Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lain

#IDNTimesLife Setiap orang punya waktunya sendiri-sendiri

Apa yang membuatmu merasa insecure akhir-akhir ini? Merasa tertinggal dari teman-temanmu, belum bisa mencapai target yang ingin kamu capai, atau sedang iri melihat pencapaian orang lain?

Well, gak bisa ditampik memang seringkali kita merasa rendah diri ketika melihat orang lain lebih sukses daripada kita. Nah, jika sekarang kamu sedang iri melihat pencapaian orang lain, ini 5 hal yang harus kamu ingat.

1. Setiap orang punya masanya masing-masing

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lainunsplash.com/Pietra Schwarzler

Hal pertama yang harus kamu ingat ketika sedang iri melihat pencapaian orang lain yaitu, setiap orang punya masanya masing-masing pun termasuk dirimu. Ada yang usia 20 tahun sudah sukses di usia muda, ada yang masih berjuang mencari pekerjaan, masih kuliah, ada yang sudah menikah, dsb.

Kalau hari ini cita-citamu belum bisa terwujud sedangkan temanmu yang lain sudah sukses, tahanlah sebentar sadari bahwa setiap orang punya waktunya sendiri-sendiri. Jangan lupa tetap bergerak untuk mendekati cita-citamu.

2. Apa yang mereka lihatkan adalah hal yang baik-baik saja, kamu gak tahu pengorbanannya

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio

Hal selanjutnya yaitu apa yang temanmu perlihatkan di dunia nyata maupun maya adalah hal yang baik-baiknya saja. Kamu gak tahu bagaimana perjuangannya selama ini, usaha yang telah ia keluarkan, tekanan hidup yang harus ia hadapi, dan lainnya.

Kamu gak tahu sama sekali bagaimana perjuangannya selama ini, yang kamu tahu hanya sebagaian kecil tentang pencapaian yang telah ia raih. Jadi jangan merasa insecure duluan karena kita sendiri gak tahu bagaimana dibalik kehidupannya. 

3. Jadikan itu sebagai motivasi untuk berjuang lagi

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/Vlada Karpovich

Ketika merasa iri melihat pencapaian orang lain, gak ada salahnya untuk menjadikan itu sebagai motivasi untuk berjuang lagi. Daripada menghabiskan waktu untuk merasa rendah diri, insecure dengan keadaan, dan iri melihat kebahagiaan orang lain lebih baik jadikan itu sebagai motivasi untuk lebih giat dalam berjuang. Motivasilah dirimu untuk terus bergerak dalam mewujudkan impian.

Baca Juga: Wajib Waspada! 5 Tanda Nyata Orang Iri Sama Hidupmu

4. Jalan yang ditempuh setiap orang itu berbeda-beda

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lainunsplash.com/Peter Conlan

Berbicara tentang perjuangan, nyatanya setiap orang punya jalan yang berbeda satu sama lain. Ada yang harus berjuang dulu dari bawah, ada yang dilahirkan beruntung dari keluarga yang berada, ada yang begitu mudah mendapat pekerjaan, dsb.

Pasalnya, jalan yang ditempuh setiap orang itu berbeda, maka berbicara tentang hasil pasti punya waktunya masing-masing. Jangan samakan perjuanganmu dengan dirinya, sebab setiap orang punya prosesnya sendiri-sendiri.

5. Jangan terlena lebih baik fokus terhadap diri sendiri

5 Hal yang Harus Kamu Ingat ketika Iri Melihat Pencapaian Orang Lainpexels.com/@Min an

Ya daripada menghabiskan waktu untuk meratapi nasib dan iri melihat keberhasilan orang lain lebih baik manfaatkan waktumu untuk fokus terhadap diri sendiri. Fokus untuk meng-upgrade kemampuan, mempelajari hal baru, dan mengembangkan diri.

Jangan sampai menyesal karena terlalu fokus pada hidup orang lain, kamu jadi lupa pada diri sendiri yang harus diperhatikan. Jadi, buat kamu jangan pernah membandingkan diri dengan orang lain supaya targetmu bisa cepat tercapai. 

Saat melihat orang lain lebih sukses dan hebat dari kamu, jangan buru-buru merasa rendah diri dan membandingkan kehidupan yang kamu alami. Karena pada dasarnya setiap orang punya timing-nya masing-masing. 

Baca Juga: Cuma Bikin Rugi, 5 Alasan Kamu Gak Perlu Punya Sifat Iri

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya