Comscore Tracker

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkat

#IDNTimesLife Hidup jadi lebih bahagia

Setiap orang ingin memiliki hidup yang bahagia, di mana selalu diliputi oleh rasa damai dalam jiwa dan batinnya. Memiliki kedamaian batin merupakan keinginan semua orang sebab batin yang damai dapat membuat pikiran tenang, raga menjadi sehat, dan mental dapat terjaga.

Namun, gak semua orang mampu memiliki hal tersebut, lho. Nah, supaya batin dan hatimu lebih damai yuk lakukan 5 kebiasaan sederhana ini. 

1. Selalu bersyukur dalam kehidupan

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkatunsplash.com/freestocks

Kebiasaan pertama yang membuat kedamaian batinmu meningkat yaitu selalu bersyukur dalam kehidupan. Kamu bisa memulainya dari hal yang kecil seperti bersyukur masih punya badan yang sehat, masih bisa menghirup nafas, punya pekerjaan yang layak, dsb.

Pasalnya di luar sana masih banyak orang yang gak seberuntung kamu saat ini. Syukuri kehidupanmu sekarang, percaya deh batinmu akan terasa damai. 

2. Berbagi dengan orang lain

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkatpexels.com/RODNAE Productions

Kebiasaan selanjutnya yaitu membiasakan untuk berbagi dengan orang lain. Tidak semua orang mampu melakukan kebiasaan tersebut. Berbagi dengan sesama meskipun itu hal kecil seperti makanan, bisa menciptakan kepuasaan diri lho.

Memang terlihat sepele, tapi bagi mereka bisa amat bermakna. Jadi, jangan jadi orang yang pelit ya, sebab hidup akan lebih indah jika kita mampu berbagi dengan sesama.

3. Gak meletakkan harapan tinggi pada seseorang

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkatpixabay.com/skeeze

Ngaku saja kita pasti sering dikecewakan harapan. Kecewa tersebut hadir karena kita menaruh ekspetasi tinggi terhadap orang lain. Ekspektasi yang ternyata tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, alhasil kecewa yang sering kita rasa. 

Maka, jika kamu ingin meningkatkan kedamaian batin, mulai sekarang berhenti menggantungkan harapan pada orang lain. Sebab sebaik-baiknya tempat bergantung dan berharap yaitu pada Tuhan.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Bikin Kamu Gak Bahagia Menjomblo, Jangan Lakukan! 

4. Belajar menerima keadaan

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkatpixabay.com/TheVirtualDenise

Kebiasaan selanjutnya yaitu belajar untuk menerima keadaan. Hal ini bukan berarti mengajarkan kita untuk pasrah dan berpangku tangan, tetapi ada kalanya untuk mencapai kedamaian batin kita harus belajar menerima apa adanya bagaimana keadaan kita.

Lepaskan hal-hal apa yang kamu sendiri gak punya kuasa untuk mengatasi dan mengubahnya. Dengan begitu beban yang selama ini menumpuk bisa terlepas dan menghindarkanmu dari stres.

5. Senantiasa berbuat baik pada sesama

5 Kebiasaan Sederhana yang Membuat Kedamaian Batinmu Meningkatpixabay.com/5540867

Terakhir yaitu senantiasa untuk berbuat baik kepada sesama. Gak ada gunanya bersikap kasar, egois, dan jahat pada orang lain, hal itu hanya akan membuat citramu menjadi buruk.

Berbuat baiklah selagi masih hidup, jangan ragu menolong terhadap mereka yang membutuhkan, gak lupa untuk berbagi, dan lakukanlah kebaikan secara konsisten. Dengan begitu hidupmu akan terasa damai. 

Itulah 5 kebiasaan sederhana yang bisa meningkatkan kedamaian batinmu. Memiliki kedamaian dalam jiwa dan raga menjadi salah satu cara hidup bahagia. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Orang yang Terlihat Bahagia Belum Tentu Bahagia

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya