Comscore Tracker

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del Luna

Menerima perpisahan dan melepaskan kebencian

Menjadi salah satu KDrama dengan rating tinggi di tahun 2019, nyatanya Hotel Del Luna tak hanya memiliki cerita unik dan chemistry yang juara namun juga banyak pelajaran hidup yang bisa dipetik darinya. Mulai dari pentingnya menerima takdir untuk berpisah hingga melepaskan kebencian yang selama ini dirasakan, berikut lima pelajaran hidup dari KDrama Hotel Del Luna yang bikin kamu tambah bijak.

1. Setiap hal memiliki akhir dan semua pertemuan pasti berujung pada perpisahan

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del LunaInstagram.com/tvndrama.official

Tidak ada yang abadi di dunia ini. Semua pasti berakhir dan pada akhirnya kamu akan berpisah dengan orang-orang tersayang. Apa pun alasannya, pada akhirnya tetap saja perpisahan takkan terelakkan. Karena itu, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah menerimanya.

Begitulah premis utama yang diangkat dalam KDrama Hotel Del Luna. Terutama ditunjukkan oleh Goo Chan Sung, yang meski merasakan sedih tak terkira karena harus berpisah dengan Jang Man Wol, ia tetap merelakan gadis yang dicintainya itu untuk pergi. Bahkan ia adalah orang yang mengantar Jang Man Wol menuju Alam Baka.

2. Melepaskan sesuatu memang tak mudah, namun ada kalanya itu perlu dilakukan

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del LunaInstagram.com/tvndrama.official

Ada suatu kutipan dari KDrama ini yang kurang lebih seperti ini, "Butuh kekuatan lebih besar untuk melepaskan daripada mempertahankan." Kalimat singkat itu mungkin terdengar sederhana, namun sebetulnya memiliki makna mendalam.

Sebab ada kalanya ketika takdir berkata lain dengan apa yang diharapkan, kamu hanya bisa melepaskannya. Jika mempertahankan apa yang diinginkan hanya menimbulkan rasa sakit, melepaskannya dan menerima takdir tersebut akan jauh lebih melegakan. 

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Karakter Jang Man Wol "Hotel Del Luna"

3. Setiap orang memiliki lukanya masing-masing yang sering kali tersembunyi di balik senyum dan tawa

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del LunaInstagram.com/tvndrama.official

Setiap orang memiliki luka dan masalah hidupnya masing-masing. Meski sering kali bersikap seperti baik-baik saja, sebetulnya ada orang yang menyimpan luka dan rasa sakit tak terkira. Karena itu, berbuat baiklah dan bantu mereka mengatasi rasa sakit yang mereka punya.

Pelajaran hidup tentang hal di atas contohnya ditunjukkan oleh tiga staf utama Hotel Del Luna, yakni Kim Sun Bi, Choi Seo Hee, dan Ji Hyun Joong. Dalam banyak adegan, kita akan melihat ketiganya sering bercanda, tersenyum, dan tertawa. Namun sebetulnya mereka menyimpan luka mendalam yang bahkan membuat mereka tak bisa pergi ke Alam Baka selama puluhan hingga ratusan tahun.

4. Lakukan semuanya dengan tulus dan berusahalah melakukan yang terbaik

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del LunaInstagram.com/tvndrama.official

Goo Chan Sung adalah salah satu tokoh favorit di KDrama Hotel Del Luna. Ini karena sikapnya yang tulus, hangat, dan selalu berusaha melakukan yang terbaik. Tak pernah setengah-setengah, ia selalu total berusaha membantu orang lain bahkan juga tamu-tamunya yang semuanya adalah hantu. 

Dari sosok Goo Chan Sung ini kamu akan belajar mengenai arti ketulusan, pengorbanan, dan memberikan usaha 100% dalam melakukan apa pun. Kamu juga akan belajar darinya tentang pentingnya untuk bersikap empati pada siapa pun dan tidak membeda-bedakan perlakuan berdasarkan latar belakang.

5. Melepaskan kebencian yang bersarang akan membawa rasa lega dan membuka jalan untuk memulai kehidupan yang baru

Bikin Kamu Tambah Bijak, 5 Pelajaran Hidup dari KDrama Hotel Del LunaInstagram.com/tvndrama.official

Jang Man Wol terikat dengan Pohon Bulan dan Hotel Del Luna (Sanggraloka Bulan) selama lebih dari 1000 tahun karena perasaan dendam dan kebencian yang mendalam. Namun menjelang episode-episode akhir KDrama Hotel Del Luna, kita akan melihat perubahan pada dirinya. 

Berkat Goo Chan Sung yang membantu dan mendukungnya, perlahan-lahan Jang Man Wol dapat melepaskan kebencian dan dendam yang telah lama bersarang di hatinya. Akhirnya, setelah ribuan tahun ia pun dapat merasakan kelegaan dan waktunya mulai berjalan kembali. Ia akhirnya bisa pergi ke Alam Baka dan memulai kehidupan yang baru setelah reinkarnasi.

Kisah Jang Man Wol ini menunjukkan bahwa dendam dan kebencian yang dirasakan sering kali hanya melukai diri sendiri. Dendam dan kebencian tersebut hanya akan mengikat dan menyiksa diri untuk waktu yang lama. Namun ketika perasaan negatif tersebut berhasil dilepaskan, kamu pun akan merasa lebih lega juga bahagia.

Itulah lima pelajaran hidup yang bisa dipetik dari KDrama Hotel Del Luna. Tak hanya memiliki cerita ciamik, pelajaran-pelajaran hidup dari KDrama yang dibintangi IU dan Yeo Jin Goo ini tentu akan membekas dalam ingatan dan bisa membuatmu menjadi lebih bijak karenanya.

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup yang Tersirat di KDrama Mother of Mine, Inspiratif!

S. M. Fatimah Photo Community Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You