Comscore Tracker

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! 

Jangan terlalu larut dalam keresahanmu

Semua manusia pasti memiliki keresahan mereka masing-masing, ada yang merasa resah tentang keluarga, pekerjaan, ataupun masa depan.

Namun, apakah kamu tahu penyebab keresahan manusia yang paling umum? Bahkan, bisa dibilang hampir semua orang pasti pernah merasakan keresahan ini.

Nah, buat kamu yang belum tahu, berikut adalah 8 penyebab keresahan yang paling sering dirasakan oleh umat manusia. 

1. Utang yang menumpuk

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Christian Dubovan

Siapa yang tidak akan merasa resah, bila setiap hari harus dikejar tagihan utang. Bisa dibilang, utang bagaikan pisau bermata dua. Di satu sisi, kamu bisa mendapatkan uang dengan cepat dan bisa langsung membayar kebutuhanmu. Namun, di satu sisi kamu harus menerima efek samping yang diberikan oleh utang. 

Oleh karena itu, kontrol pengeluaranmu dengan sebaik mungkin. Bahkan, lebih baik jika kamu tidak memilki utang sama sekali. 

2. Adanya permasalahan yang belum selesai di masa lalu

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Molly Belle

Jika kamu memiliki permasalahan yang belum selesai di masa lalu, maka selesaikanlah permasalahan tersebut! Karena, selama permasalahan tersebut belum selesai, kamu akan selalu hidup di dalam bayang-bayang kesalahanmu.

Jika sudah begini, hidupmu akan selalu merasa resah. Bahkan, bisa jadi permasalahan yang terjadi di masa lalu akan mempengaruhi masa depanmu juga. 

Oleh karena itu, beranikanlah dirimu untuk menyelesaikan masalah tersebut ya. 

3. Tidak pernah puas dengan hasil yang telah diperoleh

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/ Ethan Sykes

Jika kamu adalah termasuk orang yang tidak pernah puas dengan hasil kerjamu, cobalah untuk menarik napas dan menjernihkan pikiranmu. Karena jika hal ini dibiarkan terus-menerus, bisa jadi kamu akan menjadi orang yang mudah resah dan mulai berubah menjadi orang yang jahat. 

Satu hal yang harus kamu ingat, sekalipun hasil pekerjaanmu bagus atau tidak, nikmatilah proses pengerjaannya. Terkadang, proses yang kamu lalui jauh lebih memberikan arti penting daripada hasil yang kamu dapatkan. 

4. Selalu mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Erik Mclean

Rasa khawatir itu pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun, kamu harus bisa mengontrol rasa khawatir tersebut.

Bisa dibilang, rasa khawatir yang berlebihan adalah penyebab utama manusia tak bisa menikmati hidupnya. Bahkan, karena rasa khawatir yang berlebihan seseorang bisa melakukan tindakan yang kurang terpuji, misalnya karena khawatir kebutuhan hidup tidak akan terpenuhi seseorang rela untuk melakukan korupsi ataupun mencuri. 

Baca Juga: Jangan Resah, Ini 5 Tips Atasi Stres Saat Tanggal Tua Datang!

5. Merasa beban yang ditanggung terlalu berat

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Candice Picard

Semua orang pasti memiliki masalah dan beban mereka masing-masing. Meskipun terasa berat, beban yang ada di hidupmu akan membuat dirimu menjadi orang yang lebih kuat. 

Percayalah, semua beban tersebut akan segera diangkat oleh Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, kamu tidak perlu merasa resah yang berlebihan. Semangatlah dalam menjalani hidupmu!  

6. Takut membuat kesalahan

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Christian Fregnan

Tak ada manusia yang ingin melakukan kesalahan di dalam hidupnya. Namun sayangnya, kita semua adalah manusia biasa yang kerap kali melakukan kesalahan dalam hidup. Lagipula, karena melakukan kesalahan kita bisa berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi. Justru, ketika seseorang tidak pernah melakukan kesalahan, itu berarti dia tak pernah mencoba hal baru di dalam hidupnya.

Oleh karena itu, jalanilah hidupmu dengan sebaik mungkin. Jika hari ini kamu membuat kesalahan, segera perbaiki kesalahan tersebut. Lalu berubahlah menjadi orang yang lebih baik lagi.

7. Tidak memiliki tempat curhat yang tepat

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Fernando @dearferdo

Meskipun kita memiliki banyak teman, bukan berati kita memilki orang yang tepat untuk dijadikan tempat curhat. Karena bagi beberapa orang, mengungkapkan keresahan yang mereka miliki bukanlah hal yang mudah. Tak jarang, perasaan resah yang tak tersampaikan ini akan membuat seseorang semakin merasa resah. 

Sebagai manusia terkadang kita lupa bahwa ada satu tempat curhat yang akan selalu membuat kita merasa aman dan nyaman, yaitu curhat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sampaikanlah segala keresahan yang kamu miliki, maka Tuhan akan selalu ada bersamamu. 

8. Kapasitas ibadah masih perlu ditingkatkan

8 Penyebab Keresahan yang Paling Umum bagi Semua Orang, Jangan Resah! Unsplash.com/Julia Caesar

Ada saatnya kita bisa merasa resah tanpa alasan yang jelas. Jika sudah begini, satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Tanpa kamu sadari, meningkatkan kapasitas ibadah akan membuat dirimu jauh merasa lebih tenang dan damai. 

Serahkan hidupmu pada Tuhan, maka ketenangan batin pun akan bisa kamu dapatkan. 

Merasa resah itu adalah hal yang manusiawi. Tetapi, jika kamu terlalu larut di dalamnya, rasa resah tersebut dapat menyakiti dirimu secara perlahan-lahan. Jangan sampai karena perasaan resah yang terlalu berlebihan, kamu tidak bisa melihat keindahan hidup yang lainnya. 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Panik Saat Hadapi Masalah, Tenangkan Diri Ya!

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya