Comscore Tracker

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai Tua

Karena relasi yang berharga akan kita rawat sebaik-baiknya

Menurut penelitian, persahabatan ternyata memiliki pengaruh positif pada kesehatan kita. Ini karena sahabat berperan sebagai support system manakala kita menghadapi berbagai peristiwa yang memicu stress. Sahabat hadir untuk menenangkan, menguatkan, bahkan mempedulikan hidup kita sehari-hari.

Lalu, bagaimana ya caranya agar persahabatan kita bisa terus awet sampai akhir usia nanti?

1. Keep in touch

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai TuaPhoto by Ethan Hu on Unsplash

Konsistensi adalah kunci bagi semua relasi, tak terkecuali persahabatan. Manfaatkan segala kemudahan teknologi yang ada untuk tetap menjaga komunikasi. Bisa dengan berkirim chat, menelepon, video call, atau saling berkabar di media sosial.

Tunjukkan bahwa kamu mengingat dirinya. Beritahukan update hidupmu yang terbaru. Mungkin kedengarannya sepele, tapi hal-hal kecil seperti ini berkontribusi untuk terus mengingatkan keberadaan satu sama lain.

2. Hadir di momen-momen penting

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai TuaPhoto by Obed Hernández on Unsplash

Semakin dewasa, rasanya makin sukar untuk rutin berjumpa sahabat karena tuntutan hidup masing-masing. Namun, usahakanlah hadir di momen-momen kehidupan yang ia anggap penting. Semisal saat dia merayakan ulang tahun, dirawat di rumah sakit, atau menikah.

Kesempatan bertemu langsung, meski singkat, akan terasa membekas. 45 menit ngopi bersama lebih berharga daripada tidak berjumpa dalam jangka waktu yang lama.

3. Jangan mendiamkan konflik

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai TuaPhoto by Kevin Delvecchio on Unsplash

Orang terdekat kita adalah yang paling berpotensi melukai kita. Dalam konteks persahabatan, konflik sudah pasti tak terhindarkan. Jika tidak diselesaikan langsung, masalah kecil dapat berubah jadi amarah yang terpendam. Maka ketika ada perbuatan atau perkataan sahabatmu yang menyinggung, jangan diamkan berlarut-larut.

Cobalah terus terang berbicara dari hati ke hati. Konflik adalah kesempatan untuk kalian berdua belajar saling menerima kekurangan dan memandang perspektif lain.

4. Ciptakan memori baru

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai TuaPhoto by Dani Vivanco on Unsplash

Sekuat apapun suatu kenangan, ingatan manusia punya keterbatasan. Kita tidak bisa terus-menerus bergantung pada memori kebersamaan bertahun-tahun yang lampau.

Untuk menyegarkan kembali persahabatan kalian, rencanakanlah waktu khusus untuk menciptakan memori baru, semisal berlibur bersama. Jangan lupa abadikan momen itu lewat foto-foto supaya bisa dilihat lagi kapan pun kamu rindu.

5. Beradaptasi pada perubahan

5 Resep Ini Ampuh Bikin Persahabatan Kalian Langgeng Sampai TuaPhoto by Blake Cheek on Unsplash

Perubahan fase hidup kita sedikit banyak akan memengaruhi relasi dengan orang sekitar. Ketika sahabatmu pindah kota, punya anak, atau naik jabatan sehingga jam kerjanya meningkat, jangan cepat berasumsi bahwa dia sudah tidak peduli kamu lagi.

Sebagai sahabat, dukunglah dia memasuki fase hidup tersebut. Tanyakan apa yang menjadi kesulitannya dan apa yang bisa kamu bantu. Bagaimanapun juga, sahabatmu masih orang yang sama, hanya saja harus menghadapi tanggung jawab berbeda. Diskusikanlah cara untuk bersama-sama menyesuaikan diri dengan perubahan tersebut.

Pada akhirnya, persahabatan kita yang kuat tak terjadi begitu saja. Kita sendiri yang mesti merawatnya.

Ruth Lidya Photo Community Writer Ruth Lidya

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You