Comscore Tracker

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih Positif

yuk hindari agar hidupmu lebih tenang!

Emosi negatif seringkali dapat merugikan diri kita sendiri. Emosi yang tidak dikelola dan dikendaikan secara baik dapat mengakibatkan dampak buruk dan bisa mempengaruhi hidup seseorang. Maka dari itu kamu perlu mengatasi emosi negatif tersebut dan jangan sampai kamu dikendalikan olehnya agar hidup kamu bisa lebih bahagia.

Ketika emosi negatif tersebut muncul kamu harus kelola agar muncul menjadi emosi yang positif. Nah, apa saja bentuk emosi yang harus kamu hindari, yuk baca di bawah ini. 

1. Kecewa berlebihan terhadap suatu hal

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih PositifUnsplash.com/Christian Erfurt

Perasaan sedih, kecewa, terhadap suatu hal sangatlah wajar. Rasa kecewa tersebut muncul akibat apa yang kita harapkan tidak berjalan sesuai dengan semestinya dan keinginan kita. Namun, perasaan kecewa yang berlebihan hanya akan membuat hidupmu tidak tenang.

Kamu harus tahu kecewa karena kegagalan yang menimpamu saat ini bukanlah akhir dari hidup yang membuatmu harus kecewa berlebihan dan menyalahkan keadaan. Percayalah setiap kegagalan memiliki alasannya masing-masing. Maka dari itu berhentilah untuk kecewa berlebihan terhadap keadaan yang menimpamu saat ini. 

2. Sering marah-marah tanpa tahu penyebabnya

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih PositifPexels/Engin Akyurt

Selanjutnya yaitu emosi negatif sering marah-marah tanpa tahu penyebabnya. Setiap orang pasti pernah marah dan setiap amarah pasti ada penyebabnya entah karena pekerjaan yang tidak berjalan lancar, karena perbuatan yang tidak mengenakkan dari orang lain, atau karena mood yang tidak stabil.

Namun, jika kamu marah tanpa tahu penyebabnya hal ini hanya akan menggangu aktivitasmu hingga dapat menurunkan produktivitasmu saat bekerja. Maka dari itu, cobalah untuk berpikir lebih positif dan rileks. 

Baca Juga: 5 Cara Sehat Meredam Emosi Negatif Agar Tidak Meledak-ledak

3. Sedih yang berlarut-larut

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih Positifpexels.com/tess emily seymour

Dalam kehidupan perasaan sedih adalah hal lumrah yang dialami oleh banyak orang. Rasa sedih muncul ketika seseorang mengalami hal yang membuat hati dan perasaanya sakit dan terluka karena suatu hal.

Jangan biarkan perasaan sedih tersebut mengendap terlalu lama dalam hatimu yang akan membuat hidupmu semakin memburuk. Perasaan sedih akan membuat hormon endorfin hormon yang memicu rasa senang dan bahagia akan menurun.

4. Mood yang tidak stabil 

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih PositifUnsplash.com/kinga cichewicz

Pernah tidak kamu mengalami perubahan mood yang mendadak, sering moody tidak jelas, hingga tidak berselera untuk melakukan segala aktivitas? Well, mood yang tidak stabil hanya akan mempengaruhi segala aktivitasmu hingga menurunkan tingkat produktivitasmu dalam bekerja. Maka dari itu kamu harus pandai untuk mengelola mood tersebut agar tidak menganggu orang lain di sekitarmu. 

5. Stres yang berkepanjangan

5 Emosi yang Harus Kamu Hindari agar Menjadi Orang yang Lebih PositifUnsplash.com/Tim Gouw

Terakhir yaitu sering mengalami stres yang berkepanjangan. Stres sering terjadi diakibatkan tekanan berlebihan oleh keadaan, di mana diri kita tidak bisa mengontrol dan mengelolanya secara bijak.

Stres tanpa sebab yang tidak jelas juga sangat berbahaya maka kamu patut berhati-hati. Berusaha berpikir positif dalam setiap keadaan menjadi cara ampuh untuk mengendalikan perasaanmu agar menjadi lebih tenang dan bahagia. 

Itu dia 5 jenis emosi  yang harus kamu hindari agar menjadi orang yang lebih positif. Hadapilah setiap masalahmu dengan tetap berpikir positif, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Mengingkari sebuah Emosi Negatif Itu Tindakan Keliru

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Tipe orang yang jarang update story

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya