Comscore Tracker

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!

"Hidup itu simpel, kamu gak tahu kapan bakal mati. Jadi pastikan selama hidup kamu produktif dan memberi kontribusi positif!"

Dalam kiprahnya yang baru empat tahun, idntimes.com mendapat peringkat ketiga sebagai situs user generated content Indonesia dengan pembaca terbanyak. Apa resep rahasia di balik kesuksesan ini? Winston Utomo, founder dan CEO dari IDN Media membagikan beberapa prinsip kerjanya di acara tatap muka bersama para community writer, Sabtu (17/3) di sela rangkaian acara BeautyFest Asia di Ciputra Artpreneur, Jakarta.

1. Tekuni apa yang kamu sukai

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!IDN Times

IDN Times mungkin tidak akan pernah ada jika saja dulu Winston tidak menyempatkan diri untuk rajin membaca dan menulis setiap usai kerja. Berawal dari blog pribadi kecil-kecilan yang dibuatnya semasa masih tinggal di Singapura, Winston sendiri tidak pernah mengira IDN Times akan menjadi portal sebesar sekarang.

Ia mengaku hanya menyukai aktivitas membuat dan membaca konten. Winston bahkan menyamakan aktivitas menulis seasyik bermain game. Jadi, temukan aktivitas yang kamu sukai dan sungguh-sungguh tekuni, niscaya potensimu berkembang seiring waktu.

2. Berkolaborasi dengan sesama anak muda

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!IDN Times

Tahukah kamu anak muda adalah golongan penduduk terbesar yang ada di Indonesia saat ini? Peluang itu yang ditangkap oleh Winston. Kreativitas dan ide-ide segar yang kita miliki tidak seharusnya disia-siakan untuk mengonsumi dan memprodukasi konten negatif.

Jika generasi penerus bangsa dipenuhi input negatif, tidak heran jika outpoutnya akan memengaruhi negeri ini secara keseluruhan. Sebaliknya, ketika anak muda diberikan ruang yang sehat untuk berkarya, Winston percaya dampak positifnya akan kita rasakan bersama-sama.

3. Jangan lari dari masalah

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!IDN Times

Ketika ditanya mengenai tantangan terbesar selama mengelola IDN Times, Winston tidak dapat menyebutkan satu per satu karena setiap harinya memang akan selalu ada problem yang harus dihadapi. Namun, bagi Winston, masalah itu ada untuk dihadapi, bukan dihindari.

Masalah akan membuat kita jadi pribadi yang lebih tangguh dari sebelumnya, jadi jangan takut menjalani prosesnya. "Embrace the problem!" kata Winston dengan senyum lebar.

4. Selalu ingat apa mimpimu

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!IDN Times

IDN Times bermimpi untuk memiliki satu juta community writer yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sistem ini akan memudahkan percepatan persebaran berita di daerah-daerah oleh keberadaan kontributor lokal.

Setiap harinya, target satu juta itu yang melecutkan semangat Winston untuk bangun dan pergi bekerja. "Hidup itu simpel, kamu gak tahu kapan bakal mati. Jadi pastikan selama hidup kamu produktif dan memberi kontribusi positif!" tukasnya.

Ini menjadi pengingat penting bagi kita juga, meski visi dan mimpi kita masih terasa jauh untuk dicapai, bukan berarti itu mustahil sama sekali.

5. Apresiasi orang lain

Founder IDN Times Bagi Resep Rahasia Bikin Media yang Banyak Dibaca!IDN Times

Tidak diragukan lagi, sistem poin yang bisa dimonetisasi serta kompetisi berhadiah menarik di tiap bulannya merupakan penyemangat menulis yang menggiurkan. Menurut Winston, inilah cara IDN Times menghargai kreativitas dan konsistensi para kontributor.

Khususnya untuk para community writer yang tinggal di daerah-daerah tanpa kantor media nasional, kamu bisa tetap menekuni passion menulis sekaligus mendapat penghasilan dengan berkarya di IDN Media!

Ruth Lidya Photo Community Writer Ruth Lidya

"Verba volant, scripta manent"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You