Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan Tulus

Jangan-jangan kamu cuma berpura-pura saja

Apakah kamu yakin sudah mencintai dirimu sendiri dengan tulus? Apa kamu yakin bahwa kamu sedang tidak berpura-pura? Saat ini, banyak orang yang berpura-pura mencintai dirinya sendiri. Mereka takut bila orang lain tahu yang sebenarnya, maka mereka akan dinilai sebagai orang yang lemah. Padahal, pura-pura mencintai diri sendiri bukanlah hal yang tepat dan bisa membuat diri seseorang semakin terpuruk. 

Apa saja, sih tanda bahwa seseorang hanya berpura-pura mencintai dirinya sendiri? Berikut adalah 5 tanda bahwa kamu hanya berpura-pura telah mencintai dirimu sendiri dengan tulus.

1. Di depan orang banyak kamu bangga dengan dirimu sendiri. Padahal, ketika sendirian kamu masih tidak menyukai dirimu sendiri

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan TulusUnsplash.com/Ellieelien

Bisa jadi di depan orang banyak, kamu selalu menasihati orang lain agar bisa mencintai diri mereka sendiri dengan sepenuh hati. Jadi, tidak heran bila mereka beranggapan kamu adalah orang yang “hebat” karena bisa mencintai dirimu sendiri.

Padahal, kamu pun masih membenci dirimu sendiri. Ingatlah, sebelum menasihati dan menolong orang lain, kamu harus sudah terlebih dahulu menolong dirimu sendiri. Jangan sampai, di luar kamu dinilai sebagai orang yang hebat dan punya positive vibes, namun di dalam hati kamu sebenarnya adalah orang yang paling kencang berteriak minta tolong. 

2. Kamu seakan-akan sudah menerima keadaan dirimu. Namun kenyataannya, masih ada saja bagian tubuh yang ingin kamu ubah

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan TulusUnsplash.com/Thư Anh

Salah satu tanda bahwa kamu berpura-pura mencintai dirimu sendiri adalah kamu bersikap seakan-akan sudah bisa menerima segala kekurangan dan kelebihan yang ada di dalam dirimu. Padahal, kenyataannya justru berbeda! Kamu masih saja merasa ada yang kurang di beberapa bagian tubuhmu dan berpikir untuk mengubah bagian tersebut. 

Bukan hal yang salah jika seseorang ingin terlihat lebih menawan. Tapi, kamu perlu tahu bahwa mengubah bentuk tubuh tidak berarti akan membuatmu bahagia. Sebenarnya, hal yang paling penting untuk diubah bukanlah bentuk tubuhmu, melainkan pola pikirmu yang harus diubah. 

Baca Juga: Ini 5 Perbedaan Egois dengan Mencintai Diri Sendiri, Jangan Keliru Ya!

3. Kamu masih sulit untuk melihat dirimu sendiri di depan cermin

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan TulusUnsplash.com/Anthony Tran

Bagi sebagian orang bercermin bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Namun, bagi beberapa orang lainnya, cermin adalah salah satu musuh terbesar dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan, selama melihat cermin mereka hanya fokus terhadap bagian fisik yang tidak mereka sukai.

Jika kamu termasuk orang yang masih bermusuhan dengan cermin, itu artinya kamu masih belum bisa mencintai dirimu dengan sepenuh hati. Oleh karena itu, ketika  kamu bercermin jangan hanya memperhatikan hal yang tidak kamu sukai, tapi coba perhatikan hal baik apa yang ada di dirimu, misalnya kamu memiliki senyuman yang manis atau mata yang indah. Percayalah, semua orang pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4. Tanpa disadari kamu masih sering membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan TulusUnsplash.com/Kinga Cichewicz

Jika kamu masih sering membandingkan dirimu dengan orang lain, itu artinya kamu masih belum bisa mencintai dirimu apa adanya. Kenapa begitu? Karena orang yang sudah bisa mencintai dirinya sendiri pasti tahu, bahwa terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang tidak penting.

Ia akan jauh lebih memilih untuk menghabiskan tenaganya melakukan hal-hal yang lebih kreatif dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. 

5. Dari luar kamu terlihat kuat. Tapi di dalam hati, kamu masih sering merasa khawatir bahwa orang lain akan menghakimi penampilanmu

Ini 5 Tanda Kamu Hanya Pura-pura Mencintai Dirimu Sendiri dengan Tuluspexels.com/Abdulrahman Abu Shaer

Mungkin banyak orang yang kagum dengan dirimu, karena mereka menganggap bahwa kamu adalah orang yang kuat dan bisa mencintai dirimu sendiri dengan sepenuh hati. Namun, jauh di dalam lubuk hati kamu masih merasa takut bahwa orang lain akan menghakimi penampilanmu. Mereka tidak tahu bahwa setiap hari kamu harus berjuang untuk bisa terlihat kuat dan terlihat memesona. 

Memang terlihat kuat dan memesona adalah hal yang bagus, tapi coba tanyakan kembali pada dirimu sendiri, apakah kamu akan bahagia jika terus- menerus melakukan hal ini? Percayalah, sebaik apa pun kamu menyembunyikan hal ini, cepat atau lambat kamu pasti tidak akan tahan.

Memang mencintai diri sendiri itu butuh perjuangan yang sangat besar. Namun, jika kamu tidak bisa mencintai dirimu sendiri dengan tulus, bagaimana mungkin orang lain bisa mencintaimu dengan tulus juga?

Ingatlah, kamu harus jadi orang pertama yang bisa mencintai dirimu sendiri dengan tulus! 

Baca Juga: 8 Cara Konkret Mencintai Diri Sendiri, Berani Terapkan?

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya