Comscore Tracker

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lain

Jangan terlalu mengandalkan supaya tidak menelan kekecewaan

Dalam kehidupan sosial setiap orang pasti membutuhkan satu sama lain, karena memang tidak ada manusia yang bisa hidup sendiri. Namun terkadang hal itu membuat kita jadi selalu bergantung dan tanpa disadari jadi sering merepotkannya.

Orang yang sering merepotkan seperti ini tentu membuat yang lain jadi merasa terganggu dan risih. Nah, supaya hal tersebut gak terjadi padamu, berikut lima hal yang harus kamu perhatikan supaya tidak selalu merepotkan orang lain

1. Belajar melakukan sesuatu sendiri

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lainseorang wanita (pexels.com/@stephan seeber)

Cara pertama supaya tidak selalu merepotkan orang lain adalah dengan belajar melakukan sesuatu sendiri. Sebelum minta bantuan, apabila kamu bisa melakukan dan menyelesaikan tanggung jawabmu sendiri maka lakukanlah.

Bukan bermaksud anti sosial dan terkesan tidak membutuhkan orang, namun hal ini dilakukan supaya orang lain tidak merasa direpotkan. Jangan enak sendiri dengan sedikit-sedikit mengandalkan orang lain terhadap hal kecil sekali pun. 

2. Minta tolong apabila memang sangat dibutuhkan

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lainpasangan lagi ngobrol (pexels.com/@SHVETS production)

Supaya tidak selalu merepotkan orang lain, adakalanya kamu harus paham bahwa tidak semua hal bisa kamu sandarkan pada mereka. Minta tolonglah apabila sudah sangat dibutuhkan. Jika sebelumnya kamu bisa melakukannya tanpa bantuan orang maka lakukanlah. 

Ingat setiap orang memiliki kesibukannya masing-masing dan kamu tidak bisa terus  mengandalkan mereka, maka belajarlah menyelesaikan masalahmu sendiri. 

3. Berhenti merasa jadi orang yang paling menderita

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lainwanita sedang duduk (pexels.com/@Engin Akyurt)

Berbicara tentang masalah setiap orang pasti memiliki problem dalam hidupnya. Entah itu permasalahan biasa hingga rumit sekali pun. Maka supaya tidak selalu merepotkan orang lain yaitu berhentilah merasa jadi orang yang paling menderita.

Ketika terjadi masalah jangan merasa si paling tersakiti hingga berharap semua orang tahu dan langsung membantu. Ingat hidup tidak akan terus berputar padamu, maka kamu harus membiasakan melakukan apa-apa sendiri. 

Baca Juga: 5 Faktor yang Membuat Pekerjaanmu Terasa Merepotkan, Segera Atasi!

4. Kamu tidak bisa terus bersandar pada orang lain

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lainwanita sedang berdiri (pexels.com/@Ron Lach)

Memang benar kita hidup akan selalu bergantung dengan orang lain, sebab manusia adalah makhluk sosial yang akan selalu berhubungan satu sama lain. Namun kamu harus paham bahwasanya tidak semua orang bisa terus kamu andalkan keberadaannya.

Orang lain memiliki kehidupan dan kesibukannya sendiri meskipun itu orang terdekatmu sekali pun. Maka pahami apabila dia tidak bisa membantu jangan pernah memaksanya. 

5. Malas menyelesaikan masalah sendiri membuatmu rugi 

5 Hal Harus Diperhatikan supaya Tidak Merepotkan Orang Lainseorang perempuan (pexels.com/@Mixu)

Selain empat hal di atas hal yang harus kamu perhatikan supaya tidak merepotkan orang lain adalah, menyadari bahwa membiarkan rasa malas dalam menyelesaikan masalah hanya membuatmu rugi. Ya bagaimana tidak, jika apa-apa selalu mengandalkan orang lain, bagaimana kamu bisa mandiri ketika dihadapkan suatu persoalan? 

Ingat orang tidak akan selalu ada di samping kita, maka kamu harus menguatkan mentalmu untuk menyelesaikan masalah sendiri. Jangan malas karena sebenarnya tidak ada yang bisa kita andalkan selain diri sendiri. 

Kelima hal di atas harus kamu perhatikan supaya tidak merepotkan orang lain. Seberapa banyak kita punya teman, kita gak bisa terus mengandalkan dan merepotkan keberadaannya. 

Baca Juga: 5 Konsekuensi Hobi Bikin Acara Dadakan, Merepotkan Orang!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya