Comscore Tracker

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Ini

#RamadanMasaKini Kalau ngabuburit, kamu suka ngapain?

Ngabuburit tidak terlepas dari bulan puasa. Umumnya ngabuburit dilakukan menjelang buka puasa dengan cara berburu takjil dan makanan untuk dimakan saat berbuka tiba.

Tapi, selain mengisi waktu ngabuburit dengan berburu takjil kamu bisa lho mengisi waktumu dengan 8 kegiatan positif ini. Dijamin kegiatan berikut bisa mengalihkan rasa lapar dan dahaga, selain itu kamu juga bisa mendapat pahala di dalamnya. 

1. Tadarus Quran

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/Pexels

Sambil nunggu waktu buka puasa, yuk isi waktumu dengan tadarus Quran. Bulan Ramadan ini dianjurkan untuk banyak-banyak baca Quran loh. Dengan membaca Quran kamu akan mendapat pahala yang berlipat di dalamnya. Dengan begitu ngabuburitmu bermanfaat dengan menjalankan ibadah secara optimal. 

2. Mendatangi kajian di masjid

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/husainbawa1

Selain membaca Quran, kegiatan lain yang bisa mengisi waktu ngabuburitmu adalah mendatangi kajian di masjid.

Saat bulan puasa seperti ini masjid banyak mengadakan kajian rutin yang diadakan sebelum adzan maghrib yangsetelah itu akan dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

Selain mendapat pahala, kamu juga mendapat ilmu baru ketika rutin datang kajian. So, manfaatkan moment-moment seperti ini. 

3. Menonton TV atau film

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/mojzagrebinfo

Mengisi waktu ngabuburit dengan menonton televisi atau film adalah kegiatan favorit yang paling sering dilakukan. Manfaatkan waktu tersebut dengan berkumpul bersama keluargamu.

Sambil nunggu waktu buka puasa dengan menonton TV, kamu bisa menikmati waktu bersama keluarga dengan ngobrol atau berbincang ringan. Sehingga kesan hangat dalam keluarga akan tercipta. 

4. Olahraga ringan

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Iniunsplash/Curtis MacNewton

Bulan puasa jangan malas-malasan ya guys. Sambil nunggu bedug maghrib, kamu bisa loh mengisi waktumu dengan berolahraga ringan seperti jogging, jalan-jalan santai, yoga, dan olahraga yang tidak banyak menguras energi.

Sisihkan waktumu sebentar untuk berolahraga, sebab kita harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap berstamina saat menjalankan ibadah puasa. 

Baca Juga: 5 Tempat Ngabuburit Asyik di Tangerang, Apa Saja?

5. Memasak menu berbuka

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipexels.com/Adrian Dorobantu

Waktu sore hari adalah momen yang tepat untuk memasak menu buka puasa. Kamu bisa mengisi waktu ngabuburit dengan memasak bareng ibumu. Pasti kegiatan tersebut sangat seru dan menyenangkan apalagi saat menyiapkan menu berbuka andalan kelurga.

Selain itu, memasak bareng ibu adalah momen dimana kamu bisa belajar banyak tentang makanan sehingga kemampuan memasakmu lebih meningkat. 

6. Membaca buku

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/klimkin

Kamu hobi baca buku? Daripada melakukan kegiatan yang tidak berfaedah, mending baca buku saja. Kamu bisa menyiapkan bacaan berupa novel, buku non fiksi, serta bisa membaca artikel atau berita di media online.

Selain itu kamu juga bisa membaca di perpustakaan daerah. Alhasil waktumu akan bermanfaat sekaligus ilmumu akan bertambah.

7. Jualan takjil

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/chosang

Kalau selama ini kamu sering beli takjil, kenapa tidak kamu coba dengan berjualan takjil saja?

Untuk kamu yang hobi bisnis, menjual takjil untuk berbuka puasa adalah suatu peluang yang sangat menguntungkan loh. Kamu bisa menjual jajanan seperti gorengan, kolak, es buah dan hidangan lainnya.

Tidak butuh banyak tempat, kamu bisa menjajakan di depan teras rumah atau di pinggir jalan sehingga Ramadan bisa mendatangkan banyak rezeki jika kamu bisa memaksimalkan peluang yang ada. 

8. Hunting foto suasana Ramadan

Selain Berburu Takjil, Isi Waktu Ngabuburitmu dengan 8 Hal Inipixabay/Free-Photos

Mengisi waktu ngabuburit dengan hunting foto bisa nih kamu coba. Apalagi jika kamu mempunyai hobi fotografi, pasti kegiatan ini sangat menyenangkan.

Sambil menunggu bedug maghrib, kamu bisa mengabadikan setiap momen unik khas Ramadan. Hasil jepretanmu bisa kamu upload di media sosial sebagai sumber informasi tentang wisata kuliner Ramadan. 

Itu dia 8 kegiatan yang bisa mengisi waktu ngabuburitmu. Kalau kamu suka mengisi waktu ngabuburit dengan kegiatan apa guys? 

Baca Juga: [LINIMASA] Data dan Fakta Arus Mudik Lebaran 2019

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Kuliah yang menyambi dengan kuli tinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You