Comscore Tracker

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbai

Bukan hanya ketegangan yang bisa kamu dapatkan

Sejak minggu lalu, film Hotel Mumbai tengah ramai diperbincangkan hingga saat ini. Film yang menceritakan kilas balik serangan teroris di India ini sukses membuat penontonnya ikut merasakan ketegangan. Namun di balik apiknya sinematografi dan peran pemainnya, film ini menyimpan berjuta makna di baliknya. Banyak sekali pelajaran yang bisa kamu petik dari film Hotel Mumbai ini. Apa saja ya pelajarannya?

1. Pekerjaan itu bukan hanya sekadar bagaimana kamu bekerja, tapi juga bagaimana kamu mendedikasikan dirimu

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbaiinstagram.com/hotelmumbaifilm

Hotel Mumbai menceritakan serangan yang terjadi di beberapa tempat di India, salah satunya hotel mewah Taj Mahal Palace. Hotel ini memiliki kultur Guest is God, sehingga semua staf akan melayani para tamunya sebaik mungkin. Namun ketika penyerangan terjadi, timbulah konflik batin antara menyelamatkan diri sendiri atau menyelamatkan para tamu terlebih dahulu. Tak disangka, beberapa staf yang berhasil selamat memilih untuk menyelamatkan para tamu dan dipimpin oleh kepala chef restoran.

Dari sepenggal adegan ini, kita bisa belajar dari kepala chef dan staf bagaimana seharusnya kita mendedikasikan diri untuk pekerjaan yang dicintai. Selain itu, kita juga gak boleh egois dan hanya mementingkan urusan pribadi saja. Mereka bahkan rela mempertaruhkan nyawa demi memastikan para tamunya bisa keluar dengan selamat.

2. Belajar bekerja keras dan tetap tenang dari sosok Arjun

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbaiinstagram.com/hotelmumbaifilm

Sosok Arjun, sebagai salah satu pelayan hotel menjadi salah satu yang mencuri perhatian penonton. Arjun berasal dari keluarga yang serba kekurangan, sehingga dia harus bekerja mati-matian demi membiayai kehidupan keluarganya dan juga persalinan istrinya. Ketika terjadi penyerangan, Arjun tengah berada di restoran hotel bersama para tamu VIP. Tanpa aba-aba, dia pun langsung mematikan lampu restoran dan menyuruh para tamunya bersembunyi di balik meja.

Meski keadaan di luar restoran sudah berantakan, Arjun tetap tenang dan berusaha mencari jalan keluar untuk para tamunya. Terbukti dari sikap Arjun yang tenang ini berhasil membuat dirinya membawa para tamu ke ruangan yang lebih aman. Oleh karena itu, ketika dalam keadaan tegang atau sepanik apa pun, kita harus bisa tenang agar mampu berpikir dengan jernih untuk mencari solusi terbaik.

3. Dalam situasi yang terdesak, kamu harus berani mengambil keputusan dengan cepat

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbaiinstagram.com/nazaninboniadi

Beberapa tamu yang selamat bersembunyi di Chambers Lounge, yang digadang sebagai tempat paling aman di hotel ini. Para tamu VIP termasuk Zahra dan Vasili juga bersembunyi di tempat ini bersama staf hotel serta kepala chef. Zahra berpisah dengan suaminya yang mencoba untuk menyelamatkan bayinya yang masih berada di kamar hotel. Namun setelah beberapa jam menunggu, Zahra sangat khawatir akan keadaan suami dan bayinya. Sehingga Zahra memutuskan untuk menyusul mereka dan keluar dari Chambers Lounge meskipun dia tahu risikonya sangat buruk.

Memang dalam keadaan seperti ini, hal apa pun yang kita lakukan akan menimbulkan risiko yang buruk. Namun ketika gak melakukan apa pun, kamu justru akan terjebak di dalam masalah yang kamu hadapi. Sehingga, kamu harus berani mengambil keputusan dengan cepat dalam keadaan terdesak. Selain itu, kamu juga harus berani berjuang demi keluarga seperti sosok Zahra.

Baca Juga: Selain Hotel Mumbai, 5 Film Armie Hammer Ini Juga Layak untuk Ditonton

4. Kamu harus bisa menempatkan diri dalam kondisi apa pun

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbaieonline.com

Selain Zahra dan suaminya, Sally yang merupakan baby sitter bayinya juga turut menginap di hotel ini. Sally berhasil bersembunyi ketika para teroris masuk ke kamarnya dan membunuh seorang wanita paruh baya. Kekhawatiran Sally semakin kuat setelah dia melihat kejadian penembakan tersebut di depan matanya. Sehingga saat suami Zahra menjemputnya untuk pergi dari kamar tersebut, dia menolaknya. Namun, pada akhirnya Sally luluh dan sadar bahwa dia gak mungkin bertahan selamanya di kamar tersebut.

Dari Sally, kita bisa belajar bagaimana harus menempatkan diri dalam kondisi apa pun. Meski takut, kita harus bisa bersikap bijak sama seperti Sally yang tetap bisa menghibur bayi Zahra dalam kondisi tertekan. Mungkin ketika Sally gegabah dalam bertindak, dia dan bayi Zahra gak akan selamat.

5. Jangan terlalu percaya dengan orang yang belum kamu tahu pasti dan iming-iming yang diberikannya

5 Pelajaran Berharga yang Bisa Kamu Petik dari Film Hotel Mumbaibookandfilmglobe.com

Di film ini, para teroris melakukan penyerangan berdasarkan instruksi dari seseorang yang mereka sebut Brother Bull. Sepanjang film, Brother Bull selalu meyakinkan para teroris bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk jihad. Selain itu, mereka juga akan mendapatkan uang yang akan diberikan pada keluarganya.

Nyatanya, sampai mereka pelakukan penyerangan, Brother Bull belum juga mengirimkan uang pada keluarga mereka. Oleh karena itu, kita sebagai manusia jangan mudah percaya pada orang, apa lagi orang yang belum kita kenal sepenuhnya. Meski orang tersebut memberikan sesuatu yang kita suka, coba lihat dari sudut pandang lain. Apakah yang dikatakan itu benar atau justru akan merugikan kita dan orang lain.

Itu tadi lima pelajaran yang bisa kamu petik dari film Hotel Mumbai. Selain dihiasi dengan ketegangan, perasaan haru juga akan kamu dapatkan dalam film ini. Siapa nih yang sudah nonton?

Baca Juga: Review Film Hotel Mumbai, Kilas Balik Serangan Teroris di India 2008

Topic:

  • Rully Bunga
  • Pinka Wima

Just For You