Comscore Tracker

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmu

#IDNTimesLife Apa saja ya?

Dalam hidup ada saja orang yang tidak menyukai dan cemburu terhadap kehidupan kita. Entah iri terhadap pekerjaan, terhadap pencapaian yang berhasil kita raih, hingga terhadap materi yang kita punya. Biasanya orang yang suka iri melihat pencapaian orang lain itu tandanya ia tidak bahagia terhadap hidupnya selama ini.

Ia merasa gak senang ketika kamu berhasil melakukan sesuatu. Nah, supaya lebih waspada, yuk ketahui lima tanda nyata temanmu gak suka dan iri terhadap pencapaianmu. 

1. Selalu ingin lebih dari kamu

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmuwanita sedang ngobrol (pexels.com/@Alexander Suhorucov )

Tanda pertama bahwa teman sebenarnya iri dan gak suka terhadap kehidupanmu yaitu, ia selalu ingin lebih dari kamu. Ketika kamu berhasil beli sesuatu dia akan ikut-ikutan beli yang sama, tidak mau kalah, dan selalu ingin terlihat lebih hebat.

Ia akan menonjolkan apa kelebihan yang ia miliki, dan selalu membanggakan dirinya sendiri. Padahal cemburu terhadap kehidupan orang lain hanyalah buang-buang waktu dan gak ada gunanya sama sekali, maka gak perlu kamu tanggapi orang seperti dirinya. 

2. Memberi pujian yang palsu

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmuteman perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Tanda selanjutnya bahwa temanmu cemburu terhadap pencapaianmu selama ini yaitu, ia memberi pujian palsu. Di depanmu ia berlagak sok perhatian, selalu mendukung apa yang kamu lakukan, dan memberi pujian ketika kamu berhasil melakukan sesuatu.

Namun di belakang, ia suka menjelek-jelekkanmu pada orang lain, bergosip, dan diam-diam ingin menjatuhkan. Orang seperti ini dipenuhi dengan kepalsuan dan bermuka dua, di depan terlihat baik namun ia berusaha menusukmu dari belakang. 

3. Suka bersaing

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmuteman iri (pexels.com/@crina doltu)

Poin selanjutnya yaitu ia memiliki jiwa kompetitif yang tinggi. Memiliki sifat suka berkompetisi adalah hal yang bagus jika digunakan untuk hal-hal yang positif.

Namun akan menjadi tidak baik apabila sikap tersebut digunakan untuk bersaing dengan pencapaian orang lain, apalagi dengan menghalalkan segala cara untuk meraihnya. Ia gak mau kalah terhadapmu, maka ia melakukan apapun supaya bisa mengungguli pencapaianmu selama ini. 

Baca Juga: Sering Gak Disadari, 5 Dampak Buruk Rasa Iri Menurut Islam

4. Tertawa bahagia ketika melihatmu gagal

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmudua wanita berbicara (pexels.com/@EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ketika melihatmu berhasil ia tidak suka, namun kalau kamu gagal dalam mewujudkan sesuatu ia akan tertawa bahag. Ia diam-diam tersenyum melihatmu kesusahan, di depan memang terlihat support dan memberimu kata-kata semangat namun ia sebenarnya sedang menertawakan posisimu sekarang.

Waduh teman yang seperti ini sebaiknya kamu hindari saja, sebab bisa membuat hidupmu jadi gak bahagia. So, hindari ya!

5. Suka meremehkanmu

5 Tanda Nyata Temanmu Gak Suka dan Iri Terhadap Pencapaianmuteman ngobrol (pexels.com/@William Fortunato)

Tanda nyata terakhir bahwa temanmu tidak suka dan iri melihat pencapaianmu yaitu, ia suka meremehkan. Ketika kamu bercerita mengenai target atau impian yang ingin dicapai, dia selalu meragukan dan membunuh sikap optimismu.

Selain itu ia akan memengaruhimu bahwa sebenarnya kamu tak cukup baik dalam melakukan sesuatu. Hal itu dilakukan supaya kamu gak berkembang maju dan pesimis terhadap cita-cita masa depan. Jadi, hati-hati ya terhadap tipe teman seperti ini jangan sampai kamu terjebak tipu dayanya.

Pada dasarnya pertemanan yang sehat itu adalah teman yang saling mendukung terhadap kehidupan masing-masing. Bukan malah bersaing ini itu untuk membuktikan siapa yang paling unggul. So, semoga kamu dijauhkan tipe teman yang seperti ini. 

Baca Juga: Jangan Iri, Ini 5 Alasan untuk Merayakan Kesuksesan Orang Lain 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya