Comscore Tracker

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa Tua

Supaya kehidupan masa tuamu lebih bahagia 

Setiap orang menginginkan kehidupan yang bahagia di masa tuanya. Tinggal bersama anak cucu, tidak terlalu disibukkan dengan pekerjaan, dan bisa menikmati kehidupan yang lebih santai. Namun, kebahagiaan tersebut tidak bisa tercapai jika di usia produktif saja kita banyak melakukan gaya hidup dan kebiasaan yang buruk. 

Maka dari itu untuk menyiapkan kehidupan masa tua yang bahagia, kita harus menyiapkannya dari sekarang mulai dari persiapan finansial hingga kesehatan tubuh. Nah supaya kamu lebih berhati-hati, ini 5 hal yang berpotensi menjadi penyesalan di masa tua, baca artikelnya berikut.

1. Kebiasaan suka menunda pekerjan 

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa TuaPexels.com/Karolina Grabowska

Hal pertama yang bisa berpotensi menjadi penyesalan di masa tua yaitu kebiasaan untuk menunda dan suka menganggap remeh pekerjaan. Di usia produktifmu saat ini manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Misalnya nih ketika melakukan pekerjaan dari atasan segera kamu selesaikan dengan baik, jangan menunda apalagi mengerjakannya sering mendadak alhasil bisa membuat pekerjaan tersebut tidak terselesaikan secara maksimal. Kebiasaan menunda-nunda di usia muda inilah yang bisa berpotensi menjadi penyesalan di masa tua. 

2. Tidak memiliki tabungan 

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa Tuaunsplash.com/Annie Spratt

Jika saat ini kamu masih memiliki pekerjaan dan dianugerahi tubuh yang sehat untuk melakukan aktivitas, maka segera kamu persiapkan tabungan untuk masa tuamu. Sebab ketika kelak sudah tidak bekerja lagi, tabungan tersebut sangat bermanfaat untuk mencukupi kehidupan sehari-hari. Maka dari itu mulai sekarang persiapkan tabuangan untuk masa tuamu ya. 

3. Malas untuk berolahraga

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa Tuapexels.com/Tirachard Kumtan

Siapa nih dari kalian yang malas kalau disuruh olahraga? Semakin usia menua, membuat persendian dan otot menjadi melemah, daya tahan tubuh menjadi berkurang, dan timbul masalah kesehatan yang lain.

Maka dari itu mumpung masih usia produktif yuk jangan malas lagi untuk olahraga. Sempatkan waktumu sekitar 15 sampai 20 menit untuk sekedar olahraga ringan seperti jogging, jalan kaki, atau olahraga lainnya. Sehingga bisa membuat tubuh lebih bugar dan menghindarkan dari penyakit. 

4. Tidak memiliki asuransi

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa Tuapexels.com/cottonbro

Terlalu fokus dalam mengejar target-target di usia produktif, kita jadi lupa tidak menyiapkan asuransi untuk masa tua. Pasalnya asuransi adalah hal yang sangat penting untuk membantu kita di masa mendatang, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Dengan memiliki asuransi setidaknya kita akan mendapatkan keamanan finansial dan kesehatan di masa mendatang. 

Baca Juga: Hindari 6 Kebiasaan Ini Biar Gak Menyesal di Masa Tua 

5. Kurang memperluas jaringan pertemanan

Hindari, 5 Hal Ini Berpotensi Menjadi Penyesalan di Masa Tuapexels.com/fauxels

Terakhir yaitu kurangnya memperluas jaringan pertemanan di masa muda. Buat kamu yang masih memiliki usia produktif jangan ragu untuk memperluas pergaulan dengan orang lain dari berbagai bidang dan latar belakang. Sebab dengan memperbanyak jaringan pertemanan sejak usia muda, siapa tahu di masa mendatang bisa menjalin kerjasama berdua.

Itulah lima hal yang berpotensi dapat menimbulkan penyesalan di masa tua. Yuk mulai sekarang perbaiki kualitas hidupmu agar tidak menyesal di kemudian. Semoga bermanfaat ya! 

Baca Juga: Dahli Anggara: Menulis adalah Tips Jitu Antipikun di Masa Tua 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on ig: @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya