Selain itu pergi ke tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi akan membuatmu mengerti bahwa kehidupan tidak hanya sebatas dalam pikiranmu saja. 

Itulah 5 cara sederhana menghentikan kebiasaan berpikir berlebihan agar terhindar dari stres. Semoga cara di atas bisa membantumu jadil pribadi yang lebih positif. 

Baca Juga: 5 Sisi Positif dari Pribadi yang Mau Bergaul dengan Semua Orang

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya