Comscore Tracker

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam Lho

Belajar dari hal kecil

Dalam hidup kita akan menemukan banyak pelajaran yang bisa diambil. Pelajaran dari seekor lebah misalnya, dari benda di sekitar kita, dan hal kecil yang tidak nampak sekalipun mempunyai sisi filosofisnya tersendiri. Menjadi manusia tidak serta merta hanya memandang dari satu sudut pandang saja, cobalah sekali-kali keluar dan carilah berbagai makna kehidupan dari hal asing sekalipun. Sehingga kamu bisa menemukan hal baru dalam hidupmu yang tidak pernah kamu duga sebelumnya. 

1. Pensil

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam LhoPixabay/sweetlouise

Belajarlah dari pensil ia mampu menulis berjuta kisah manusia. Pensil akan selalu tumbuh dengan kuat walaupun ujungnya sering patah hal itu menandakan bahwa hidup jangan mau hanya berdiam diri, ketika kita dihadapkan dengan situasi sulit yang membuat kita merasa patah, yakinlah kau akan berubah menjadi manusia baru yang lebih kuat lagi.

Menjadi sosok pensil yang selalu menuliskan beragam kisahnya, bahkan mimpi-mimpimu yang kau tulis dengan segenap jiwa. Namun, suatu hal yang pasti sekuat apapun kau merencanakan hidupmu dengan menulis harapan, nyatanya pensil tidak bisa selamnya abadi ia bisa habis dan kenangan yang ia tulis bisa terhapus. Itulah mengapa, manusia hanya bisa berencana dan berusaha. 

2. Kertas

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam LhoPixabay/StockSnap

Kertas adalah sosok yang setia, yaitu setia dalam cerita. Belajar dari kertas kamu akan menemukan bahwa kertas akan selalu menerima segala curahan hati dari sang penulis. Kertas tidak bosan untuk memberikan lembaran putihnya untuk dibumbui tinta warna-warni. Sebagai manusia kita harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi orang lain, menjadi tempat curhat teman, dan selalu memberikan ruang bagi mereka untuk sekedar bercengkrama. Karena tulisan yang ditulis di kertas akan menjadi kenangan dan selamnya akan tersimpan dalam keabadian.

3. Pena

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam LhoPixabay/Jackmac34

Pena adalah alat tulis yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ia selalu bisa tergores dimana saja membentuk barisan alfabet, simbol, angka, huruf, maupun coretan yang tidak terbaca. Dimana Pena berada ia akan memberikan suatu ilmu, pelajaran baru, hingga bisa memberi pengaruh di sekitarnya. 

Menjadi manusia selayaknya kita seperti pena yang selalu memberi pengaruh positif dan manfaat bagi lingkungan sekitar. Tidak peduli bagaimana keadaan kita tetaplah menyebarkan virus kebaikan kepada orang lain. 

Baca Juga: 6 Alat Tulis Hits yang Wajib Ada di Dalam Tas Anak SD 90an

4. Penghapus

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam Lhopixabay/tigerlily173

Secara fisik penghapus adalah sosok mungil namun ia mempunyai peran besar dalam filosofis kehidupannya. Ia mampu menghapus sebuah kesalan dan mengganti dengan kebenaran. Hidup ini tidak terlepas dengan yang namanya kesalahan baik itu suatu hal yang disengaja maupun tidak. Setiap kesalahan yang kita buat mari kita menghapusnya dan berusaha mengganti dengan suatu hal kebaikan walaupun kesalahan tersebut tidak bisa benar-benar hilang karena setiap kesalahan dan kesulitan akan meninggalkan bekas selayaknya penghapus. 

5. Penggaris

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam LhoPixabay/TPHeinz

Apa yang bisa kau ambil filosofi dari penggaris? siapa sangka kita bisa mengambil pembelajaran hidup dari benda sederhana ini. Penggaris alat ukur mungil namun sangat akurat, bayangkan jika kita membuat jarak namun tidak ada penggaris apakah jarak itu akan terbentang secara lurus? tidak bukan, kita hidup maka harus memiliki tujuan secara jelas dengan rencana-rencana yang akurat agar mimpi dan harapan kita bisa sampai ke tujuan. Namun jangan lupakan terhadap prosesnya kita harus berjuang telebih dahulu dan tidak jarang ketika menggaris lurus tiba-tiba pensil kita patah ditengah, anggaplah hal itu merupakan kerikil penghalang yang harus kamu lewati. Proses menggaris adalah proses untuk mengejar impianmu, sebelum kamu sampai puncak kamu akan menemukan hambatan dan rintangan terlebih dahulu. 

6. Pensil warna

Diam-diam, 6 Alat Tulis Ini Menyimpan Arti Filosofis yang Dalam LhoPixabay/Padrina

Filosofi pensil warna bisa memberi kita pelajaran bahwasanya kita hidup jangan terpaku dalam satu hal saja. Mari kita keluar dari zona nyaman, dan temukan hidupmu yang lebih berwarna selayaknya pensil warna. Mari kita lukis hidup kita dengan warna-warna yang indah sehingga kamu akan merasakan hidupmu akan lebih hidup. Pensil warna dalam hidup ibarat pengalaman, manusia selayaknya mencari pengalaman yang banyak agar kehidupan yang ia rasakan tidak monoton, dengan mencari banyak pengalaman kamu akan menemukan lebih banyak tentang kisah kehidupan. 

Itulah guys, 6 makna filosofi dari alat tulis, mari kita ambil pelajaran dari benda-benda sederhana tersebut untuk hidup yang lebih baik !

Baca Juga: 7 Alat Tulis Zaman Dulu yang Bikin Kamu Bersyukur Hidup di Masa Sekarang

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya