Comscore Tracker

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! 

Jangan hukum dirimu secara berlebihan 

Apa yang bisanya kamu rasakan ketika telah melakukan sebuah kesalahan? Apakah kamu merasa menyesal atau tidak peduli? Tentu, sebagai manusia yang memiliki hati nurani, kita akan langsung merasa menyesal. Namun, apakah kamu sudah tahu apa saja yang perlu kamu ketahui tentang penyesalan? Berikut adalah 5 hal yang harus kamu ketahui tentang penyesalan.  

1. Penyesalan tanpa niat untuk memperbaiki sama saja nol

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! Unsplash.com/Landis Brown

Kalau kamu memang menyesal atas kesalahan yang pernah dirimu perbuat, maka perbaikilah! Jangan hanya terus mengatakan menyesal, tapi tak pernah ada usaha untuk memperbaiki kesalahan tersebut. 

Biar kamu tahu, orang tidak mau hanya mendengar omong kosong. Mereka ingin kamu menunjukkan rasa penyesalanmu dengan tindakan.

2. Terjebak di dalam penyesalan hanya akan membuatmu semakin menderita dan tak tahu arah hidup

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! Unsplash.com/Jacqueline Day

Hal yang wajar, jika sehabis melakukan kesalahan kamu akan merasa menyesal dan mulai menyalahkan dirimu. Namun, bukan berarti kamu harus terjebak di dalam rasa penyesalan tersebut secara berlarut-larut.

Justru, jika seseorang membiarkan dirinya terjebak dalam rasa penyesalan yang berlarut-larut, maka ia akan semakin menderita dan kehilangan arah tujuan hidup. Nah, jika sudah kehilangan tujuan hidup, ia tidak akan mungkin bisa memperbaiki kesalahan yang pernah ia lakukan di masa lalu. 

3. Jangan sampai karena rasa penyesalan yang terlalu dalam kamu merasa trauma dan menutup diri

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! Unsplash.com/Isi Parente

Tak jarang, rasa penyesalan yang terlalu dalam membuat seseorang menjadi trauma dan menutup diri dari lingkungan sekitar. Namun terkadang, kita lupa akan satu hal, yaitu hidup harus terus berjalan! Sampai kapan kamu ingin hidup menderita seperti itu? 

Jangan hukum dirimu secara berlebihan, karena kamu pun layak untuk mempunyai hidup yang damai dan bahagia. 

Baca Juga: 5 Penyesalan Paling Umum dalam Kehidupan, Ayo Bangkit Sekarang!

4. Semua orang pasti pernah merasa menyesal. Namun, masalah seseorang mau bangkit atau tidak itu tergantung pribadi masing-masing

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! Unsplash.com/Thomas Somme

Kamu tidak perlu merasa sendirian dan bersedih terlalu lama. Asal kamu tahu, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dan menyesal di kemudian hari. Namun, apakah ia mau bangkit atau tidak, itu tergantung pribadi masing-masing. 

Jika, kamu memilih untuk menjalani hidup dengan rasa penyesalan yang tak berkesudahan, maka kamu akan merasa tersiksa seumur hidup. Tapi, jika kamu ingin hidup dengan damai, cobalah untuk bangkit dan memperbaiki kesalahanmu di masa lalu. 

5. Cobalah mengerti bahwa semua hal yang terjadi di dalam hidup pasti punya alasannya sendiri

5 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Penyesalan, Perbaiki Yuk! Unsplash.com/Jessica F

Percayalah, semua hal yang terjadi pasti ada alasannya. Begitu juga dengan kesalahan yang kamu perbuat. Tak ada manusia yang tak pernah melakukan kesalahan.

Satu hal yang membuat manusia itu berbeda, apakah ia bisa memetik sebuah pelajaran dari kesalahannya tersebut. Jika iya, maka ia akan bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik lagi. Namun, jika ia memilih untuk tidak mau berubah, maka ia tidak akan pernah bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik. 

Jika kamu memang menyesal, perbaikilah dengan benar. Menghukum dirimu secara berlebihan tidak akan mengembalikan keadaan menjadi normal. Justru, akan membuat segalanya semakin berantakan.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Timbulnya Penyesalan Ketika Seseorang Telah Pergi

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya