Comscore Tracker

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!

Hari libur bukan berarti menjadi kotor

Ketika hari libur tiba, secara otomatis kamu akan merasa malas untuk melakukan apapun. Bahkan, untuk bangun dari tempat tidur saja rasanya sangat berat. Karena hal ini, akhirnya banyak orang yang jadi terbiasa untuk melakukan kebiasaan kotor. Bahkan, bisa dibilang kebiasan tersebut dapat menyebabkan mereka terserang penyakit.

Kira-kira, apa saja ya kebisaan kotor tersebut? Berikut adalah 5 kebiasaan kotor yang sering orang lakukan saat hari libur.

1. Tidak mandi 

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Jangan bohong deh, kebanyakan orang pasti melakukan hal yang satu ini. Mereka merasa bahwa mandi bukanlah hal yang wajib untuk dilakukan. Lebih baik waktu yang digunakan untuk mandi dipakai untuk bermalas-malasan. Lagipula, untuk apa mandi padahal tidak akan pergi keluar rumah.

Tanpa kamu sadari, ini adalah kebiasaan kotor yang tak boleh kamu miliki. Apa kamu mau kulitmu mengalami gatal-gatal karena biang keringat atau kuman yang menempel di tubuhmu? Tidak, kan? Maka dari itu, jangan biasakan dirimu untuk malas mandi, ya!

2. Malas untuk mencuci rambut

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!Dramabeans.com

Banyak orang berpikiran bahwa mencuci rambut membutuhkan waktu yang lebih lama daripada waktu mandi biasanya. Apalagi, jika harus melakukan hal ini di waktu libur, rasanya pasti sangat malas. Bahkan, bisa jadi mereka akan mencuci rambut ketika hari libur yang mereka miliki sudah selesai.

Padahal, mencuci rambut dengan rajin dapat membuat rambutmu menjadi lebih sehat dan kuat. Bahkan, rambut yang bersih juga akan menjauhkanmu dari bakteri penyebab jerawat.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Jorok di Kamar Mandi Ini Ternyata Dilakukan Semua Orang

3. Tidak membersihkan rumah atau kamar kosan 

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!Unsplash.com/Jilbert Ebrahimi

Karena sudah lelah bekerja, hari libur pun digunakan sebagai hari untuk bermalas- malasan. Alhasil, rumah atau kamar kosan yang kotor pun akan kamu biarkan begitu saja. Padahal, waktu libur adalah waktu yang tepat buat kamu membersihkan rumah atau kamar kosanmu.

Jangan sampai karena kamu terus-menerus menunda membersihkan rumah atau kamar kosan, tempat tinggal kamu akan berubah menjadi sarang penyakit dan kuman.

4. Meletakkan pakaian dan piring kotor sembarangan

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!Unsplash.com/Jazmin Quaynor

Jangan biasakan dirimu untuk meletakkan pakaian dan piring kotor secara sembarangan. Bukan hanya terlihat tidak rapi, tetapi hal ini juga akan membuatmu tidak akan bisa menikmati hari libur dengan nyaman dan merasa semakin stres.

Apa salahnya meletakkan pakaian kotor langsung ke tempatnya dan langsung mencuci piring kotormu? Hal ini juga akan mempemudah kamu untuk membersihkan kotoran yang menempel pada pakaian dan piring kotormu.

5. Tidak membuang sampah 

5 Kebiasaan Kotor yang Sering Orang Lakukan Saat Libur, Bau Banget!Unsplash.com/Jilbert Ebrahimi

Kamu tentu sudah sering melihat tulisan peringatan "buanglah sampah pada tempatnya". Hal ini juga wajib kamu lakukan di rumah atau kosanmu. Jangan sampai karena kemalasan yang kamu miliki, sampah di rumah atau kosanmu menjadi busuk dan memberikan bau tidak sedap bagi rumah atau kosanmu.

Tak hanya sampai di situ, rumah atau kosanmu pun akan berubah menjadi sarang penyakit yang nantinya akan merugikan dirimu sendiri.

Lagipula, membuang sampah pada tempatnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Jadi, jangan pelihara kebiasaan buruk ini!

Tak salah jika kamu ingin bersantai di waktu liburmu. Namun, ingat santai bukan berarti kotor. Jangan biasakan dirimu untuk melakukan kebiasaan yang kotor, ya!

Baca Juga: #DiRumahAja Lakukan 7 Hal ini Selama Libur Kuliah karena Corona

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya