Comscore Tracker

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! 

Memiliki ambisi yang besar itu sah-sah saja kok, tapi...

Setiap orang memiliki ambisi masing-masing dalam hidupnya. Entah itu ambisi dalam berkarier, pendidikan, hingga pencapaian. Karena dengan memiliki ambisi, kita dapat semangat dalam mengejar impian dan cita-cita yang ingin kita wujudkan di masa mendatang. Nah orang-orang yang memiliki sikap ambisius ini memiliki karakter yang gigih dan tekun dibandingkan dengan orang lain. Ia akan sangat berusaha keras dan pantang menyerah dalam mencapai keinginannya.

Namun ternyata sifat ambisius itu berubah menjadi petaka jika seseorang berubah menjadi "terlalu ambisius". Memiliki ambisi berlebih terhadap sesuatu ternyata dapat membuat hidup menjadi tidak bahagia hingga dapat merusak mental dan fisik kita sendiri. Berikut 5 sifat terlalu ambisius yang ternyata dapat merusak hidupmu

1. Suka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! pexels.com/Retha Ferguson

Sifat terlalu ambisius ini juga berbentuk dengan seseorang yang suka menghalalkan segala cara untuk mencapai sesuatu. Ia tidak segan memakai cara yang instan demi mewujudkan keinginannya secara cepat, hingga menggunakan trik-trik kotor hanya untuk mencapai sesuatu yang sebenarnya dapat dia raih dengan ketekunan dan kerja keras.

Cara tersebut sungguh tidak dibenarkan, maka dari itu ketika kamu menginginkan mimpimu terwujud kamu harus berjuang, usaha, dan tidak luput untuk selalu berdoa bukan dengan menghalalkan segala cara tersebut. 

2. Selalu haus akan pujian dari orang lain

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! pexels.com/Rebrand Cities

Sifat terlalu ambisius selanjutnya yaitu selalu merasa haus akan pujian orang lain. Ia yang terlalu ambisius akan selalu berharap mendapatkan pujian dan penilaian dari rekan kerja, atasan, atau orang di sekitarnya. Dia akan melakukan segala sesuatu hanya untuk menarik simpati orang lain demi mendapat pengakuan. Selain itu dia tidak segan memerankan sandiwara demi mendapat pujian tersebut. 

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Punya Sisi Gelap Ambisius dan Egosentris, Leo Termasuk!

3. Terlalu menggebu-gebu dalam mewujudkan sesuatu

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! pexels.com/Andrea Piacquadio

Memiliki sifat ambisius itu sah-sah saja kok, namun kamu harus ingat segala sesuatu yang namanya berlebihan itu tidak baik. Termasuk dalam hal terlalu menggebu-gebu atau tidak sabaran dalam melakukan sesuatu. Biasanya orang yang seperti itu akan cenderung mengabaikan hal-hal penting, karena dirinya hanya fokus pada tujuan akhir yang didapat. Cobalah mulai sekarang hidup lebih santai dan rileks agar kamu bisa menikmati setiap pencapaian yang kamu peroleh. 

4. Lupa akan kadar kemampuan yang dimiliki

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! pexels.com/ Andrea Piacquadio

Orang yang terlalu ambisius terkadang lupa terhadap kapasitas dan kemampuan yang dimilikinya. Memiliki keinginan yang tinggi itu baik kok, namun hal itu harus kamu sesuaikan dengan kapasitas yang kamu miliki. Jangan mengejar sesuatu hanya karena keinginan sesaat yang menawarkan kebahagiaan belum pasti. Maka dari itu penting kiranya untuk selalu mengasah dan meningkatkan kemampuan yang kita miliki agar menjadi orang yang lebih berkualitas. 

5. Selalu merasa sibuk

5 Sifat Terlalu Ambisius yang Dapat Merusak Hidupmu, Sadari Segera! pexels.com/Vlada Karpovich

Orang yang terlalu ambisius akan sulit dalam hal membagi waktu. Ia merasa waktu yang ia miliki saat ini hanya untuk mengejar, meraih, dan menghabiskan untuk impiannya tersebut. Hingga tidak jarang ia mengabaikan waktunya untuk sekedar me time, waktu bersama keluarga, dan teman-temannya. Baginya setiap waktu yang ia habiskan hanya terfokus dalam hal kerja dan kerja.

Padahal hidup akan jauh lebih indah jika mampu menyeimbangkan antara waktu untuk bekerja dan kehidupan pribadi. Jadi, memiliki ambisi yang besar terhadap sesuatu itu sah-sah saja, namun jangan sampai berlebihan, ya. 

Baca Juga: 5 Keseruan Berpasangan dengan Sesama Capricorn, Si Ambisius yang Setia

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on ig: @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya