Comscore Tracker

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun Pagi

Biar bisa jadi morning person

Bagi sebagian orang, bangun pagi menjadi hal yang sangat susah untuk dilakukan. Padahal, segala aktivitas biasanya dilakukan sejak pagi. Akibatnya, mereka selalu terburu-buru saat mempersiapkan sesuatu di pagi hari. Jika kamu termasuk salah satunya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar bisa menjadi morning person. Apa saja ya caranya? Simak lewat artikel berikut, yuk!

1. Tidur lebih awal dari biasanya

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun PagiUnsplash/Annie Spratt

Tidur yang ideal bagi orang dewasa adalah selama 7 sampai 9 jam. Nah, apakah kamu telah menerapkannya selama ini? Tidur yang ideal dapat melatih tubuh untuk bangun lebih awal. Karena seseorang dengan tidur yang ideal biasanya memiliki daya ingat lebih baik, mampu berkonsentrasi tinggi, dan memiliki metabolisme yang baik.

Jika kamu selama ini sering begadang, coba kurangi. Kamu bisa mulai memajukan waktu tidurmu 5 menit lebih awal. Ulangi hari berikutnya dengan memajukan lagi lima menit. Sehingga, dalam dua minggu kamu bisa tidur satu jam lebih awal dari biasanya.

2. Buat rutinitas pagimu

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun PagiUnsplash/Freestocks

Menciptakan rutinitas pagi akan membuatmu merasa harus ada yang dilakukan setiap pagi. Sehingga, tanpa sadar tubuh dan otak akan membantumu bangun untuk melakukan hal tersebut. Kamu bisa mulai dari hal-hal ringan seperti minum segelas air putih, merapikan kamar, atau membaca buku. Jangan pilih aktivitas yang menurutmu memberatkan. Hal ini justru akan membuatmu malas untuk bangun.

3. Jangan sekali-kali menekan tombol snooze!

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun PagiUnsplash/David von Diemar

Latihlah dirimu untuk gak menekan tombol snooze saat alarm berbunyi di pagi hari. Kamu bisa belajar berkomitmen pada dirimu sendiri untuk langsung bangun saat alarm pertama berbunyi. Dengan begitu, bangun pagi akan menjadi kebiasaanmu meski tanpa bantuan alarm.

Baca Juga: Malas Makeup di Pagi Hari? Ini 6 Cara Agar Kamu Tetap Tampil Cantik!

4. Hindari bermain HP sesaat setelah bangun tidur

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun PagiUnsplash/Boudewijn Huysmans

Rata-rata orang akan menghabiskan minimal 30 sampai 60 menit dalam sekali bermain HP. Ketika melakukan ini di ranjang setelah bangun tidur, kamu akan merasa kelelahan dan rasanya ingin kembali tidur. Oleh karena itu, hindari melakukan kegiatan ini setelah bangun tidur. Kamu juga bisa letakkan HP di ruangan berbeda, agar kamu bisa beranjak lebih dulu dari tempat tidur sebelum mengecek HP.

5. Bangun dengan bantuan cahaya alami

Ini 5 Cara yang Bisa Diterapkan Buat Kamu Si Susah Bangun PagiUnsplash/Bruce Mars

Langkah yang harus kamu lakukan setelah mematikan alarm adalah membuka tirai atau jendela. Cahaya alami dari matahari akan membantu tubuhmu bangun seutuhnya dibanding secangkir kopi. Selain itu, cahaya matahari dapat membuat dirimu lebih bersemangat. Dengan begitu, kamu siap memulai pagimu dengan menyenangkan.

Beberapa langkah tersebut jika dilakukan secara rutin akan menjadi kebiasaan. Sehingga, kamu pun bisa menjadi morning person dan gak lagi terburu-buru ketika ada acara yang harus dilakukan di pagi hari. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: Masih Percaya? Ini tentang Sarapan Pagi, diantara Fakta vs Mitos  

Topic:

  • Rully Bunga
  • Elfida

Berita Terkini Lainnya