Comscore Tracker

Si Kecil Memasuki Masa MPASI? Ini Peralatan yang Perlu Mama Siapkan

Dalam tahap awal, mama wajib punya 3 alat ini lho...

Makanan terbaik bagi bayi selama enam bulan awal adalah air susu ibu atau ASI. Setelah enam bulan, bayi juga memerlukan makanan pendamping selain ASI atau yang biasa disebut MPASI. Nah, setelh memasiki masa ini, mulailah si kecil dikenalkan dengan makanan solid.

Pengalaman baru si kecil dengan memakan makanan selain susu ini menjadi momen spesial yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, peralatan MPASI bayi harus disiapkan dengan matang. Namun, masih banyak ibu yang kebingungan dalam memilih peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk MPASI. Nah, apa saja sih perlengkapan yang dibutuhkan?

1. Food processor

Si Kecil Memasuki Masa MPASI? Ini Peralatan yang Perlu Mama Siapkanamazon.com

Kalau zaman dulu, para ibu membuat MPASI dengan cara dikukus menggunakan panci terpisah lalu diulek untuk menghaluskan makanan tersebut. Setelah itu mulai berkembang dengan penggunaan blender. Nah, di zaman teknologi yang serba canggih ini, terdapat satu alat yang memiliki banyak fungsi untuk digunakan sebagai alat pembuat MPASI yang disebut food processor.  

Kamu bisa merebus, mematangkan dan menghaluskan makanan sekaligus tanpa kehilangan nutrisi yang ada menggunakan alat ini. Waktunya juga terbilang lebih efisien dibanding cara tradisional. Cara tradisional memerlukan waktu sekitar satu jam untuk membuat satu menu makanan, cara menggunakan blender memerlukan waktu 30 menit, sedangkan food processor hanya membutuhkan waktu 20 menit.

"Para ibu bisa memilih food processor yang yang memiliki beberapa macam tekstur. Karena setiap bertambah usia satu bulan, menu MPASI anak harus meningkat. Sehingga jangan sampai ibu hanya mengira-ngira dan menghasilkan olahan yang memiliki tekstur berbeda. Nah, food processor yang telah memiliki aturan teksturnya akan memudahkan dalam pembuatan MPASI ini," ujar Daniel Samuel selaku General Manger OONew saat ditemui di acara Willow Baby Expo 2018.

2. Food storage

Si Kecil Memasuki Masa MPASI? Ini Peralatan yang Perlu Mama Siapkanbebegroup.co.uk

Seletelah mengolah MPASI, perlengkapan selanjutnya yang dibutuhkan mama adalah tempat untuk menyimpan MPASI di kulkas ataupun freezer. Mama bisa pilih food storage yang terbuat dari plastik, kaca atau silicone. Selain menyimpan makanan yang sudah jadi, food storage juga bisa digunakan untuk menyimpan bahan olahan yang masih mentah. Kalau ingin berhemat, mama bisa menggunakan cetakan es batu kemudian simpan di dalam plastik ziplock.

Baca Juga: 7 Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui, Bayi Jadi Makin Ceria!

3. Food feeding

Si Kecil Memasuki Masa MPASI? Ini Peralatan yang Perlu Mama Siapkanthebump.com

Peralatan terakhir yang harus disiapkan adalah pernak-pernik berupa piring, sendok dan tempat minum. Mama bisa memilih piring yang berbahan plastik dan sendok yang memiliki ujung yang tidak tajam. Untuk tempat minum, mama bisa coba training cup yang terbagi menjadi 3 model yaitu spout untuk usia 6-24 bulan, strawa untuk usia 12-36 bulan dan cup untuk usia 36 bulan ke atas. Jika mama ingin melatih anak untuk makan buah potong tanpa khawatir tersedak, mesh feeder atau alat makan berjaring yang menyerupai dot bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, itu tadi 3 alat pertama yang dibutuhkan saat bayi baru memulai MPASI. Semoga gak bingung lagi ya ma, selamat berbelanja!

Baca Juga: Digelar Pertama Kali, Willow Baby Expo Tawarkan Diskon dan Hadiah

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya