Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup 

Ayo kamu pasti bisa hadapi ini semua!

Hidup tidak hanya menjanjikan kesenangan semata, ada kalanya kita  jatuh, sakit dan menangis karena menghadapi kenyataan yang menyakitkan. Ada kiranya kita bisa begitu mudah menasihati orang lain untuk ikhlas, tapi nyatanya begitu sulit untuk melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadapi kenyataam yang menyakitkan adalah hal yang pasti, sebab roda hidup tidak selalu di atas yang menjanjikan kesenangan semata. Sampai saat ini banyak orang yang masih sulit mengikhlaskan sesuatu dalam hidupnya, terutama saat menerima kenyataan yang pahit. Nah, untuk itu lakukan hal ini saat kamu merasa sulit menerima kenyataan dalam hidup. 

1. Belajar untuk lebih berlapang dada

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup puxabay/JillWelington

Tidak semua hal bisa kita terima dengan baik, perasaan kecewa, marah, adalah hal yang wajar ketika kita sedang dihadapkan pada kepahitan hidup. Namun hal yang tidak wajar ketika kita terus-terusan menyesali diri dan menyalahkan keadaan. Ingat, jika kamu ingin hidup lebih tenang belajarlah untuk bersikap lapang dada dan ikhlas.

Bagaimana caranya? cobalah belajar untuk menerimanya, tanamkan sugesti bahwa semua hal yang terjadi atas segala izin dan kehendakNya. Hingga hatimu bisa lapang untuk menghadapi semua itu. 

2. Berhenti untuk menyalahkan diri sendiri dan keadaan

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup pixabay/Free-Photos

Mulai sekarang stop untuk menyalahkan diri sendiri dan keadaan. Ingat manusia di muka bumi ini tidak ada yang sempurna sebab setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan dan kealpaan. Kesalahan yang berujuang pada penyesalan. Akui jika memang kamu melakukan kesalahan itu dengan ber-lapang dada, kemudian berhenti untuk menyalahkan diri dan belajar untuk memaafkan dan menerimanya. Ayo bangkit, kamu pasti bisa menghadapi ini semua. 

3. Mulailah untuk lebih bersyukur

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup pexels.com/Te LensFix

Jika kamu terus-terusan menyesali diri dan menyalahkan semua pada keadaan, bagaimana kamu bisa lebih bersyukur dalam hidup? kalau sampai saat ini kamu suka membandingkan hidupmu dengan orang lain, kamu tidak akan pernah bisa untuk mengikhlaskan kenyataan yang ada. Bersyukurlah dalam segala hal, terima kegagalan dan keberhasilan yang sudah kamu lakukan sampai saat ini. Sebab hati akan lebih mudah ikhlas jika kita bersyukur. 

Baca Juga: 6 Fakta Eskapisme, Ketika Lari dari Kenyataan Diperlukan dalam Hidup

4. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup Pexels.com/ kelvin valerio

Gimana kamu bisa ikhlas menerima kenyataan dalam hidup jika masih suka membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain? Memang benar kata pepatah "rumput tetangga terlihat lebih hijau" yang bermakan manusia tidak pernah bisa merasa puas dan suka membandingkan dirinya dengan orang lain. Perjuangan dan jalan hidup setiap orang itu memiliki rintangan dan jalan terjalnya masing-masing, jadi memahami setiap keadaan dan menerimanya dengan baik adalah salah satu kunci agar kamu bisa menerima kenyataan walau sepahit apa pun itu. 

5. Selalu berpikir positif

5 Hal yang Harus Diingat saat Kesulitan Menerima Kenyataan Hidup pexels.com/ VisionPic .net

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan berpikir positif. Dengan berpikir positif kita akan lebih mudah menerima kenyataan dalam hidup dengan lapang dada. Berpikir positif juga merupakan kunci agar hidup lebih tenang dan bahagia. Banyak hal baik yang kita peroleh saat berpikir positif pikiran akan jauh lebih sehat dan tidak mudah stress. Anggap saja jika apa yang kamu inginkan belum terwujud, itu merupakan hal baik yang belum terjadi. Ketahuilah itu hanya soal waktu.

Itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan saat sulit menerima kenyataan dalam hidup. Roda hidup itu berputar ada kalanya kita di atas dan ada kalanya kita berada di bawah. Namun, hal yang harus kamu yakini sesudah kesulitan itu ada kemudahan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Menerima Kenyataan Bisa Membantumu Hidup Lebih Bahagia

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya