Comscore Tracker

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaan

Jangan putus aja ya!

Kehilangan pekerjaan menjadi hal yang sangat memilukan sekaligus menyedihkan. Kehilangan pekerjaan tersebut seakan membuat duniamu menjadi runtuh seketika. Apalagi pekerjaan tersebut sudah digeluti bertahun-tahun dan kamu menjadi tulang punggung keluarga. 

Pastinya hal tersebut sangat berdampak pada kondisi ekonomi di keluargamu. Rasa galau, sedih, dan terpuruk pasti kamu alami. Namun daripada terus-terusan terpuruk, yuk mulai sekarang bangkit dengan melakukan 5 hal berikut ini

1. Mengatur keuanganmu

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Karolina Grabowska

Setelah kehilangan pekerjaan, sementara waktu kamu menjadi tidak berpenghasilan dan pendapatan menjadi berkurang. Maka dari itu perlu kamu perhatikan untuk menghemat pengeluaranmu. Buat skala prioritas supaya kamu mengetahui apa saja kebutuhan yang paling mendesak untuk segera kamu penuhi. Selain itu jangan membeli sesuatu hanya karena keinginan sesaat dan bukan karena kebutuhan. 

2. Bersiap untuk mencari pekerjaan baru

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaanunsplash.com/ Muhammad Raufan Yusup

Merasa sangat sedih sekaligus memilukan pasti kita alami saat baru saja kehilangan pekerjaan. Namun, apakah kamu akan berlarut-larut terjebak dalam perasaan tersebut, yuk mulai semangat dan bangkit lagi untuk mencari pekerjaan baru.

Nah ada banyak sekali cara untuk menemukan lowongan pekerjaan tersebut, termasuk mencari melalui akun lowongan pekerjaan seperti LinkedIn, Jobstreet, Sribulancer atau bekerja secara freelance.

Baca Juga: 5 Pesan Positif untukmu yang Kehilangan Pekerjaan Akibat COVID-19 

3. Mengumpulkan dana darurat

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaanpexels.com/Artem Beliaikin

Saat masih memiliki pekerjaan, penting untuk kita mengumpulkan yang namanya dana darurat. Dana darurat tersebut akan sangat membantu untuk kebutuhan yang tidak terduga di masa depan, salah satunya ketika kita kehilangan pekerjaan seperti saat ini. Dana tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari di tengah kamu berusaha untuk mencari pekerjaan baru.

4. Buka kembali jaringan dan relasimu

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaanpexels.com/fauxels

Menjalin kembali networking dan relasi pertemananmu adalah hal yang sangat penting. Jangan biarkan ketika keluar dari pekerjaan lantas dirimu menghilang tanpa jejak. Hubungi teman-temanmu dan jalin komunikasi dengan mereka, supaya kamu tetap mendapatkan informasi mengenai lowongan pekerjaan. Selain itu kamu juga bisa meminta bantuan pada mereka untuk dicarikan pekerjaan yang sekiranya cocok denganmu. 

5. Mengasah skill

Jangan Stres, Lakukan 5 Hal Ini Ketika Baru Saja Kehilangan Pekerjaanpexels.com/@Andre Furtado

Jangan pernah batasi dirimu untuk meningkatkan kualitas diri. Saat satu pintu pekerjaan telah tertutup, bukan berarti pintu lainnya ikut juga. Kehilangan pekerjaan saat ini, jadikan kesempatanmu untuk terus mengasah skill dan kemampuan sehingga kamu bisa berkembang di bidang yang lain. Teruslah untuk produktif dan buatlah kesibukan dengan mempelajari hal baru yang belum pernah kamu coba sebelumnya. 

Kehilangan pekerjaan bukan berarti akhir dari hidupmu. Maka dari itu yuk bangkit dan bersiaplah untuk mencari pekerjaan baru yang lebih baik lagi. 

Baca Juga: 10 Cara Membangun Harapan & Percaya Diri Setelah Kehilangan Pekerjaan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya