Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! 

Pasti ada jalan keluarnya! 

Semakin kita dewasa tentu kita semakin sadar bahwa hidup tak semudah membalikkan telapak tangan. Begitu juga,  ketika kita ingin mewujudkan mimpi, pasti ada berbagai rintangan yang harus bisa kita hadapi. Salah satunya adalah kecukupan uang atau dana. Banyak orang harus rela mengubur mimpi yang selama ini mereka impikan dikarenakan ketersediaan dana yang tidak mencukupi.

Padahal, jika kamu bisa mengatur keuanganmu dengan baik maka bukan tidak mungkin kamu bisa mewujudkan mimpi tersebut. Oleh karena itu, berikut salah lima tips yang bisa kamu lakukan ketika mimpi yang kamu punya terhalangi oleh dana.

1. Buatlah perkiraan dana yang kamu butuhkan secara detail

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! Unsplash.com/Estée Janssens

Buat kamu yang punya mimpi namun terhalangi dengan dana, kamu bisa mulai membuat daftar perkiraan seberapa banyak dana yang kamu perlukan. Nah, dari daftar tersebut kamu bisa menjadi lebih tahu tentang dana yang harus kamu persiapkan secara detail. Hal ini akan sangat membantu kamu dalam mencari uang.

2. Mulailah mencari pekerjaan sampingan

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! Unsplash.com/Christin Hume

Karena kondisi perekonomiaan yang kamu miliki tidak memungkinkan, tentu berharap meminta bantuan uang dari orang tua bukanlah hal yang tepat. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari pekerjaan sampingan.

Tanpa kamu sadari pekerjaan sampingan tidak hanya akan menolong kamu dalam hal perekonomian. Namun, kamu juga akan semakin banyak bertemu orang-orang yang bisa saja mereka bisa membantu mewujudkan mimpimu.

3. Jangan habiskan uang yang kamu miliki untuk hal-hal yang tidak penting

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! Unsplash.com/Michael Discenza

Ketika kamu memiliki semua mimpi ataupun tujuan, tentu kamu harus punya skala prioritas. Jika selama ini kamu sering hang out dengan teman-temanmu, maka sudah saatnya kamu mulai mengurangi aktivitas tersebut. Coba kamu bayangkan, sudah berapa banyak uang yang habis jika kamu terus-menerus hang out dengan teman-temanmu? Jangan habiskan uang yang kamu miliki dengan hal-hal yang tidak berguna, lebih baik uang tersebut kamu tabung demi mewujudkan mimpimu.

4. Coba konsultasikan rencanamu ke depan dengan orang yang sudah dipercaya

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! Unsplash.com/Thomas Drouault

Masalah perekonomiaan adalah isu yang paling sulit orang bicarakan dengan orang lain.Padahal, tak ada salahnya untuk berkonsultasi masalah yang kamu hadapi dengan orang sudah kamu percayai. Buang rasa malu dan gengsimu, karena bisa saja orang tersebut mempunyai jalan keluar dari permasalahan yang sedang kamu alami.

5. Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mencukupkan kebutuhanmu

5 Hal Ini Wajib Dilakukan Ketika Mimpi Terbatas Oleh Dana, Semangat! Unsplash.com/Chad Madden

Jangan pernah melupakan doa! Karena jika kamu terus-menerus berusaha namun tidak pernah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka semua usaha tersebut akan menjadi sia-sia. Mintalah kepada Tuhan untuk mencukupkan segala kebutuhan yang kamu perlukan, maka Tuhan akan mencukupkan semua kebutuhanmu. Ingat ya, usaha tanpa doa hanya akan memberikan hasil yang sia-sia, begitu juga sebaliknya. Jadi, agar mimpimu bisa terwujud kamu harus berusaha dan selalu berdoa.

Memang bukan hal yang mudah untuk bisa mengumpulkan dana dan mewujudkan mimpi secara bersamaan. Namun, buka berarti kamu tidak bisa, kan? Percayalah, jika kamu ada kemauan pasti akan ada jalan yang terbuka lebar untuk mimpimu. 

Baca Juga: Review Film Little Women: Dilema Perempuan Antara Mimpi dan Pernikahan

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya