Comscore Tracker

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lain

Jangan sampai membuatmu menyesal 

Pernah gak tanpa sadar kebaikan yang kamu lakukan selama ini dimanfaatkan oleh orang lain? Mereka melakukannya demi mengambil keuntungan pribadi darimu hingga pada akhirnya membuat kita jadi rugi sendiri.

Kehidupan yang seharusnya bisa berjalan baik justru kamu terjebak pada situasi yang terus dikendalikan oleh orang lain. Sebenarnya apa sih penyebab kenapa kamu mudah dimanfaatkan, berikut ulasannya. 

1. Kamu selalu saja mengiyakan ajakan orang lain 

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lainpexels.com/Polina Zimmerman

Nah salah satu penyebabnya yaitu kamu selalu saja mengiyakan ajakan orang lain. Bagimu mengatakan tidak adalah suatu hal yang sulit. Ketika orang lain meminta bantuan pekerjaan terhadapmu misalnya, kamu selalu berkata "iya" dan cenderung mengabaikan kepentingan pribadi.

Padahal kamu sendiri mengalami kerepotan terhadap pekerjaan tersebut. Jika hal itu kamu biarkan, bukan tidak mungkin orang lain akan terus membebanimu.  

2. Terlalu baik terhadap semua orang 

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lainpexels.com/August de Richelieu

Menjadi orang baik dan bermanfaat terhadap orang lain itu harus. Namun, hal itu dapat membuat kita jadi rugi ketika kamu menjadi sosok yang "terlalu baik" terhadap semua orang.

Pasalnya seiringnya kamu bersikap terlalu baik, kamu jadi lupa untuk memikirkan diri sendiri. Bagimu kepentingan orang lain adalah hal yang paling utama untuk kamu lakukan. Hingga sifat seperti ini akan membuat orang lain selalu menggampangkanmu. 

3. Kamu tidak pernah mau mengekspresikan diri

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lainpexels.com/@Verne Ho

Penyebab selanjutnya yaitu, kamu tidak pernah mau mengekspresikan diri. Kamu selalu mengikuti apa kata orang lain dan tidak memiliki pendirian yang tetap. Sehingga orang-orang tersebut akan cenderung meremehkan dan memanfaatkan kebaikanmu.

Mulai sekarang coba deh belajar untuk mengekspresikan diri. Jika kamu keberatan jangan ragu untuk bilang tidak terhadap kepentingan mereka. 

Baca Juga: 5 Alasan Logis Bergantung pada Pasangan Bikin Kamu Mudah Dimanfaatkan

4. Dirimu tidak pernah mampu mengambil keputusan sendiri 

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lainpexesl.com/@Ketut Subiyanto

Bisa jadi kenapa orang lain dengan mudah memanfaatkan kebaikanmu, karena kamu menjadi tipe orang yang tidak pernah mampu mengambil keputusan sendiri. Kamu selalu merasa takut untuk memutuskan jalan hidupmu dan ragu-ragu dalam mengambil risiko.

Dari kondisi tersebut seringkali kamu melimpahkan keputusan yang seharusya bisa kamu putuskan sendiri dengan matang, justru kamu biarkan orang tersebut mengambil alihnya. 

5. Membiarkan orang lain memanfaatkan kita 

Tanpa Sadar 5 Hal Ini Membuat Kebaikanmu Mudah Dimanfaatkan Orang Lainpexels.com/@JESSICA TICOZZELLI

Sering tidak sadar kamu membiarkan orang lain memanfaatkan kehidupan yang kamu jalani saat ini. Kamu tidak menetapkan batasan sehingga orang lain mudah keluar masuk dihidupmu.

Kamu biarkan orang-orang tersebut melakukannya karena tidak ingin menimbulkan suatu konflik baru yang dapat membuat hubunganmu terpecah. Mulai sekarang buatlah batasan, jangan biarkan kehidupan yang kamu jalani dikendalikan oleh orang-orang yang seperti itu. 

Itulah lima penyebab kenapa kita mudah dimanfaatkan oleh orang lain. Jadi mulai saat ini segera sadari ya, jangan biarkan hidupmu dimasuki oleh mereka yang hanya memanfaatkan kebaikanmu saja. 

Baca Juga: Agar Tidak Menjadi People Pleaser, 5 Hal Ini Wajib Kamu Praktikkan

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya