Comscore Tracker

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di Indonesia

#DearFutureIndonesia Harapan untuk Indonesia yang lebih baik

Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia sering diributkan karena adanya perbedaan agama, suku atau bahkan politik. Padahal, Indonesia dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi adanya perbedaan. Mungkin jika menerapkan 5 langkah ini, masyarakat Indonesia bisa kembali rukun dan damai seperti dulu.

1. Memandang laki-laki dan perempuan sama

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di IndonesiaUnsplash/Tim Mossholder

Saat ini, perempuan memiliki kedudukan yang sama dengan laki-laki. Perempuan bisa memimpin rumah tangga, memimpin suatu komunitas atau bahkan menjadi perwakilan rakyat untuk memimpin negara. Oleh karena itu, gak perlu lagi memandang bahwa perempuan dan laki-laki itu berbeda. Kita semua sama dan tentu saja memiliki hak yang sama pula.

2. Gak menjadikan agama, suku, ras dan antar golongan sebagi pembeda

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di IndonesiaUnsplash/Peter Hershey

Apalah arti Bhinneka Tunggal Ika, jika kita gak bisa menerima adanya perbedaan di sekitar kita. Kita seharusnya bangga karena Indonesia memiliki berbagai macam suku dan budaya. Coba deh melihat dari sudut pandang lain dan kamu akan menemukan keindahan di dalam perbedaan.

Baca Juga: 4 Harapan dari Pejalan Kaki untuk Pemerintah Baru

3. Bukan hanya menilai dari kondisi fisik seseorang

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di IndonesiaUnsplash/Omar Lopez

Dulu orang selalu memandang dan menilai seseorang hanya dari kondisi fisiknya saja. Namun, seiring berjalannya waktu, orang-orang lebih bisa menghargai kondisi fisik orang lain. Sekarang, kurus-gemuk, tinggi-pendek, putih-cokelat bukan lagi jadi penentu baik buruknya seseorang.

4. Gak melakukan bullying, baik di dunia nyata atau pun di dunia maya

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di IndonesiaUnsplash/Mitch Lensink

Semakin canggihnya teknologi semakin membuat orang mudah melakukan apapun, termasuk bullying. Hanya bermodal jempol saja, orang sudah bisa menghujat sana-sini. Bullying bisa berdampak sangat besar pada korbannya. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan sampai kamu melakukan ini. Jika ada masalah, selesaikan baik-baik tanpa harus melakukan bullying.

5. Menghindari sexual harassment

5 Langkah untuk Mewujudkan Kerukunan di IndonesiaUnsplash/Mihai Surdu

Sexual harassment atau pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja. Baik itu di tempat umu, di kantor atau bahkan di rumah. Perilaku ini bisa berupa visual maupun verbal. Banyak sekali korban yang trauma karena sexual harassment. Jika kamu menjadi korban atau mendapati pelecahan seksual, segera laporkan dan jangan dipendam sendiri.

Nah, demi mendukung kemajuan Indonesia dan terciptanya kerukunan masyarakatnya, Smartfren bakal mengajakmu untuk berkontribusi lewat kampanye #KuotakanMaumu dan #KuotakanSuaramu. Kamu bisa turut serta menyuarakan solusi bagi negeri dan harapanmu untuk Indonesia lebih baik lagi menggunakan jaringan #Super4GKuota dari Smartfren yang murah tapi berlimpah. Mau tahu info lebih lengkap soal jaringan 4G Smartfren, simak disini deh https://www.smartfren.com/id/super-4g-kuota.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, buat Indonesia lebih baik lagi!

Baca Juga: Tuangkan Harapanmu untuk Indonesia dan Menangkan Macbook Air!

Bunga Photo Verified Writer Bunga

Hey there! I am using WhatsApp.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya