Comscore Tracker

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmu

Jangan dilakukan ya #IDNTimesLife

Kamu pernah bertanya-tanya gak seiring berjalannya waktu merasa gak punya teman dekat. Kalau pun ada kamu merasa orang yang kamu anggap teman itu tidak tulus, dan mereka gak pernah nyaman berteman denganmu.

Namun, jangan langsung menyalahkan orang lain. Lebih baik introspeksi diri, jangan-jangan karena sikapmu sendiri yang membuat orang lain jadi malas berteman. Nah, daripada penasaran, berikut lima sifat yang membuat orang lain jadi menghindar dan malas berteman denganmu.

1. Kamu tipe orang yang egois

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmuteman sedang berbincang bersama (pexels.com/cottonbro)

Sifat pertama yang membuat orang lain jadi enggan berteman denganmu, yaitu kamu tipe orang yang egois. Kamu hanya bisa mementingkan diri sendiri dan tidak pernah mau kalah dari orang lain.

Ketika teman memberi masukan atau kritik, misalnya gak pernah kamu dengarkan dan hanya dianggap sebagai omong kosong doang. Nah, karena sikap egoismu yang sulit menerima kritik dan cenderung suka memaksakan kehendak inilah mereka jadi berpikir ulang untuk mengajakmu berteman. 

2. Kamu adalah sosok yang suka merendahkan orang lain

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmuwanita sedang ngbrol (pexels.com/@Sarah Chai)

Siapa juga yang mau berteman dengan tipe orang yang suka merendahkan orang lain. Menganggap dirinya paling "wah" dan menilai orang lain tidak ada apa-apanya. Hal inilah membuat mereka jadi ragu apakah kamu bisa dijadikan sebagai teman. 

Padahal, nih setiap orang punya nilai dan kapasitasnya masing-masing. Apa yang kamu kira dia gak bisa apa-apa, siapa tahu dibelakangmu ia punya hal besar tapi memang tidak mem-publish-nya saja.

3. Cuma bisa ngomong tapi minim tindakan

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmuwanita sedang duduk berdua (pexels.com/karolina grabwoska)

Kamu sangat pandai dalam berbicara, menebar janji ini itu, namun sayangnya cuma hobi ngomong tapi minim tindakan. Saat ada janji, susah sekali untuk menepati. Selain itu apa yang kamu bicarakan gak bisa konsisten. Hari ini bilang apa, tapi besok bilang apa. 

Ya, bisa dikatakan kamu cuma jago ngomong doang. Wah, kalau sudah begini pasti mereka gak mau punya teman sepertimu. Jadi, berusahalah untuk konsisten dalam berbicara dan jika ada janji selalu menepati, ya.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Berteman denganmu karena Ada Maunya

4. Sering lupa teman di mana datang kalau ada butuhnya doang

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmuwanita sedang berbicara (pexels.com/fauxels)

Sikap selanjutnya yaitu, kamu adalah tipe orang yang ingat teman kalau ada butuhnya doang. Saat senang dan hati sedang bahagia jangankan bisa berbagi kebahagiaan, ingat teman sendiri saja enggak. Namun, giliran sedang susah, butuh uang, sedang sedih, sambat ke temanmu.

Padahal yang namanya persahabatan itu adalah orang yang selalu berusaha ada saat suka dan duka. Maka supaya orang gak malas berteman denganmu, jangan datang kalau ada butuhnya doang. Kalau teman sedang ada masalah bantu juga cari jalan keluar dan jangan egois sendiri.

5. Tidak menjadi diri sendiri

Hati-Hati, 5 Sifat Ini Membuat Orang Lain Jadi Malas Berteman denganmuwanita sedang merenung (pexels.com/ Keenan Constance)

Poin terakhir sifat yang membuat orang lain jadi enggan berteman, yaitu kamu adalah orang yang gak bisa menjadi diri sendiri. Kadang, nih demi pengakuan dan pujian dari orang lain, kita rela memakai "topeng" supaya mereka mengakui keberadaanmu. Padahal mereka bakal senang kalau kamu mampu menjadi diri sendiri. 

Di mana bisa menjadi orang yang apa adanya, tanpa harus memenuhi ekspetasi orang lain. Dengan demikian kamu bisa mudah mendapat teman yang tulus. 

Mungkin kalau sikap tersebut merupakan sifat bawaan rasanya sulit untuk dihilangkan. Tapi gak apa-apa, berusahalah untuk mengurangi, supaya orang lain yang mau berteman denganmu pun jadi nyaman.

Baca Juga: Friendly! 6 Tanda Kamu Orang yang Mudah Berteman dengan Siapa Saja

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya