Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lain

Yuk, berbuat baik! 

Dalam hidup kita selalu dianjurkan untuk melakukan hal baik. Hal baik yang bermanfaat terhadap diri kita dan orang lain. Dengan saling menebarkan kebaikan akan membuat hidup kita dipenuhi dengan aura positif. Sebab, perbuatan baik yang kita lakukan terhadap orang lain tidak akan pernah dilupakan oleh seseorang.

Oleh karenanya, lakukan hal positif mulai dari hal terkecil seperti saling menghargai pendapat orang lain di sekitar kita, membantu orang lain yang sedang kesusahan, atau hal baik lainnya.

Nah, kenapa sih kita harus melakukan hal tersebut? Berikut 5 alasan kenapa kita harus menularkan kebaikan terhadap orang lain.

1. Akan membuat diri kita terbiasa berpikir positif 

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lainunsplash.com/ Vinicius Wiesehofer

Alasan pertama kenapa kita harus menularkan kebaikan terhadap orang lain yaitu kita jadi terbiasa untuk berpikir positif. Saat melakukan hal baik itu merupakan salah satu bukti bahwa kita peduli dan cinta terhadap orang lain.

Terbiasa untuk berbuat baik akan membuat pikiran dan perbuatan kita mengarah pada hal-hal positif karena selalu memandang segala hal dari sisi baiknya. So, jangan lupa untuk menebar kebaikan, ya!

2. Suatu kebaikan akan mendatangkan kebaikan pula

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lainpexels.com/Buro Millennial

Alasan selanjutnya yaitu yakinlah suatu kebaikan yang kamu lakukan selama ini akan dibalas dan mendatangkan kebaikan pula di masa mendatang. Salah satunya dengan saling membantu terhadap orang lain di lingkungan sekitar. Sebab, kebaikan yang kamu lakukan terhadap orang di sekitarmu akan menggugah dan membuat orang lain termotivasi untuk melakukan hal baik lainnya. 

Baca Juga: 5 Kebaikan Sederhana yang Justru Berpengaruh Positif pada Orang Lain

3. Akan menciptakam hubungan yang akrab 

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lainpixabay/rawpixel

Kenapa kita harus berbuat baik? Salah satu alasannya dengan berbuat baik kita akan menciptakan hubungan yang harmonis dan akrab terhadap orang lain. Dengan menebar kebaikan terhadap orang lain akan membantumu untuk berinteraksi dan bersosialisasi terhadap orang di sekitarmu sehingga membuat hubunganmu dengan orang lain semakin akrab dan harmonis. Hal itu menjadi salah satu cara untuk menjaga relasi terhadap sesama. 

4. Kamu akan merasa bahagia

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lainpixabay/TheVirtualDenise

Tahu tidak salah satu cara agar hidup bahagia yaitu dengan berbuat baik terhadap sesama. Namun, rasa bahagia tidak hanya untuk orang lain tapi juga untuk diri kita sendiri tentunya. Berbuat baik akan membuat tindakan kita diliputi dengan aura positif yang berdampak pada suasana hati yang menjadi bahagia sehingga dapat mengatasi stres dan dapat mengatasi perubahan mood yang tidak stabil. 

5. Berbuat baik itu mendatangkan kebermanfaatan

5 Alasan Kenapa Kita Harus Menularkan Kebaikan terhadap Orang Lainpixabay/Free-Photos

Terakhir kenapa kita harus berbuat baik karena berbuat baik akan mendatangkan suatu kebermanfaatan. Bukankah setiap agama menyuruh kita melakukan hal baik di mana berbuat baik tersebut akan mendatangkan manfaat dan kebahagiaan terhadap diri sendiri dan orang lain.

Selain itu, dalam hidup di lingkungan sekitar, kita dianjurkan juga selalu menebar aura positif dengan cara hidup saling rukun dan menghargai satu sama lain. 

Itulah 5 alasan kenapa kita harus menularkan kebaikan terhadap orang lain. Ingat, ya hal baik akan mendatangkan hal baik pula.

Baca Juga: 5 Hal yang Menghambatmu Konsisten dalam Berbuat Kebaikan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on ig: @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya