Comscore Tracker

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama "Mystic Pop-Up Bar"

Membuatmu makin bijak dalam memandang cinta

"Mystic Pop-Up Bar" merupakan KDrama bergenre fantasi-misteri JTBC yang turut tayang di Netflix. Bertema afterlife, KDrama ini mengisahkan tentang Wol Ju yang membuka kedai makanan untuk membantu orang-orang menyelesaikan masalah mereka.

Dibintangi Hwang Jung Eum, Sungjae BTOB, hingga Choi Won Young, KDrama ini mengandung banyak pelajaran penting terkait berbagai hal, termasuk mengenai cinta. Dan berikut enam pelajaran cinta yang bisa dipetik dari KDrama "Mystic Pop-Up Bar"!

1. Komunikasi adalah hal penting dalam menjalin hubungan yang langgeng

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Saling mencintai memang penting, namun tanpa komunikasi yang baik, akan sulit bagimu dan pasangan untuk menjaga hubungan cinta kalian. Sebab dengan menjaga aspek ini, kamu dan pasangan akan lebih mungkin untuk bisa saling memahami.

Hal ini ditunjukkan oleh hubungan Wol Ju dan Putra Mahkota. Karena kesalahpahaman dan hasutan orang ketiga, mereka menjalani takdir tragis di masa lalu. Untungnya, setelah saling terbuka membahas masalah mereka, keduanya kini bisa rekonsiliasi dan bersama lagi.

2. Cinta sejatinya tak melihat status sosial ataupun perbedaan lainnya

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Dua pasangan di KDrama ini adalah Wol Ju dan Putra Mahkota serta Kang Bae dan Yeo Rin. Dari hubungan mereka, kamu bisa melihat bahwa cinta takkan memandang perbedaan status sosial, karakter, sifat, pekerjaan, maupun hal lainnya.

Karena cinta sejatinya adalah perasaan yang datang tanpa bisa diduga. Terlepas dari si dia sesuai atau tidak dengan kriteria 'pasangan idamanmu'. Maka dari itu, berusaha untuk saling memahami menjadi salah satu hal penting dalam menjembatani perbedaan antara kamu dan pasangan.

Baca Juga: Penuh Misteri, Ini 5 Pesan Moral di KDrama 'Mystic Pop-Up Bar'

3. Jangan menyerah sekalipun belum menemukannya, ingat bahwa jodoh ada di tangan Tuhan

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Selama 27 tahun, Kang Bae dan Yeo Rin belum pernah pacaran karena situasi khusus yang mereka miliki. Di satu sisi, Kang Bae sejak kecil memiliki kemampuan untuk membuat orang lain menceritakan isi hati mereka saat ia menyentuhnya. Kondisi ini membuatnya dijauhi orang lain.

Di sisi lain, Yeo Rin juga memiliki trauma karena pria-pria yang disukainya justru menjauh dan menghindarinya. Meski sama-sama mempunyai trauma terkait hubungan, siapa sangka Kang Bae dan Yeo Rin ternyata berjodoh. 

Kisah mereka membuktikan bahwa kamu tak perlu menyerah ketika hubunganmu gagal atau cintamu ditolak. Ingatlah bahwa jodoh ada di tangan Tuhan. Jangan menyerah dan tetaplah berusaha melakukan yang terbaik untuk menemukan si dia.

4. Saat pasanganmu dalam keadaan sulit, jadilah pendukung terbaik untuknya

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Melalui kisah-kisah para tokoh utama serta cerita mengenai orang-orang yang dibantu Wol Ju di tiap episode "Mystic Pop-Up Bar", kamu bisa menangkap satu pelajaran penting. Yakni untuk tetap berada di sisi pasanganmu, dalam keadaan senang maupun susah.

Ini penting dilakukan karena sejatinya hidup tak hanya diisi masa-masa indah. Namun juga ada waktu-waktu yang sulit. Di saat seperti inilah, dukungan dan cintamu sangat penting. Ketika ia dihadapkan pada masalah, jadilah pendengar dan pendukung terbaik baginya.

5. Ungkapkan rasa cintamu, jangan menunda karena takut atau malu

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Ada kalanya, perasaan cinta yang kuat membuatmu merasa malu atau takut untuk memperjuangkannya. Kamu juga bisa jadi merasa ragu untuk menyatakannya, baik dalam kata-kata maupun tindakan. Meski begitu, hal ini tak seharusnya kamu lakukan.

Ketika kamu jatuh cinta, jangan ragu untuk menunjukkan perasaanmu padanya. Bukan hanya melalui ucapan, namun juga tunjukkan bahwa dia adalah orang yang spesial untukmu. Perjuangkanlah cintamu tanpa memaksanya untuk membalas perasaanmu. 

6. Saling menerima kelebihan dan kekurangan merupakan hal yang penting untuk dilakukan

6 Pelajaran Cinta yang Bisa Diambil dari KDrama Mystic Pop-Up BarDok. JTBC

Tak ada orang yang sempurna. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Inilah yang ditunjukkan oleh para tokoh "Mystic Pop-Up Bar". Karena itu, kamu perlu menyadari bahwa kamu tak hanya harus menerima kelebihan yang dimiliki pasanganmu, namun juga kekurangannya.

Meski begitu, kamu juga perlu mengingat bahwa tak hanya kamu yang harus menerima dia apa adanya. Namun dia juga harus menerima kelebihan dan kekurangan yang kamu punya. Dengan begitu, kalian bisa saling memahami dalam hubungan kalian.

Nah, itulah enam pelajaran cinta yang bisa diambil dari KDrama "Mystic Pop-Up Bar". Gak cuma menyajikan kisah yang bikin baper, KDrama ini juga bisa bikin kamu makin bijak dalam memandang hubungan cinta.

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Para Pemain "Mystic Pop-Up Bar" di Balik Layar

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya