Comscore Tracker

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelas

Benar-benar cuma menghabiskan waktu aja

Media sosial sudah menjadi tempat yang gak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari tempat untuk mengekspresikan perasaan, platform untuk menyebarkan informasi, mengabadikan momen, dan masih banyak lagi.

Banyak sisi positif yang bisa diambil dari bermain media sosial. Namun, media sosial juga bisa menjadi pisau bermata dua kalau kita gak bijak dalam menggunakannya.

Misalnya, baru bangun tidur sudah lihat medsos atau saat bekerja sibuk scrolling Instagram. Tentu itu hanya akan membuat produktivitas jadi menurun. Nah, berikut lima efek buruk saat lama-lama scrolling media sosial tanpa tujuan yang jelas. Harus kamu kurangi, deh!

1. Wasting time

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelasilustrasi waktu (pexels.com/@towfiqu barbhuiya)

Kalau lagi asik scrolling media sosial, kamu mungkin sering gak sadar waktu begitu cepat berlalu. Bagaimana tidak, kala belajar disambi dengan main Twitter, tentu hal tersebut bisa membuang waktumu yang berharga.

Coba untuk mengatur waktumu lebih bijak. Daripada wasting time, kamu bisa fokus menyelesaikan tanggung jawab yang lain. Maka dari itu, lebih tegaslah dalam penggunaan media sosial, karena jika gak bisa memanfaatkan dengan baik, justru kamu yang akan dimanfaatkan oleh media sosial.

2. Membuatmu jadi malas untuk melakukan sesuatu

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelasilustrasi penggunaan gadget (unsplash.com/ROBIN WORRALL)

Siapa yang punya kebiasaan bangun tidur langsung cek media sosial? Kebiasaan satu ini memang sulit untuk dihindari, karena kebanyakan orang setelah bangun tidur langsung lihat smartphone. Alhasil, mereka pun jadi malas untuk mulai melakukan sesuatu, seperti beres-beres kamar, melakukan pekerjaan rumah, olahraga, dan kegiatan lainnya.

Usahakan untuk mengatur waktu dengan baik. Waktu untuk bekerja digunakan untuk kerja. Nanti, jika sudah kembali senggang, kamu bisa bermain media sosial lagi. Tapi, sewajarnya saja, ya.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Self-Esteem, Jauh-jauh dari Media Sosial!

3. Menurunkan produktivitas dalam bekerja

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelasilustrasi bekerja (pexels.com/@ivan samkov)

Efek buruk selanjutnya jika lama-lama scrolling media sosial tanpa tujuan adalah bisa menurunkan produktivitas dalam bekerja. Bukannya menyelesaikan pekerjaan, tapi malah sibuk scrolling. Tentu, ini bisa membuat produktivitasmu jadi menurun.

Kamu jadi malas-malasan dalam bekerja, gak bisa menyelesaikan pekerjaan secara tepat waktu, dan fokusmu jadi terganggu. Yuk, bersikap profesional dengan pintar dalam menempatkan segala sesuatu dengan bijak. 

4. Bikin insecure

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelasilustrasi menangis (pexels.com/@cottonbro)

Kamu pernah insecure ketika melihat kesuksesan dan pencapaian orang lain yang ditampilkan di media sosial? Mungkin ini menjadi salah satu hal yang paling sering dirasakan hampir semua orang ketika bermain media sosial. Alhasil, banyak dari mereka yang merasa rendah diri.

Nah, kebiasaan membandingkan hidup dengan orang lain inilah yang membuat kamu jadi semakin terpuruk. Jika dirasa media sosial membuat mentalmu gak sehat, lebih baik batasi dulu penggunaannya atau istirahat dari dunia maya. 

5. Jadi gampang termakan oleh berita palsu atau hoaks

5 Efek Buruk saat Lama-lama Scrolling Media Sosial Tanpa Tujuan Jelasilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Hal terakhir yang sangat terasa adalah kamu jadi gampang termakan oleh berita palsu atau hoaks. Media sosial memang memudahkan kita dalam mencari sumber informasi. Semua sudah tersedia jawabannya di sana.

Namun dengan kemudahan tersebut, risiko yang memungkinkan kita termakan berita palsu itu pasti ada. Akibatnya pun fatal bahkan bisa menimbulkan perselisihan dan perpecahan. Maka untuk mengatasi hal tersebut selalu lakukan verifikasi kebenaran akan berita atau informasi yang didapat, ya. 

Itu dia lima efek buruk jika lama-lama scrolling media sosial tanpa tujuan yang jelas. Jika ingin bermain media sosial pastikan tidak melakukannya saat sibuk dengan pekerjaan, ya. Sebab hal tersebut bisa membuat produktivitas kamu menurun dan tidak profesional.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sering Curhat di Media Sosial, Pernah Begini?

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya