Comscore Tracker

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lain

Siapa nih yang suka begitu?

Hayo siapa nih dari kalian yang masih suka meremehkan dan mengecilkan masalah yang dihadapi orang lain? Ketika temanmu sedang curhat, kamu selalu menanggapi dengan kalimat "kamu mah masih mending, coba jadi aku....". Kebiasaan yang satu ini jangan dibiarkan ya, karena bisa membuat temanmu gak nyaman untuk curhat. 

 
Niat hati ingin berbagi keluh kesah, kamu malah adu nasib dengannya, jadi sebel bukan? Maka dari itu baca lima alasan kenapa kamu tidak boleh meremehkan dan mengecilkan masalah orang lain. 

1. Setiap orang punya kemampuan yang berbeda dalam menghadapi masalah

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lainpexels.com/@Anna Shvets
Alasan pertama yaitu setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda ketika menghadapi masalah. Masalah yang kamu anggap sepele dan kecil bukan berarti temanmu menganggapnya demikian, bisa jadi itu masalah besar dan berat baginya. Oleh karena itu jangan suka membanding-bandingkan, karena setiap orang punya caranya sendiri-sendiri untuk menyelesaikannya.

2. Tidak semua orang mampu menghadapi masalah yang kamu anggap itu kecil

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lainunsplash.com/@Brooke Cagle
Selanjutnya yaitu tidak semua orang mampu menghadapi masalah yang mungkin kamu anggap itu kecil. Setiap orang punya pandangan sendiri-sendiri, kita tidak bisa menyamaratakan. Masalah yang kamu anggap sepele, belum tentu dipandang demikian oleh orang lain pun juga sebaliknya. Maka ketika teman sedang curhat cukup dengarkan saja, jika ia meminta pendapat kasih saran yang terbaik bukan malah menyepelekan masalah yang ia alami.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Boleh Sembarang Mengambil Amanah dari Orang Lain

3. Kamu tidak tahu seberapa besar usaha yang ia lalui

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lainpexels.com/Andrea Piacquadio
Alasan selanjutnya kenapa tidak boleh mengecilkan masalah orang lain yaitu, karena kamu tidak tahu seberapa besar usaha  yang ia lalui dalam menyelesaikan masalahnya tersebut. Hey, dia cerita masalahnya karena ia percaya kalau kamu adalah teman dan pendengar yang baik, maka jangan rusak momen tersebut dengan meremehkan dan mengecilkannya. Karena bisa jadi masalah yang ia hadapi sangat memberatkan pikiran dan tenaga.

4. Sebab kamu tidak tahu apakah masalah yang ia hadapi hanya satu saja

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lainpexels.com/@JESSICA TICOZZELLI
Kamu tidak akan pernah tahu masalah yang dihadapi orang lain kalau ia tidak menceritakannya. Masalah kecil akan jadi berat apabila masih mempunyai banyak masalah lain yang belum diselesaikan. Barangkali ia punya masalah yang tidak hanya satu saja, namun ia tidak menunjukkan padamu. Maka dari itu jangan pernah menganggap sepele apa yang sedang ia rasakan. 

5. Setiap orang punya ketahanan mental yang berbeda-beda

5 Alasan Jangan Pernah Mengecilkan Masalah yang Dihadapi Orang Lainpexels.com/pixabay
Alasan terakhir yaitu karena setiap orang punya ketahanan mental yang berbeda-beda. Barangkali kamu cukup kuat mental dan fisik dalam menghadapi beberapa masalah sekaligus, tapi bagaimana dengan orang lain? Mungkin ada yang kuat tapi di lain sisi banyak orang yang bisa mudah mengalami tekanan atau stres ketika dihadapkan sebuah cobaan.  
 
Dia berbeda dengan dirimu, jadi jangan pernah menyamakan semuanya. Kalau kamu gak bisa membantu, setidaknya jangan jadi orang toxic yang suka meremehkan masalah orang lain.

Gak semua orang kayak kamu. Kalimat itu bisa kamu jadikan mantra agar gak selalu membandingkan masalah orang lain dengan masalahmu. Mengecilkan curhatan tentang permasalahan orang lain gak akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik kok.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kita Gak Boleh Menyepelekan Masalah Orang Lain

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya