Comscore Tracker

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal Ini

Kalau masih nyuekin berarti belum tulus memaafkan, hmm...

Memaafkan adalah hal yang sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang. Padahal, memaafkan adalah salah satu kunci kebahagiaan seseorang.

Namun, sering kali tanpa sadar kita justru mengambil jalan yang salah demi bisa memaafkan orang lain. Berikut adalah 5 kesalahan yang sering kali dilakukan ketika memaafkan orang lain. Dan jika kamu masih melakukannya, berarti sebenarnya kamu belum benar-benar memaafkan orang tersebut.

1. Memaafkannya tapi tak ingin melihat wajah orang itu lagi

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal IniUnsplash.com/Juri Gianfrancesco

Kamu sudah bilang bahwa kamu memaafkan orang tersebut, tapi kenapa kamu tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan orang tersebut? Bila kamu sudah memaafkan orang tersebut itu tandanya kamu siap untuk membuka lembaran baru dengan dirinya. Tak ada salahnya untuk memperbaiki hubungan yang sudah rusak. 

2. Memaafkan tapi masih mengungkit kesalahannya di masa lalu

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal IniUnsplash.com/Aubrey Rose Odom

Bukan hal yang mudah untuk melupakan kesalahan seseorang di masa lalu. Tapi, bukan berarti kamu harus selalu mengungkit masalah itu secara terus-menerus. Jika kamu masih sering mengungkit masalah tersebut, itu berarti kamu belum bisa memaafkan orang itu secara sepenuhnya.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Penyebab Kamu Sulit Memaafkan Kesalahan Orang Lain 

3. Memaafkan dengan syarat yang menyiksa

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal IniUnsplash.com/Taisiia Stupak

Tak apa jika kamu memberi syarat kepada orang yang meminta maaf kepadamu. Tapi, bukan berarti kamu bisa memberikan syarat yang membawa ia ke dalam penderitaan, misalnya harus mengorbankan hartanya untukmu. Jika ingin memberi syarat, maka berilah start yang bisa membawa dia menjadi orang yang lebuh baik. 

4. Memaafkan karena terpaksa

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal Iniunsplash.com/Ben White

Memaafkan dengan keadaan yang terpaksa bukanlah hal yang benar. Karena apa pun yang dipaksakan hanya akan menyakiti dirimu di masa depan nantinya. Oleh karena itu, ambil sedikit waktu untuk dirimu agar bisa memaafkan orang tersebut dengan lapang dada.

5. Memaafkan karena pencitraan

Kamu Belum Tulus Memaafkan Jika Masih Melakukan 5 Hal IniUnsplash.com/Baylee Gramling

Memaafkan orang lain hanya demi menjaga citramu di depan orang banyak adalah kesalahan besar yang akan kamu sesali nantinya.

Percayalah, suatu saat nanti kamu akan lebih malu dan merasa lebih tersakiti karena sudah memaafkan kesalahan orang lain demi pencitraan. Tidak ada manusia yang mampu menutupi perasaanya yang sebenarnya dalam kurun waktu yang lama. 

Apakah kamu pernah melakukan kelima hal yang di atas? Jika memang pernah, segeralah berubah dan minta maaflah kepada dirimu sendiri. 

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Asal-asalan Meminta Maaf Tanpa Berubah Jadi Lebih Baik

Ruth Cikita Photo Community Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You