Comscore Tracker

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang Lain

Jadikan sebagai motivasi untuk jadi lebih baik

Pernah gak sih kamu diremehkan oleh orang lain? Entah itu meremehkan kemampuanmu, cita-cita, masa depan, dan apa yang kamu lakukan saat ini? Pasti rasanya sangat sakit bukan serasa perasaan ditikam kuat-kuat.

Kadang kalau sudah diremehkan kayak gini kita jadi insecure sendiri, semangat jadi luntur, dan merasa yang dikatakan orang lain jadi benar adanya. Namun, kamu jangan langsung pesimis dulu ya, saat dirimu diremehkan orang lain yuk lakukan lima hal ini supaya perasaanmu jadi lebih tegar. 

1. Terimalah perasaan tidak nyaman tersebut

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang Lainseorang perempuan yang sedih (pexels.com/@Engin Akyurt)

Tips pertama yaitu, terimalah perasaan tidak nyaman tersebut. Ketika diremehkan tidak bisa ditampik perasaan sedih, kecewa, kesal, merasa tertinggal pasti kamu rasakan jadi satu. Nah supaya dirimu lebih tegar, gak masalah, pelan-pelan terimalah perasaan tidak nyaman tersebut.

Jika ingin menangis, menangislah tidak usah ditahan, jika butuh teman untuk curhat, carilah teman yang bisa mendengarkan ceritamu. Lalu setelah perasaanmu membaik, jadikah ini jadi pelecut untuk membuatmu berkembang. 

2. Kembangkan kelebihanmu dan tunjukkan pada mereka

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang LainIlustrasi perempuan (pexels.com/@Huong Chuong)

Yakinlah setiap orang itu punya kelebihan dan keistimewaan yang tidak dimiliki orang lain. Yuk coba cari tahu apa kelebihan yang kamu miliki, misalnya punya keunggulan dalam bidang seni, bidang bahasa, atau apa pun itu tekunilah.

Tunjukkan pada mereka, kata-kata yang mereka lontarkan dahulu hanyalah omong kosong dan sekarang kamu bisa membuktikannya. Kembangkan potensi terbaikmu, hingga mereka yang meremehkan jadi diam seribu bahasa. 

Baca Juga: 5 Zodiak Paling Sangar dan Tak Mau Diremehkan, Aries Bernyali Besar

3. Perbaiki kekurangan dan kelemahanmu

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang Lainseorang perempuan (pexels.com/@Daria Obymaha)

Gak masalah sekarang kamu diremehkan, dianggap tidak bisa apa-apa karena kemampuan yang kamu miliki. Justru jadikan anggapan tersebut sebagai pelecut untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan yang ada dalam dirimu.

Well, memang di dunia ini tidak ada manusia yang benar-benar sempurna. Kalau pun kita sudah berusaha sesempurna mungkin, pasti ada celahnya. Namun bukan menjadi alasan kita untuk stuck dan tidak berusaha memperbaiki kekurangan tersebut. 

4. Jangan menyalahkan diri sendiri

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang Lainwanita sedang duduk (pexels.com/@Andre Furtado)

Siapa sih yang hatinya tetap baik-baik saja setelah diremehkan oleh orang lain? Pasti rasanya sangat sakit hingga berakhir menyalahkan diri sendiri. Merasa diri ini tidak becus, merasa usaha yang dilakukan sia-sia, dan perasaan yang lain.

Hmm, padahal kebiasaan menyalahkan diri sendiri ini sangat tidak baik lho. Hatimu sudah cukup sakit karena diremehkan oleh orang lain, maka jangan kembali menyiksa hati dengan menyalahkan diri sendiri melulu. Lebih baik fokus untuk memperbaiki kekurangan yang ada.  

5. Mencoba hal baru untuk memperbanyak pengalaman

5 Tips Lebih Tegar saat Sering Diremehkan Orang Lainwanita sedang merenung (pexels.com/ Keenan Constance)

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan supaya lebih tegar ketika diremehkan orang lain yaitu, dengan mencoba hal baru untuk memperbanyak pengalaman. Kamu bisa membungkam mulut orang lain yang meremehkanmu dengan meningkatkan kualitas diri.

Misalnya dengan mencoba hobi baru, meningkatkan skill yang kamu miliki, memperluas jaringan pertemanan, dan lainnya. Intinya jadikan ini sebagai kesempatan untuk membuatmu jadi pribadi yang berkualitas. 

Gak bisa ditampik pasti hati kita sakit ketika kemampuan diremehkan oleh orang lain. Tapi yang namanya hidup akan ada saja orang yang seperti itu. Tapi gak apa-apa supaya jadi lebih tegar coba lakukan lima hal di atas ya. 

Baca Juga: 5 Cara Membangun Kekuatan Mental Diri, Jangan Diremehkan!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya