Comscore Tracker

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impian

#IDNTimesLife Apa saja ya?

Ngomongi cita-cita kalian semua pasti punya impian masing-masing bukan? Untuk mewujudkan impian tersebut sudah berapa besar usahamu untuk melakukannya, berapa banyak pengorbanan yang telah kamu keluarkan?

Hmm, dalam mencapai cita-cita gak ada ceritanya lho kalau cuma enak-enaknya doang. Butuh usaha, kerja keras, dan tentunya doa yang tidak ada putusnya. Nah, berikut 5 hal yang sering menjadi hambatan terbesar dalam mengejar impian. 

1. Terlalu memikirkan omongan orang

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impianunsplash.com/@Ben White

Hambatan terbesar pertama yaitu terlalu memikirkan omongan orang lain. Misalnya nih kamu mempunyai impian dalam mewujudkan sesuatu, tapi ada orang yang meremehkan impian tersebut, menjelek-jelekkan cita-citamu, dan meragukan kemampuan yang kamu miliki.

Perkataan orang tersebut jangan sampai mematahkan semangat dan ambisimu untuk mewujudkan impian. Tapi jika pendapat orang lain itu baik, gak ada salahnya juga untuk mempertimbangkan. Jadi, lebih pandai menyaring ucapan orang lain ya. 

2. Takut menghadapi kegagalan

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impianpexels.com/@Connor Gardenhire

Namanya sedang berjuang mengejar cita-cita, jatuh bangun, gagal, dan kecewa adalah hal yang biasa. Ketika kamu sudah memutuskan untuk memperjuangkan sesuatu, berjuanglah keras.

Jangan pernah takut menghadapi kegagalan. Sebab kalau kamu gak berani memperjuangkannya bagaimana impian tersebut bisa terwujud. Kegagalan adalah risiko, jangan biarkan dirimu terjebak oleh rasa takut karenanya. 

3. Gak punya rasa percaya diri

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impianunsplash.com/@Fernando Cabral

Salah satu hambatan terbesar dalam mengejar impian yaitu kita tidak mempunyai rasa percaya diri. Bagaimana bisa kamu mewujudkan impian tersebut kalau kamu tidak percaya dengan kemampuanmu?

Kamu sering meremehkan keadaan, insecure terhadap diri sendiri, dan gak percaya pada kemampuan yang dimiliki. Bangun rasa percaya diri tersebut pelan-pelan, dan yakin bahwa kamu bisa melakukannya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bersusah Payah Dulu dalam Mengejar Impian

4. Gak punya tekad atau ambisi

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impianunsplash.com/@ Aditya Saxena

Percaya deh setiap orang pasti punya impian dan cita-cita yang ingin dicapai, tapi gak semua orang memiliki ambisi dan tekad yang kuat untuk mewujudkannya. Misalnya nih kamu punya impian bisa punya rumah sendiri, tapi kamu gak mempunyai tekad besar untuk mewujudkan. Kamu masih malas-malasan bekerja, suka boros, gak mau menabung, dsb. Nah kalau hal itu terjadi apa mungkin cita-citamu bisa terwujud? 

5. Kendala terhadap keuangan

5 Hal Ini Sering Menjadi Hambatan Terbesar dalam Mewujudkan Impianpexels.com/Karolina Grabowska

Selain kendala di atas hal yang menjadi hambatan terbesar saat memperjuangkan cita-cita yaitu masalah keuangan. Gak jarang banyak orang harus mengubur impian karena terkendala dengan kondisi keuangannya.

Tapi jangan jadi orang yang mudah menyerah, kamu harus bisa berpikir kreatif untuk mencari solusi terbaik. Mungkin kamu bisa memulai cari kerja, membuka usaha kecil-kecilan, atau usaha apa pun itu untuk mendekatkanmu pada impian. 

Itulah guys 5 hal yang sering menjadi hambatan terbesar dalam mengejar impian. Dalam hidup gak ada ceritanya kalau cuma enak-enaknya doang, untuk mewujudkan impian kamu perlu kerja keras dan usaha yang maksimal. 

Baca Juga: Merasa Sering Gagal Mencapai Impian? 7 Hal Ini Harus Kamu Hilangkan  

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya